Ditetapkan Desa Binaan Hatinya PKK, Camat Marancar Bersama Masyarakat Desa Aek Sabaon Gotongroyong

/ Jumat, 17 Februari 2023 / 16.19.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Ditetapkan Aek Sabaon  sebagai desa binaan hatinya PKK, Camat Kecamatan Marancar Ibu Hj.Rosnanni Pasaribu,S.Pd MM bersama Ibu ibu PKK  Desa Aek Sabaon Kecamatan Marancar melaksanakan gotong royong di dusun Sukarame Jum'at (17/2-2023).



Sesuai arahan Bupati Tapsel Bapak H.Dolly Pasaribu S.Pt MM  bahwa wajah Bupati ada di Desa, Puskesmas dan Sekolah SD,SMP. Untuk itu kami bersama masyarakat secara rutin melaksanakan gotong royong  ini agar terlihat asri dan bagus," ungkap Camat.

Disampaikan," PKK sebagai gerakan masyarakat yang aktif berperan sebagai mitra pemerintah dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berkenaan dengan kesejahteraan keluarga memiliki 10 program pokok, yaitu penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan, dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.



Disampaikan Camat Marancar," bahwa tugas utama Tim Penggerak PKK adalah menguatkan keluarga/masyarakat, sehingga mampu memberdayakan diri untuk mencapai kesejahteraan keluarga. Cara yang dilakukan tim ini, yakni pemanfaatan lahan pekarangan atau bisa disebut dengan menciptakan HATINYA PKK (Halaman Asri Teratur Indah Nyaman).



 HATINYA PKK di Desa Aek Sabaon  Kecamatan Marancar  Kabupaten Tapanuli Selatan diharapkan utusan Tapsel menjadi lokasi penilaian mewakili Provinsi  Sumatera Utara. 


"Lokasi HATINYA PKK di Desa Aek Sabaon memiliki potensi halaman penghijauan dengan tanaman (pangan, produktif, toga) yang sehat dan subur serta berdampak pada halaman yang asri. Asri artinya secara keseluruhan tanaman di halaman harus serasi, selaras, seimbang dan dapat menjadi penghasilan bagi keluarga. Teratur artinya di dalam menanam tanaman di pekarangan harus teratur, sehingga tidak tumpang tindih dalam kebutuhan sinar matahari. Indah merupakan pengelolaan halaman utama harus indah antara penanaman bunga dan sayuran tidak mematikan keindahan,"ujarnya.



 Nyaman sebagai satu kesatuan tanaman di halaman rumah, pagar, dan tetangga dapat menjadikan nyaman lahir batin, baik untuk yang memiliki maupun yang memandang," harap Camat. 




Disampaikan Camat," Fungsi HATINYA PKK :  pertama, fungsi lumbung hidup untuk membantu keluarga menyediakan sumber pangan yang hidup (lumbung hidup), seperti: tanaman pangan dan hortikultura, hasil binatang peliharaan, dan ikan. Kedua, fungsi warung hidup berkenaan pada pekarangan menyediakan berbagai jenis tanaman dan binatang peliharaan yang setiap saat siap dijual untuk kebutuhan keluarga pemiliknya. Ketiga, fungsi apotik hidup terkait dengan pekarangan menyediakan berbagai jenis tanaman obat-obatan, seperti kunyit, kencur, jahe. Keempat, fungsi sosial digunakan untuk tempat bermain, berdiskusi, dan kegiatan sosial lainnya. Hasil pekarangan biasanya saling ditukarkan dengan hasil pekarangan tetangga untuk menjalin keeratan hubungan sosial disamping adanya gotong royong. Kelima, fungsi sumber benih dan bibit di pekarangan artinya mampu menyediakan benih atapun bibit, baik berupa biji-bijian, stek, cangkok, okulasi maupun bibit ternak dan benih ikan. Keenam, fungsi pemberi keasrian dengan pekarangan yang berisi berbagai jenis tanaman. Ketujuh, fungsi keindahan menampilkan pekarangan yang ditanami dengan bunga dan pagar hidup yang ditata rapi. Ketujuh fungsi ini sebagai pengoptimalan sarana gotong royong seluruh keluarga. 



"Pemanfaatan tanah pekarangan dengan TOGA, tanaman, lumbung hidup, peternakan, perikanan dapat membantu mencukupi kebutuhan dan juga bisa memperoleh tambahan pendapatan. 



Pelaksanaan HATINYA PKK di Desa Aek Sabaon  diharapkan dapat berdampak pada pengembangan industri rumah tangga, penambahan aneka pengolahan komoditas pangan, peningkatan aneka pengolahan tanaman herbal, dan peningkatan pendapatan keluarga," Pungkas Camat.(PS/BERMAWI)




Komentar Anda

Terkini: