Sambangi Istana Maimoon, Kakantah Medan dan Sultan Deli Komitmen Bantu Masyarakat dan Inventarisasi Aset Kesultanan

/ Senin, 29 Januari 2024 / 22.32.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Kota Medan Reza Andrian Fachri, Senin (29/01/2024) melakukan kunjungan balasan kepada Sultan Deli Seripaduka Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam di Istana Maimoon Jalan Brigjen Katamso Medan.

Dalam kunjungan ini, Kakantah Medan didampingi segenap Kepala Seksi dan jajaran pejabat Kantah Medan yang disambut di Sultan Deli yang akrab disapa Tuanku Aji bersama Tengku Mohansyah dan Tengku M Reza Al Rasyid.

Dalam pertemuan ini, Sultan Deli kembali menyampaikan komitmennya dalam membantu legalisasi lahan-lahan yang ditempati masyarakat yang kemungkinan berada di area milik Kesultanan Deli hingga memiliki legalitas tanah agar memudahkan masyarakat dan membantu program pemerintah memberikan sertifikat tanah ke rakyat.

“Kami bersama segenap pengurus Kesultanan Deli bertekad membantu pemerintah dan masyarakat dalam menyelesaikan legalitas tanahnya ke Kantor Pertanahan sesuai kemampuan dan kewenangan kami,” ujar Tuanku Aji di depan Kakantah Medan bersama jajaran.

Dalam wilayah adat, lanjut Tuanku Aji, Kesultanan Deli meliputi wilayah Kota Medan, wilayah Kota Tebing Tinggi, sebagian wilayah Kabupaten Deli Serdang, sebagian wlayah Kabupaten Serdang Bedagai dan sebagian wilayah Kota Binjai.

Kedepan, Sultan Deli berusia 25 tahun dan masih melajang ini memaparkan, akan melakukan inventarisasi aset Kesultanan di sekitar Istana Maimoon maupun wilayah lain serta menertibkan penggunaan Grand-grand Sultan dengan mengedepan kajian ilmiah sesuai hukum berlaku dengan meminta bantuan pemerintah.

“Kami berharap bantuan Pemerintah Kabupaten/ Kota dan Kantor Pertanahan di daerah yang masyarakatnya mendapatkan Grand Sultan yang selama ini administrasi dan kebenarannya akan diperbaiki dan dikaji ke depannya,” pungkas Tuanku Aji. 


Komitmen Sultan Deli dalam membantu masyarakat dan pemerintah bidang pertanahan ini disambut baik Kakantah Medan Reza Andrian Fachri. Pejabat Bidang Agraria yang tergolong berusia muda ini berjanji akan membantu niat baik Sultan Deli.

Dijelaskannya, Kementerian ATR BPN juga berkomitmen mempercepat penyertifikatan tanah masyarakat guna menghindari konflik pertanahan dan khusus di Medan pejabat pertanahan menerapkan keakuratan dan ketelitian dengan pola cepat dalam melayani permohonan Sertifikat baik secara umum maupun program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL).

“Kami siap dan berkomitmen membantu niat baik Tuanku Sultan Deli, kami akan selalu teliti dalam menerbitkan permohonan Sertifikat yang dilandasi petunjuk dari Grand Sultan Deli,” bebernya.

Kakantah Medan yang didampingi para Kasi dan pejabat lain diantaranya Anjar Abidin, Saut Simarmata, M Lizardi, Elsaria Tarigan, Fendi dan Inneke bersma staff lainnya menjelaskan, tekad Kementerian ATR/BPN dan Kanwil BPN Sumut dalam mempercepat penyelesaian sertifikat tanah rakyat Indonesia guna legalitas bidang agraria.

Kantah Medan lanjut Reza, selalu menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan semua pihak guna menjalankan amanah yang mereka emban dalam menjadi perpanjangan tangan Kementerian ATR/BPN melayani hak-hak agraria masyarakat dan pemerintah untuk di sertifikatkan.

“Tugas kami melayani masyarakat dan berkomunikasi serta bersilaturahmi dengan semua pihak guna kemudahan menjalankan amanah bidang agraria sesuai perundang-undangan,” pungkas pria dikenal familiar ini.     

Diakhir kunjungan dan silaturahmi Sultan Deli dan Kakantah Medan bertekad menjalin kerjasama guna memudahkan dan lebih teliti dalam proses permohonan sertifikat tanah yang didasari atau petunjuk dari Grand Sultan Deli guna meminimalisir sengketa atau konflik pertanahan ke depan.

Di kesempatan itu, Sultan Deli Tuanku Aji mengajak Kakantah Medan bersama jajaran meninjau Istana Maimoon yang sudah berusia 130 lebih itu. Terlihat animo pengunjung dan wisatawan Istana Maimoon berjubel ingin berfoto bersam Sultan Deli dan Kakantah Medan. 

Sebelumnya, Sultan Deli Seripaduka Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam akrab disapa Tuanku Aji, Kamis (25/01/2024) mengunjungi Kantor Pertanahan Medan dalam bersilaturahmi.

Pertemuan antara pejabat muda dan tokoh muda ini membahas berbagai konflik agraria dan solusi menyelesaikan konflik pertanahan yang berkenaan dengan alas hak atau warkah tanah dari Grand Sultan yang beredar di masyarakat di Kota Medan.

Tuanku Aji didampingi kerabat Tengku Muhar dan Tengku M Reza Al Rasyid bertemu di ruang kerja Kakantah Medan Reza Andrian Fachri Jalan STM Medan dengan menyampaikan berbagai masalah pertanahan masyarakat yang disampaikan kepada Sultan Deli.

“Dalam berbagai kunjungan kami di tengah masyarakat, selalu menerima laporan dan meminta solusi atas masalah tanah mereka yang sebagian berdasarkan Grand Sultan dan berada di atas Grand Sultan yang dimiliki keluarga atau Kesultanan Deli maupun pihak lain,” kata Tuanku Aji di hadapan Kakantah Medan. (PS/RED)

 

Komentar Anda

Terkini: