Puskesmas Talun Kenas Dinilai Tidak Layak Mendapatkan Akreditasi

/ Rabu, 29 November 2023 / 16.07.00 WIB

 


POSKOTASUNATERA.COM-DELISERDANG-Puskesmas Talun Kenas Kecamatan STM Hilir Kabupaten Deli Serdang dinilai tak layak mendapat akreditasi  karena buruknya pelayanan terhadap pasien.

Seorang pasien sempat mengamuk di Puskesmas Talun Kenas akibat kecewa dengan pelayanan beberapa waktu lalu.

Lina Br Sitepu  warga desa Gunung Rintih ,kecamatan STM Hilir, melakukan aksi protes di Puskesmas Talun Kenas kerena kecewa dengan pelayanan saat  hendak mengobati anak perempuannya yang saat itu sakit demam,  Senin (20/11/2023).sekira pukul 03.00 WIB sore.


Namun , petugas pelayanan medis  inisial PG  dan  N ,yang bertugas saat itu menyatakan tidak bisa lagi berobat kalau sudah jam 3 kecuali gawat darurat , ini udah peraturan baru,! ,ungkap petugas medis, inisial  PG dan N.

Sontak saja , Lina br sitepu merasa kecewa bercampur kesal dengan pernyataan  yang di sampaikan petugas medis tersebut. Karna, tidak mendapat pelayanan ,dari petugas medis di puskesmas tersebut. 

Puskesmas merupakan garda 
depan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan dasar. hal ini ter tuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 
75 tahun 2014 tentang ”Pusat Kesehatan Masyarakat”, merupakan landasan hukum dalam  penyelenggaraan ,pusat kesehatan masyarakat. 

Visi pembangunan kesehatan ,yang di selenggarakan oleh puskesmas  adalah menuju kecamatan yang sehat ,demi terwujudnya Indonesia yang sehat.

Namun , fakta tersebut diatas nampaknya tidak sejalan dengan puskesmas Talun Kenas kecamatan STM Hilir kabupaten Deli Serdang .yang sedang ber proses menuju mendapatkan akreditasi yang ter pilih sebagai puskesmas rawat inap ,dari banyak puskesmas ,di Deli Serdang yang sudah di turun kan status nya ,menjadi puskesmas rawat jalan.

 Keluhan masyarakat, terkait sistem pelayanan di Puskesmas ini telah mencuat ke permukaan melalui berbagai pemberitaan media masa. 

Menanggapi hal ini, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang Dr Asri Ludin  M.ked  Sp.Pd, ketika di wawancarai di sela sela kegiatan  sosialisasi pengelolaan sistem penanganan gawat darurat terpadu, di Wings Hotel pada (28/11/2023). Menyampaikan , jangan ada pasien yang di tolak, dalam keadaan apa pun ,pasien itu harus di rawat dulu,  masalah kartu BPJS  nya itu nanti, yang penting pasien harus di tangani dulu. ,tegas Asri Ludinkepada media ini.

Hal senada juga di tegaskan ,kepala puskesmas Talun kenas Dr Hendrik Tambunan , bahwa pihaknya akan terus melakukan pembenahan ,sistem pelayanan ,kepada masyarakat. "Terkait permasalahan yang terjadi di hari senin itu, kita akan ,mediasi ,dengan yang bersangkutan. Ujar Dr Hendrik Tambunan.(PS/P Limbong)
Komentar Anda

Terkini: