Pengoperasian dan Komersialisasi Lima Unit Head Truck Baru dari Program Investasi PT PIL Tahun 2023

/ Rabu, 22 November 2023 / 21.11.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-PT. Prima Indonesia Logistik (PIL) sebagai anak perusahaan PT. Pelindo Solusi Logistik (SPSL) telah mengoperasikan lima unit head truck baru sejak Senin (6/11) yang lalu. Selain itu head truck ini juga dikomersialisasikan bagi pengguna jasa. 

Head truck tersebut  merupakan bagian dari program investasi PT PIL tahun 2023 dalam rangka memberikan peningkatan percepatan bongkar muat peti kemas dan pelayanan kepada pengguna jasa kepelabuhanan, operasional peralatan baru ini juga merupakan bagian dari rencana ekspansi yang akan meningkatkan kemampuan PT PIL dalam menangani peti kemas.

Arus barang melalui peti kemas yang dikelola PT PIL setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam pencapaian kinerja hingga tahun 2023 ini sehingga PT PIL optimis dapat mewujudkan seluruh rencana capaian kinerja. Apabila peningkatan ini berlangsung secara terus-menerus maka diperlukan daya dukung infrastruktur untuk memacu kelancaran kegiatan operasional.

Direktur Utama PT PIL Rudi Susanto mengatakan dioperasikannya head truck tersebut untuk mendukung kegiatan operasional di lapangan penumpukan PT PIL, “Pengoperasian lima unit head truck yang sudah dapat digunakan pada bulan ini menjadi salah satu cara untuk mendukung trend angkutan barang menggunakan petikemas sehingga dapat meningkat dengan cepat karena proses bongkar-muat barang menjadi mudah untuk dioperasikan sehingga dapat menambah pelayanan dan meningkatkan kinerja.” Ujar Rudi melalui keterangan tertulis (21/11).

Pengoperasian dan komersialisasi head truck merk Isuzu Giga GVZ ini tak lepas dari keunggulan yang dimilikinya yaitu memiliki teknologi mesin Heavy Duty Common Rail dengan tenaga 350 PS sudah dilengkapi teknologi Selective Catalytic Redaction (SCR), sehingga mampu menghasilkan emisi gas buang berstandar EURO4. Kendaraan ini memiliki rasio gigi transmisi yang tepat dan sesuai guna menghasilkan performa bertenaga tinggi, namun tetap irit bahan bakar. Karakteristik tersebut sesuai dengan tujuan perusahaan yang mendukung efektivitas, efisiensi, dan mendukung mengurangi efek negatif pada lingkungan.

Tentang PT Prima Indonesia Logistik:

PT Prima Indonesia Logistik (PIL) yang juga dikenal sebagai PIL logistics merupakan anak perusahaan dari PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL). PT PIL didirikan dan mulai beroperasi pada 1 Januari 2015 dengan komposisi kepemilikan saham 99,67% oleh PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL).

PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) adalah salah satu subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) pada klaster bisnis logistik dan hinterland development yang memiliki 6 Anak Perusahaan termasuk PT PIL.

Sejak Berdirinya pada tahun 2015, PT Prima Indonesia Logistik sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa Logistik yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan bisnis global. PT. Prima Indonesia Logistik senantiasa berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada Pengguna Jasa. Dengan menciptakan daya saing handal dalam pelayanan jasa yang prima dan berorientasi kepada pemuasan kebutuhan pengguna jasa. 

Hingga akhir tahun 2021, PT Prima Indonesia Logistik telah melakukan pengelolaan gudang secara mandiri dan telah mulai mengoperasikan bisnis Depo Petikemas di 2 lokasi yang berbeda, yaitu di Kuala Tanjung bekerja sama dengan PT Prima Multi Terminal dan di Dumai bekerja sama dengan Regional I yang masing-masing sebagai Pemilik lahan. 

Diawal September 2022 ini, PT Prima Indonesia Logistik telah merealisasikan masa uji coba pelayanan Kereta Api Petikemas rute Kuala Tanjung ke Sei Mangkei bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia, PT Sei Mangkei Nusantara Tiga dan PT Prima Multi Terminal. 

Pengembangan layanan lainnya yang masih dalam proses pelaksanaan adalah Pengelolaan Area Kepabeanan sebagai Tempat Penimbunan (TPS) Lapangan dan TPS Gudang.

Saat ini PT PIL mengoperasikan beberapa layanan antara lain Freight Forwarding (Domestik & Internasional), Customs Clearance, Stockpiling Field, Cargo Transportation, Warehousing & Distribution, Bongkar Muat Via Kereta Api di Stasiun PIL, dan Integrated Physical Checkpoint (TPFT). (PS/SYAMSUL) 

Komentar Anda

Terkini: