Pemaparan Bupati Dairi Dalam Musrenbang RKPD, 2 Juta Kopi Telah Dilakukan Penanaman

/ Rabu, 06 Maret 2024 / 07.46.00 WIB

"Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu memukul gong saat membuka Musrenbang RKPD"
POSKOTASUMATERA.COM  – DAIRI   – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu saat membuka Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Dairi tahun 2025, pada Selasa (5/3/2024) di Balai Budaya Sidikalang.

Hadir dalam acara itu , Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin yang diwakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara Dwi Endah Purwanti,Forkofimda,para tokoh masyarakat,tokoh Agama,para pelaku usaha UMKM dari pelaku usaha kopi yang selama ini sebagai narasumber tentang kopi dibeberapa daerah seperti ke Humbahas,Samosir,Batubara,Pakpak Bharat,bahkan belum lama ini ikut studi banding ke Jember,yaitu anak salah satu jurnalis .

Termasuk yang satu ini dalam penyeduhan kopi dan meracik kopi menjadi minuman khas yang telah diproses,termasuk dibeberapa ifen yang di ikuti termasuk penyeduhan kopi di acara Aquabike Jetski world di Silahisabungan pada tahun 2023 yang lalu,namn selama ini tidak pernah dilirik oleh Pemkab Dairi yaitu Kansiom Pinter Tuamangger ,dan pada saat pemaparan Bupati menyebut pelaku UMKM tersebut dalam acara itu,karena kebetelun Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu memberangkatkan para pelaku UMKM ke Jember baru-baru ini.

Dalam pemaparan Bupati Dairi Eddy Keleng mengatakan disektor pertanian,  Pemkab Dairi telah menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian mulai dari tahun 2019 hingga 2023 sebanyak 631 alsintan. Di tahun 2023, telah dianggarkan alat dan mesin pertanian berupa cultivator sebanyak 88 unit, corn sheller sebanyak 39 unit, power threser mobile sebanyak 7 unit dan power threser multiguna sebanyak 1 unit.

“Prasarana pertanian juga menjadi perhatian penting guna mendukung akses pertanian dalam meningkatkan produksi. Di tahun 2023 pembangunan, rehabilitasi dan pemeliharaan jaringan irigasi usaha tani 7 unit, dan pemeliharaan jalan usaha tani 13 unit,urai Bupati dalam acara Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 . (PS/K.TUANGGER).    

BERSAMBUNG …….

Komentar Anda

Terkini: