Bubur Pedas Khas Tanjung Balai Ramai Diminati di Bulan Puasa

/ Senin, 06 Mei 2019 / 19.48.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TANJUNGBALAI-Wah, lezat nikmat itu lah namanya 'Bubur Pedas' khas Kota Tanjungbalai.

Tepat Puasa pertama penduduk Sumatera Utara dan sekitarnya terutama Khususnya warga Kota Tanjungbalai mengonsumsi menu bubur pedas ketika berbuka puasa yang merupakan tradisi berbuka.

Menurut Salah Seorang Pembeli, Saufi Simangunsong, Senin Sore (6/5/2019) mengatakan menu bubur pedas ini merupakan bukaan puasa khas Melayu Kota Tanjungbalai sebelum berbuka.

"Hidangan tersebut sudah ada dijual dipinggir jalan jalan Sudirman sekitar nya untuk dibeli warga yang berbuka," katanya.

Menurut dia, jualan bubur pedas tersebut hanya ada pada Bulan Puasa Tiba seperti saat ini Puasa Ramadhan 1440 Hijriyah.

"Bubur pedas dapat menyegarkan badan usai berpuasa seharian penuh karena mengandung puluhan macam rempah-rempah yang dijadikan satu setelah diolah menjadi bubur pedas," ucap Saufi.

Sementara itu, Pedagang Takzil Bubur Pedas ini Ibu Sri mengatakan, bubur pedas adalah makanan khas suku melayu yang hanya ada di saat tertentu, seperti bulan Ramadhan, Idul Fitri, atau acara pernikahan, kenduri, dan khitanan.

Untuk pembuatannya pun tergolong sangat rumit karena meramu 40 jenis rempah ditambah daun-daun yang mengandung banyak khasiat.

"Rempah-rempah dan daun ini kemudian dicampurkan lagi dengan berbagai jenis sayur-sayuran seperti kentang, wortel, ubi, kacang, termasuk juga beras, lalu diaduk menjadi satu," katanya.

Tradisi berbuka puasa dengan bubur pedas itu sudah dilakukan di Tanjungbalai tersebut hampir selama 20 tahun.

"Setiap harinya kita saat ini mencapai omzet Jutaan Rupiah di Bulan Puasa khususnya," katanya.

Pantauan di lokasi, warga yang ingin berbuka dengan bubur pedas dapat singgah di Jalan Sudirman seputaran Kota Tanjungbalai  yang letaknya berada di jalur depan Kantor PLN di Kecamatan TanjungBalai Selatan.

Disini warga selalu singgah kalau ingin berbuka puasa, karena menyediakan bubur pedas dan menu berbuka lainnya. (PS/SAUFI)

Komentar Anda

Terkini: