Camat Angkola Barat : Kades Sibangkua Purnabakti Muhammad Iman Hutasuhut Panutan Masyarakat Kecamatan Angkola Barat.

/ Jumat, 20 Januari 2023 / 11.13.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Camat Angkola Barat Muhammad Thohir Parlindungan Pasaribu S. Sos menyampaikan bahwa mantan Kepala Desa Sibangkua Kecamatan Angkola Barat Muhammad Iman Hutasuhut  adalah layak dicontoh dan  panutan bagi Kepala Desa Se-Kecamatan Angkola Barat dan warga masyarakat Kecamatan Angkola Barat. 


Demikian  Camat Angkola Barat Muhammad Thohir, S. Sos saat acara sertijab Kepala desa Baru Ali Amron Hutasuhut dengan Kepala Desa Lama Muhammad Iman Hutasuhut di kantor kepala desa Sibangkua Kamis (19/1-2023).

Disampaikan, " alasan saya mengatakan Kades Sibangkua purnabakti Bapak Muhammad Iman Hutasuhut layak dicontoh antara lain dari sisi Pilkades 14 Desember 2022 lalu berjalan  aman tertib dan lancar,  dari sisi Pemerintahan beliau ini cukup berpengalaman sampai 29 tahun menjabat kepala desa,  cara menangani masalah cukup bijaksana, berbicara hormat,  sopan dan santun kepada orang lain, " beber Camat. 

Saya sudah satu tahun menjabat Camat Kec. Angkola Barat makanya saya mengetahui sosok dan sifat Kades Purnabakti Bapak Muhammad Iman Hutasuhut, " beber Camat. 


"Kalau ada hal penting yang kurang dimengerti, diminta Kepala desa baru harus meminta pendapat atau bertanya kepada Bapak  Muhammad Iman Hutasuhut sebagai mantan kades yang sekarang menjadi tokoh masyarakat," ucap mantan auditor Inspektorat Tapsel. 

Lebih lanjut disampaikannya," pesan saya kepada kades baru untuk segera melaksanakan musrenbang desa tahun anggaran 2024.  Apa yang hendak kita perbuat,  apa yang hendak kita laksanakan,  dan apa yang akan kita rencanakan, semua aspirasi masyarakat ditampung baru kita dimusyawarahkan skala yang prioritas. Tolong diundang mantan kepala desa, " ucap Camat. 

Lebih lanjut disampaikan Camat, " saya sering turun ke Warung kopi Pohon kuini desa Sibangkua, dan sering bincang bincang dengan masyarakat sekaligus menyerap aspirasi masyarakat. Saya lihat potensi desa ini  cukup bagus dengan membangun sekolah pesantren, karena masyarakat saat ini menginginkan anaknya  sekolah yang bernuansa agama sebagai investasi untuk akhirat, " ucap  Thohir. 

Seterusnya Camat memberikan masukan kepada Kades yang baru untuk mendirikan bumdes yang bergerak dibidang jasa termasuk pengolahan air pansimas,  pengolahan salak. Diminta kepada Ibu PKK desa untuk berkolaborasi dengan PKK Kecamatan, " harap Camat. 

Disampaikan Camat," dalam hal penyerahan BLT DD tahun ini maksimal dianggarkan 25 persen dan minimal 10 persen. Jadi masyarakat penerima BLT DD bukan lagi karena covid -19, namun  program bantuan langsung tunai (BLT) kemiskinan ekstrem yang bersumber dari dana desa 2023 harus memenuhi empat kriteria. Pertama keluarga penerima manfaat (KPM) BLT kemiskinan ekstrem, yakni pendapatan kurang dari Rp500 ribu/bulan, kedua punya penyakit kronis atau menahun, ketiga lanjut usia (lansia), dan terakhir difabel," ucap Mantan Camat Angkola Sangkunur ini. 

Untuk masyarakat yang berhak penerima BLT DD, Sekcam menyampaikan  agar kades mengundang ketua BPD dan anggota. Intinya musyawarah dan mupakat untuk penerima BLT DD, " ucapnya.  

Sebelumnya,"Muhamma Iman Hutasuhut menyampaikan pesan pesan kepada Kepala yang baru untuk merangkul seluruh elemen masyarakat.  

Seterusnya kepada Kepala Desa,  BPD,  Aparat desa untuk selalu sinergitas untuk melayani masyarakat," ujar Muhammad Iman Hutaauhut. 

Lebih lanjut disampaikannya," bila ada masalah di desa ini dimintak untuk tidak langsung melaporkannya kepada pihak berwajib atau polisi,  kalau masih diselesaikan secara kekeluargaan agar diselesaikan di tingkat desa, " ujarnya. 

Selama 29 tahun saya meminpin di desa ini permasalahan yang sampai ke Pihak berwajib (polisi)  hanya 10 kasus, " pungkasnya. 

Disampaikannya, " untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat marilah kita  bahu membahu sehingga apa yang diharapkan untuk mewujudkan visi misi Bupati Tapanuli Selatan Bapak Dolly Pasaribu, S. Sos dapat terwujud, " harapnya. 

Sementara Kepala Desa Yang baru dilantik Ali Amron Hutasuhut mengucapkan terimakasih kepada Bapak Camat dan Mantan Kepala Desa yang telah memberikan masukan dan nasehat untuk memimpin Desa Sibangkua ini kedepan. 

Saya secara pribadi maupun atas nama Kepala desa bermohon kepada Bapak Muhammad Iman Pasaribu agar terus membantu tugas tugas kami dalam menjalankan pemerintahan desa ini," ujarnya. 

Kita semua di desa ini diikat hubungan kekeluargaan dalihan natolu,  untuk itu jika kami silap atau salah dalam memimpin desa ini tolong kami ditegor dan diberikaan masukan, "harapnya. 

Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Camat yang telah memberikan bimbingan dan arahan untuk memajukan desa ini, " ujar Kades. (PS/BERMAWI)






Komentar Anda

Terkini: