36.000 Tenaga Rentan PKH Aceh Utara Berpotensi Jadi Peserta BPJS ketenagakerjaan

/ Kamis, 13 Juli 2023 / 20.34.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-ACEH-Sebanyak 36.000 Tenaga Rentan yang merupakan sasaran Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Aceh Utara berpotensi menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Lhokseumawe. 


PKH sebagai program asistensi sosial kepada rumah tangga yang memenuhi kualifikasi tertentu dengan memberlakukan persyaratan dalam rangka untuk mengubah perilaku miskin, merupakan sasaran kerjasama BPJS Ketenagakerjaan dengan Perisai dan Pemerintah. 

Untuk kesempatan pertama sudah menjadi peserta sebanyak 2500 orang dan ini merupakan langkah awal yang sangat baik dalam rangka 
memenuhi Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. 

Hal itu terungkap pada kegiatan Monitoring Dan Evaluasi Kepesertaan Ekosistem Desa  bertajuk "Para Pejuang Sosial" bertempat di Petro Dollar Cafe Lhokseumawe, Kamis (13/7). 

"Bapak Ibu sekalian, saya sangat apresiasi sekali kolaborasi perluasan kepesertaan yang melibatkan ekosistem desa dan Perisai di Lhokseumawe ini, mudah-mudahan gerakan yang baru jalan belum 2 bulan ini saja, sudah membuahkan hasil, " Jelas Kepala BPJS ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbagut Henky Rhosidien dihadapan puluhan Perisai Lhokseumawe. 

Ia mengungkapkan, kepesertaan yang cukup potensial ini agar dapat segera di optimalkan di daerah ini  sampai dengan akhir tahun.

"Kita inginkan seluruh pekerja di formal maupun informal semua bisa bergabung dalam jaminan sosial tenaga kerja. semoga membawa keberkahan untuk bangsa Indonesia lewat program BPJS tenagakerjaan, InsyaAllah, " Ungkap Henky. 

Henky lebih jauh menjelaskan sejumlah  program jaminan sosial Ketenagakerjaan dan tata cara  pendaftaran serta segudang manfaat. 

"Alhamdulillah kita akan mendapatkan dua  pahala dalam mengerjakan tugas mulia ini yaitu pahala di dunia dengan membantu sesama yang sedang mengalami resiko dan musibah serta juga pahala di akhirat lewat program  jaminan sosial, InsyaAllah, " tutup Henky. 

Henky pada kesempatan itu  mengharapkan kegiatan ini dapat ditularkan di Kantor Cabang se Sumbagut. 

Terpantau di lapangan, Henky didampingi para Wakil Kepala Kantor Wilayah, Kepala-kepala Kantor Cabang di Wilayah Sumatera Bagian Utara yang tengah bertolak menuju Banda Aceh dalam rangka rapat pimpinan BPJS Ketenagakerjaan. 

Sementara itu, Koordinator PKH Kabupaten Aceh Utara  Jafriadi mengungkapkan pihaknya siap turun hingga ke sentra sentra tenaga kerja rentan di seluruh desa di wilayah Aceh Utara, terutama para Pekerja Program Keluarga Harapan.

"Kita memandang bahwa program BPJS Ketenagakerjaan ini sangat penting selain untuk membantu ekonomi keluarga juga hubungan sosial yang sangat menguntungkan masyarakat dan sangat dengan program-program pengentasan kemiskinan yang sedang kita jalankan, " tutup Jafriadi.(PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: