Jelang Pemilu 2024, Masyarakat Diharapkan Bisa Deteksi dan Cegah Dini Terjadinya Konflik Sosial

/ Jumat, 17 Maret 2023 / 22.59.00 WIB
Ketua Komisi I DPRD Kota P.Sidempuan Erp Juni Samudra Dalimunthe SH MH

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Warga masyarakat di Kota Padang Sidempuan diharapkan bisa melakukan deteksi dan mencegah sejak dini terjadinya konflik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 mendatang.


HaraPAN  itu disampaikan Ketua komisi I  yang juga Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Padang Sidempuan kepada wartawan, usai menjadi narasumber dalam sosialisasi penanganan konflik sosial dalam mensukseskan pemilu serentak tahun 2024 yang dilaksanakan Kantor Kesbangpol Kota P.Sidempuan   di aula kantor MUI Kota Padang Sidempuan Rabu (15/3-2023).


"Ketua  komisi I DPRD Kota Padang Sidempuan Erfi Juni Samudra Dalimunthe SH MH  mengapresiasi diadakannya sosialisasi ini terutama menjelang Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 mendatang.
“Sehingga dalam sosialisasi ini, saya juga menyampaikan pesan-pesan terkait deteksi dan pencegahan dini agar penyelenggaraan Pemilu nanti berjalan lancar,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan sosialisasi ini juga merupakan bagian dari pendidikan politik di tengah masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan mantan advokat yang sering bela masyarakat kecil ini, menyampaikan setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat menyebarluaskan hasil sosialisasi ini  di desanya masing-masing," harapnya.

"Seperti diketahui, untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 serentak se- Indonesia.
Pemilu 2024 ini meliputi pemilihan Presiden dan Wakil presiden, anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, serta anggota DPD RI.
Sedangkan untuk Pilkada 2024 akan dilaksanakan pada 27 November 2024 meliputi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Padang Sidempuan juga mengajak berbagai elemen masyarakat untuk turut berjihad melawan hoax atau berita bohong.
 
”Jihad melawan hoax ini bagian dari amal makruf nahi mungkar. Akan ada kebaikan untuk melawan segala kezaliman,” ungkap pria yang akrab disapa Bang Erpi.


"Menjelang Pemilu 2024, Erpi menyoroti berita bohong yang mulai merebak. Pertarungan politik di tingkat nasional maupun daerah ini, membuat hoax menjadi senjata yang ampuh untuk mencapai kepentingan politik tertentu. Termasuk dengan memutar balikkan fakta.
”Ini sangat tidak dibenarkan. Selain tidak baik, juga tidak elegan bagi politikus,” kata Politikus PAN.

Menurutnya, perlu adanya gerakan-gerakan untuk melawan hoax ini. Seperti halnya dengan menyebar luaskan aplikasi media sosial untuk meluruskan berita hoax. Upaya ini perlu didorong terus, agar orang kelompok atau orang-orang yang menyebar hoax akan malu dengan sendirinya.
Pesta demokrasi 2024 serentak diawali pada bulan Februari 2024 dengan pemilihan DPR, Presiden dan Wakil Presiden. Kemudian, akan dilanjutkan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jepara yang rencananya dilaksanakan November 2024 mendatang.

Erpi Juni Samudra Dalimunthe SH MH menyampaikan,"  agar pemilu serentak berjalan lancar harus sinergitas antara Pemerintah Kota Padang Sidempuan, Forkopimda,KPU, Bawaslu dan FKDM  dalam menjalankan peran dan fungsi terhadap kesiapan pelaksanaan tahapan Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024 di Kota Padang Sidempuan.

"Karena pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak yang aman dan damai merupakan tugas dan tanggungjawab kita semua," katanya.

 
"Disampaikannya,"
bahwa kondisi stabilitas daerah adalah tanggungjawab kita bersama dalam rangka menekan angka potensi kerawanan pada tahapan pemilu dan pilkada yang dapat mengganggu berjalannya pemerintahan," katanya.(PS/BERMAWI)




Komentar Anda

Terkini: