1.500 Polisi Disiagakan, Ribuan Massa Anti Makar Siap Kawal Bawaslu Sumut

/ Jumat, 10 Mei 2019 / 23.31.00 WIB

AKSI: Ribuan massa aksi aliansi masyarakat Gemas Sumut Anti Makar dalam aksi di depan Bawasli Sumut. POSKOTA/RIADI 
  
POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Ribuan orang dari berbagai aliansi tergabung dalam Gemas Sumut Anti Makar melakukan aksi mengawal kantor Bawaslu Sumut, Jalan Adam Malik Medan, Jumat (10/05/2019) pukul 13.15 Wib s/d 16.00 Wib guna menyampaikan dukungannya pada Bawaslu dan KPU.

Padahal massa yang kontra juga akan mendatangi Bawaslu Sumut setelah Jumatan siang tadi.

Koordinator aksi, Wilmar Napitupulu mengatakan aksi ini adalah lanjutan dari aksi yang dilakukan di JW Marriot, belum lama ini. “Kita turut berbela sungkawa kepada petugas yang gugur dalam pesta demokrasi,” katanya.

"Kita kawal terus bang Bawaslu, ini hari yang ke empat kami berdemo,karena kami siap barisan terdepan menghadang People Power yang akan makar terhadap NKRI, tak lupa juga kami turut berduka cita kepada Petugas KPPS  yang gugur  dalam pelaksanaan pesta Demokrasi,"ungkapnya.

Dari pantauan wartawan dilapangan, massa yang hadir sangat padat, diperkirakan 15 ribu massa. Di tengah kerumunan massa terlihat juga Permadi Arya atau yang dikenal dengan julukan Abu Janda.

Abu janda mengenakan kaos hitam dan jaket dengan motif kotak - kotak.
Ia juga beberapa kali terlihat membuat video blog (vlog) dengan membaur massa di sana.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Drs Dadang Hartanto SH MH yang ditemui di lokasi mengatakan, pada hari ini 1.500 personil disiagakan.  "Ada tiga titik yang menjadi pengamanan yakni Bawaslu Sumut, KPU dan JW Marriot," ujar orang nomor satu di Polrestabes Medan tersebut.

Lanjut Dadang mengatakan,massa diminta tak ada yang anarkis. "Mari bersama-sama menjaga ketertiban,keamanan,mari sama-sama meredam amarah,mari kita saling menjaganya,"pungkas Kapolrestabes.

Pantauan wartawan dilokasi,petugas sudah memasangi kawat duri di depan kantor Bawaslu Sumut.Terlihat Personil Kepolisian sudah bersiaga untuk melakukan pengamanan.

Kasatlantas Polrestabes Medan AKBP Juliani Prihatini meminta masyarakat tak melintasi Kantor Bawaslu Sumut Jalan Adam Malik Medan.

Juliani menghimbau agar warga mencari jalan alternatif lantaran ada demo atau titik Keramaian.

Kabidhumas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja SH MH saat di temui wartawan di lokasi mengatakan, demontrasi yang sekarang digelar di depan Bawaslu Sumut adalah bentuk kepedulian Masyarakat Sumut terhadap Bawaslu, mereka menolak People Power.

"Kami disini sebagai Pengamanan dan Netral. Jangan sampai ada kedua belah pihak terjadi gesekan. 1500 personil sudah kami stanby kan,"kata Tatan. (PS/RIADI)

AKSI: Arya Permadi akrab disapa Abu Janda di tengah aksi aliansi masyarakat Anti Makar di depan Bawasli Sumut. POSKOTA/RIADI 

AKSI: Tokoh-tokoh etnis di tengah aksi aliansi masyarakat Anti Makar di depan Bawasli Sumut. POSKOTA/RIADI 


Komentar Anda

Terkini: