Proyek Wawancara Kelas

/ Selasa, 19 Desember 2023 / 11.50.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN, Ide yang akan saya buat dalam komunikasi di jenjang SD/MI sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi antar peserta didik serta peserta didik dengan pendidiknya. Komunikasi pada jenjang SD/MI tentu sangat penting untuk perkembangan peserta didik dalam segala aspek. Peserta didik diajarkan keterampilan berbicara dan mendengarkan. 

Ide yang ingin saya buat adalah Proyek Wawancara Kelas. Proyek Wawancara Kelas untuk anak SD/MI dapat menjadi cara menyenangkan dan edukatif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, kreativitas, dan pemahaman tentang bebagai topik terlebih lagi Wawancara ini juga merupakan salah satu materi yang ada pada mata pelajaran muatan Bahasa Indonesia  

Dibawah ini merupakan langkah-langkah untuk melaksanakan Proyek Wawancara Kelas : 

1. Sebelum memulai Proyek Wawancara Kelas para peserta didik sebelumnya harus sudah memahami apa itu wawancara dan bagaimana cara melakukan wawancara tersebut.

2. Setelah memastikan para peserta didik sudah memahami tentang wawancara yang akan dilakukan. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, dimana setiap kelompok beranggotakan lebih dari dua orang.

3. Setelah memastikan semua peserta didik mendapatkan kelompoknya, guru memerintahkan setiap kelompok untuk menentukan tema atau pembahasan apa yang akan diangkat saat wawancara.

4. Setelah semua kelompok sudah tau tema atau pembahasan apa yang akan diangkat, guru mengarahkan setiap kelompok untuk melakukan wawancara secara mandiri dan tetap tertib didalam kelas.

5. Selama berjalannya Proyek Wawancara Kelas guru memperhatikan dan mengarahkan jalannya Projek Wawancara Kelas.

6. Setelah semua kelompok menyelesaikan wawancara guru memerintahkan peserta didik untuk mencatat hasil dari wawancara yang sudah mereka lakukan kemudian membacakannya didepan kelas.

Penulis : Elvira Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Komentar Anda

Terkini: