Agustus 2023, Walikota Irsan cairkan iuran Jamsostek bagi 5000 Tenaga Kerja Rentan Padangsidimpuan

/ Jumat, 07 Juli 2023 / 07.58.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Wali Kota Padangsidimpuan  Irsan Efendi Nasution SH MM mengungkapkan Pemerintah  Kota Padang Sidempuan bakal mencairkan iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi setidaknya  5000 tenaga kerja di Padang Sidempuan.


Dalam keterangan Pers sebagaimana  dilansir Humas BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang  Padang Sidempuan Jumat, (7/7/2023) disebutkan Walikota  menerima audiensi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Padang Sidempuan Dr Sanco Simanullang ST MT IPM ASEAN Eng didampingi Kepala Kepesertaan Budi Amanda Syarief Situmorang di gedung Walikota, Rabu 5 Juli 2023.

Walikota Padangsidimpuan  Irsan Efendi Nasution SH MM lebih jauh mengungkapkan Pemko Padangsidimpuan komit untuk perlindungan (coverage) jaminan sosial ketenagakerjaan sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial,  khususnya instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dikatakan Irsan, salah satu program BPJS Ketenagakerjaan adalah jaminan kematian.

Kematian lanjut Walikota, merupakan suatu kepastian, maka kita tidak ingin kehilangan tulang punggung keluarga yang bakal menimbulkan kemiskinan baru.

"Saya juga akan menambah pendaftaran tenaga kerja baru dari beberapa unit usaha, dan tidak tertutup kemungkinan untuk mengajak  ikatan Keluarga Nasution (IKANAS)  untuk dapat terlindungi dalam program Jamsostek," jelas Walikota.

"Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Padang Sidempuan Drs. Risman Kholik Harahap menghimbau agar seluruh pelaku usaha mematuhi peraturan kewajiban mengikuti Jamsostek.

Terkait perlindungan tenaga kerja rentan yang sudah dianggarkan oleh APBD,  Risman mengaku optimistis pendataan selesai akhir Juli ini.

"Guna menindaklanjuti 5000 tenaga rentan sebagaimana disebutkan Bapak  Walikota, maka tim sudah beberapa kali melakukan pertemuan yang melibatkan Camat se kota Padang Sidempuan dan tim yang saling berhubungan," jelas Risman.

Hingga saat ini, lanjutnya,  data yang terkumpul sudah mencapai 50%.

"Iya tentu kita optimis terhitung 1 Agustus 2023 seluruh 5000 data bakal masuk dan sudah menjadi peserta Jamsostek," ungkap Risman.

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor cabang Padang Sidempuan Sanco Simanullang mengucapkan terima kasih atas kepedulian, komitmen dan dukungan yang sangat baik dari  Pemko Padangsidimpuan terkait penyelenggaraan program Jamsostek di lingkungan Kota Padang Sidimpuan.

"Kami dari BPJS Ketenagakerjaan tentunya sangat bangga dan sangat berterima kasih terhadap dukungan yang sangat luar biasa dari Pak Wali dan jajaran  Pemko,  dari jauh-jauh hari sudah menganggarkan 5000 orang," ujar Sanco.

"Untungnya,  Pak Wali tidak ingin pembayaran iuran hanya satu dua bulan. Namun  beliau menginginkan untuk pembayaran 1 tahun, bahkan harus terus menerus secara kontinyu  sehingga masyarakat betul-betul dapat menikmati manfaat program Jamsostek. Sekali lagi, terima kasih terhadap dukungan Pemko, kita siap melayani dengan sebaik-baiknya," jelas  Sanco.

Sanco menambahkan apabila menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, dengan membayarkan iuran Rp 16.800 per bulan maka apabila peserta meninggal dunia,  keluarga ahli waris akan mendapatkan santunan kematian sebesar 42 juta (PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: