Dinkes Promosikan Tips menjaga Kesehatan bagi Calon Jamaah Haji Kota Lhokseumawe

/ Sabtu, 04 Mei 2024 / 08.41.00 WIB
Pendataan dan pemeriksaan kesehatan bagi calon jamaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci. FOTO | Dok Istimewa 

POSKOTASUMATERA.COM | LHOKSEUMAWE  --  Ibadah haji membutuhkan kondisi fisik yang prima. Banyaknya kegiatan ibadah yang harus diikuti dan udara panas di Madinah dan Mekah membuat fisik cepat lelah. Karena itu, menjaga kesehatan sejak dalam perjalanan dan selama berada di Tanah Suci sangat penting agar bisa menjalankan ibadah haji secara sempurna.

Para jemaah haji dianjurkan memeriksakan kesehatan secara rutin dan segera menghubungi petugas kesehatan yang berada di kelompok atau kloter apabila merasa kurang sehat. Hal tersebut sangat penting agar gangguan kesehatan jemaah dapat segera diatasi dan tidak berlarut.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe Safwaliza, S.Kep M.K.M kepada Poskota baru baru ini di Lhokseumawe. Menurutnya, Menjaga stamina fisik dan kesehatan adalah yang utama. Namun, para jamaah bisa saja tertukar penyakit dari jemaah lain yang sedang sakit, misalnya penyakit flu serta batuk pilek yang mudah menyebar.

Bila jemaah mengalami sakit tersebut, segera periksakan kesehatan. Sesama jemaah juga harus saling mengingatkan apabila ada anggota kelompoknya yang sakit untuk menghubungi petugas kesehatan di masing-masing kloter nantinya, ujar Safwaliza.

Persiapan sebelum keberangkatan ke Tanah Suci juga mesti dilakukan. Para calon jemaah haji asal kota Lhokseumawe harus menjaga kesehatan, olahraga rutin, dan tidur yang cukup sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Sedangkan bagi calon jemaah haji yang menderita penyakit kronis sebaiknya membawa obat-obat yang memang harus dikonsumsi rutin dan juga obat-obatan lainnya, sehingga tidak menjadi kendala nantinya saat beribadah.

Berikut Dinkes Lhokseumawe mempromosikan ada sembilan tips menjaga kesehatan bagi jemaah haji asal kota Lhokseumawe, Aceh bahkan Indonesia.

1. Menjaga kesehatan dan olah raga rutin ketika sebelum berangkat ke Tanah Suci.

2. Membawa obat-obatan khusus bagi calon jamaah haji yang punya penyakit kronis. Disarankan membawa obat-obatan sederhana seperti obat anti diare, obat sakit kepala, obat anti alergi, obat anti mual-muntah.

3. Untuk mencegah dehidrasi selama di Arab Saudi, minum air mineral sebanyak 3-4 liter. Periksakan warna urin untuk mengetahui apakah telah terjadi dehidrasi.

4. Tetap makan dan memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi.

5. Jangan menunda konsumsi jatah makanan yang baru dibagikan.

6. Gunakan waktu sebaiknya untuk istirahat saat tiba di penginapan.

7. Segera konsultasi ke petugas kesehatan di kloter jika merasakan gangguan kesehatan.

8. Banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

9. Hindari aktivitas yang tidak berhubungan dengan rangkaian ibadah haji, terutama di tempat terbuka untuk menghindari udara panas di Tanah Suci.

Untuk mengetahui kesiapan / kelaikan seseorang dalam melaksanakan ibadah haji perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan yang disebut istithaah kesehatan. Istithaah kesehatan jamaah haji memiliki makna kemampuan jamaah haji dari aspek kesehatan yang meliputi fisik dan mental yang terukur dengan pemeriksaan.

Sehingga, jamaah bisa menjalankan ibadah haji sesuai dengan syariat agama Islam. Jamaah haji kota Lhokseumawe mengikuti pemeriksaan istithaah kesehatan dan penentuan kelaikan keberangkatan calon jamaah haji yang rencananya dilaksanakan selama 4 hari.

Pemeriksaan istithaah kesehatan dilakukan oleh sejumlah petugas kesehatan yang tergabung dalam Tim Kesehatan Haji Kota Lhokseumawe.

Rangkaian pemeriksaan istithaah kesehatan diantaranya pendaftaran, pengukuran anthropometri (Berat Badan, Tinggi Badan, Lingkar Perut), Laboratorium (Cek Darah, Urine dan Dahak), Radiologi, EKG dan Pemeriksaan Fisik.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengetahui kondisi kesehatan calon jamaah haji dan untuk menentukan kelaikan calon jamaah haji dalam menunaikan ibadah haji. Sehingga calon jamaah haji dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar, aman, nyaman, sehat dan selamat hingga kembali lagi dari Tanah Suci. Semoga menjadi haji mabrur, demikian papar Safwaliza. (ADV).

Komentar Anda

Terkini: