Pentahbisan Pos PI Menjadi Cabang GBI dan Gembala Jemaat, Pdp.Iman Manuel Karo-karo

/ Jumat, 17 November 2023 / 09.43.00 WIB

"Pentahbisan  Ibu Gembala Ev.Restika Berutu,S.Th"

POSKOTASUMATERA.COM – DAIRI  Hari ini Kamis 16 Nopember 2023 dilakukan Pentahbisan Pos Pekabaran Injil (PI) menjadi Cabang Gereeja Bethel Indonesia (GBI) jalan Sisingamangara Sidikalang No.120 Kabupaten Dairi menjadi Cabang, dan Pentahbisan Gembala,Pendeta pratama (Pdp) Iman Manuel karo-karo dan sebagai Ibu gembala Ev.Restika br.Berutu,S.Th.

Dalam acara itu dibawakan oleh Pdm.Leonado J.Berutu serta tim GBI Sisingamangaraja Sidikalang,sedangkan yang menahbiskan adalah dari Badan Pekerja Daerah (BPD) Tapanuli dilakukan oleh Khotbah dibawakan oleh Pdt.Moses Sinaga,M.A,M.Th.

Adapun yang ditahbiskan tersebut yaitu Pdp.Iman Manuel Karo-karo dan Ev.Restika br.Berutu,S.Th. sebagai gembala cabang GBI jalan Sisingangamangaraja Sidikalang untuk pelayanan kepada para jemaat dan sebagai pelayan melalaui anakNya yang tunggal Yesus Kristus sebagai penyelamat umat manusia.

Dalam pentahbisan itu dilakukan dengan kebaktian,menyanyikan lagu pujian,dan khotbah dibawakan oleh Pdt.Moseses Sinaga,MA.M.Th yang diambil dari Kitab Matius 16:13 -19 ,Yaitu Pengakuan Petrus :  16:13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" 16:14 Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, z  ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi. a 16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" 16:16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah b  yang hidup! demikian bunyinya: 16:16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah b  yang hidup!" 16:17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia c  yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. d  16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus e  dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat 1 -Ku f  dan alam maut tidak akan menguasainya 2 . 16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci g  Kerajaan Sorga 3 . Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga. h ".

Moses dalam khotbahnya,dengan kata-kata ini Kristus berjanji untuk mendirikan gereja-Nya berlandaskan kebenaran dari pengakuan Petrus dan murid lain bahwa Yesus adalah Kristus, Anak Allah yang hidup. Di dalam ayat ini Yesus mengadakan permainan kata-kata. Ia menyebut murid-Nya itu "Petrus" , yang artinya sebuah batu kecil, namun Ia melanjutkan dengan mengatakan "di atas batu karang ini , yaitu batu karang yang sangat besar atau tebing batu, Aku akan mendirikan jemaat-Ku," maksudnya: Ia akan mendirikan gereja (jemaat-Nya) di atas pengakuan Petrus yang kokoh.

Pesan kepada Iman Imanuel Karo-karo selaku gembala yang baru saja ditahbiskan,juga menyampaikan harapannya agar gereja dapat menjadi tempat untuk mengkhususkan diri mempelajari kebenaran Firman Tuhan. Di akhir kotbah, Beliau mengingatkan kembali bahwa gereja harus menjadi representatif dari Kristus di dalam dunia ini untuk memberkati melalui perkataan dan perbuatan.

Pdt.Moses Sinaga,MA.M.Th. dari BPD GBI Tapanuli menyerahkan selempang kepada Iman Imanuel karo-karo dalam pentahbisan itu dan mengucapkan selamat dan selamat bertugas sebagai gembala Tuhan,juga menuntun para jemaat GBI jalan Sisingamangara Sidikalang ini.

Setelah selesai acara kebaktian dilanjutkan dengan kata sambutan seperti disampaikan Pdp.Iman Imanuel Karo-karo dan Ev.Restika br.Berutu,S.Th pada acara tersebut,dimana Iman Imanuel mengucapkanterimakasih kepada BPD Tapanuli yang sudah mentahbiskan kami sebagi gembala dan meresmikan GBI jalan Sisingamangaraja Sidikalang ini yang sebelumnay sebagi Pos PI selama ini,juga kepada seluruh undangan kami,baik dari medan juga dari gereja tetangga,Kapolres yang diwakili Bapak Kompol.MKL.Lumban Tobing.

Tatapi bagaimanapun dalam hal ini tentu semuanya yang bisa terlaksana apalagi seperti kita saksikan pentahbisan dan peresmian GBI ini,seluruhnya adalah dukungan para jemaat yang ada saat ini,tapi yang paling teristimewa adalah kepada isteri sya yang begitu gigih untuk mengembangkan pelayanan kepada jemaat,semuanya adalah dukungan yang tidak mengenal lelah ibu (Isteri) yang tersayang ini ungkap Pdp.Iman Imanuel Karo-karo.

Disamping itu juga Ev.Restika br.Berutu,S.Th yang saat itu juga ikut ditahbiskan,menyebutkan saya selaku pelayan jemaat tidak pernah putus asa apapun tantangan dan rintangan saya alami,semauanya itu adalah kerna Roh Kudus selalu menyertai dalam pelayanan kami.

Sedikit saya ceritakan tentang asal mula dari pelayanan ini,dimana pada mulanya adalah hanya mengajari sekolah minggu,dan itupun sekolah minggu untuk anak saya,namun ada juga tetangga yang mauikut daam acara Sekolah Minggu itu,megenai tantangan dan rintangan kalau saya ceritakan tentu banyak sekal tentag liku-liku dalam perjalanan pelayanan ini, sehingga pada hari ini kita sudah bersama-sama menyaksikan acara yang kita laksanakan,tentunya Roh Kudus selalu menyertai dalam pelayanan di GBI ini urai putri yang terbaik berasal dari Aceh Sngkil ini. (PS/K.TUMANGGER).


 

Komentar Anda

Terkini: