Wisuda Pelepasan Siswa Siswi Angkatan ke 40 SMAN 1 Arse Dirangkai Sosialisasi Bea Siswa Martabe Kuliah Dari PT.AR Berjalan Lancar

/ Rabu, 24 April 2024 / 07.41.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Perpisahan sekaligus acara wisuda siswa siswi  SMAN 1 Arse Tahun Pelajaran  2023/2024   berjalan dengan sukses dan lancar.yang dirangkai dengan sosialisasi bea Siswa martabe Kuliah Di Perguruan tinggi Negeri di Seluruh Indonesia. Acara ini dihari oleh seluruh orangtua murid  kelas XII,  Ketua Alumni SMAN 1 Arse Hasbi Simatupang SH, Edukation Supervisor dari PT.Agincourt Resources (AR) Laung Lubis, Ketua Komite  Darma Bakti Panjaitan , Muspika Kec.Arse antara antara lain Camat Arse Sahwan Ritonga, S.Sos, Kepala KUA Kecamatan,  Kepala SMP Di kec.Arse, Kepala SMP Somba Debata di Kab.Tapanuli Utara, Wakil Kepala dan guru  Sekolah SMAN 1 Arse,Siswa Siswi SMPN 1 Arse dan Siswa Siswi SMPN 2 Arse dqn undangan lainnyaSelasa (23/04-2024).




 Prosesi acara wisuda siswa siswi  SMAN  1 Arse ini diisi berbagai rangkaian acara mulai dari  pembukaan, sambutan-sambutan, Penampilan Tari SMAN 1 Arse, dan do’a,acara inti hingga hiburan. Dan acara wisuda ini juga merupakan momen tahunan yang selalu dilaksanakan pihak  Sekolah setiap tahunnya di halaman SMAN 1 Arse.



Kepala SMAN 1 Arse Imam Praja Siregar M.Pd dalam sambutannya antara lain menyampaikan,"  rasa bangga kepada Edukation Supervisor dari PT.Agincourt Resources (AR) bang Laung Lubis  dan semoga hubungan silaturrahmi  SMAN 1 Arse dengan PT AR yang terjalin selama ini semakin erat dan bisa kita  bekerjasama  bagaimana caranya agar Kabupaten Tapanuli Selatan  dan khususnya SMAN 1 Arse ini lebih baik kedepan. 



Saya  juga  mengucapkan terimakasih kepada para undangan kami yang telah hadir di  acara ini . Dan kepada anak kami  kelas XII khususnya  disampaikan bahwa ini adalah perpisahan kita. Semoga acara pelepasan wisuda atau prawisuda  ini menjadi penyemangat bagi anak anak kami agar setelah selesai  dari Sekolah ini menjadi wisudawan setelah Tamat Kuliah 3 atau tahun kedepan," harap Kasek.



Apa yang sudah anak anak  peroleh  dari sekolah ini jadikanlah itu sebagai modal dan bukan hanya sekedar ijasah yang kamu dapatkan sebab ijasah itu hanya persyaratan adminitrasi saja  bagi ananda untuk ke jenjang  yang lebih tinggi. Tetapi modalmu itulah  selama 3 tahun ananda di sekolah ini yang sudah diibina oleh Bapak/Ibu Guru," pungkas Kasek. 



Pergunakanlah ijasahmu itu untuk meraih masa depanmu yang lebih ceeah. Disini  hadir alumni alumni SMAN 1 Arse  termasuk Pak Sahwan Ritonga S.Sos  Camat Arse  dan Pak Hasbi Simatupang sebagai Pengacara. Ini membuktikan bahwa  SMAN 1 Arse tidak ketinggalan dengan sekolah lain," Ucap Imam Praja Siregar M.Pd.



Disampaikan,"   usahakan ananda yang  lebih berhasil daripada kami, karena  Bapak/Ibu Gurumu  yang duduk di depan ini paling lama  10 atau 20  tahun lagi aktib sebagai guru, kalianlah ananda menjadi pengganti kami  disini setelah pensiun," ucap Kasek. 


 Terakhir saya sanpaikan," bahwa orangtua siswa siswi  3 tahun yang lewat sudah bapak/Ibu serahkan ananda  kepada kami. Bapak/Ibu Guru yang  sudah membimbing  anak anak kami di sekolah ini, kemudian orangtua siswa sudah membimbing di rumah. Pada hari ini kami serahkan kembali ananda ke orangtua masing masing. Mari sama sama bergandengan tangan untuk mendukung bagaimana  caranya anak anak kita ini berhasil kedepan," pungkas Kasek dengan semangat. 



Diinformasikan bahwa anak kita yang lulus di Perguruan tinggi Negeri berjumlah 9 orang. 1 orang lulus di Universitas Jambi atas nama  Mangatas Ilham, kemudian 8 orang lagi lulus di Universitas terbuka salah satu universitas Negeri di Sumatera Utara. Dan mohon doanya ada beberapa anak kita  yang akan mengikuti UTBK dalam waktu dekat ini,  semoga memdapatkan hasil yang maksimal sehingga dapat membanggakan sekolah kita ini," ungkap Imam.  



"Imam Praja Siregar  menuturkan suksesnya acara pelepesan, perpisahan dan wisuda siswa siswi kelas XII ini tidak lepas dari kerjasama seluruh pihak mulai dari OSIS, orangtua siswa serta para dewan guru yang mendukung penuh kegiatan tersebut hingga sukses,”Terimakasih untuk semua pihak yang menyukseskan kegiatan ini, kerjasama merekalah yang membuat acara ini berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun”, tutur Kasek


Ketua Komite Darma Bakti Panjaitan  mengucapkan selamat dan sukses kepada anak anak  kami yang telah lulus dari SMAN 1 Arse dibuktikan wisuda pelepasan hari ini. Mudah mudahqn apa yang dicita citakan ananda semua dapat tercapai," harapnya. 



Ingatlah anak anak kami selama 3  tahun menunutut ilmu d SMAN 1 Arse. Di sekolah ini  kalian mendapatkan ilmu baik  suka dan  duka  yang menjadi kenangan sebagai alumni SMAN 1 Arse," Ujar Ketua Komite. 


Selanjutnya Camat Arse Sahwan Ritonga,S.Sos menyampaikan," saya  alumni keempat  SMAN 1 Arse. Kepada  orang tua siswa siswi  disampaikan bahwa  saya termasuk orang yang  mencintai sekolah ini dibuktikan saya, istri dan dua orang anak saya termasuk alumni SMAN 1 Arse. Kedua orang anak saya sudah sukses  bekerja sebagai TNI AD dan sebagai perawat, " ujarnya. 


 

Laung Lubis Superviser Education dari PT.Agincourt Resources (AR)  yang membidangi pendidikan  menyampaikan, " sebanyak  21 Pergurian Tinggi Negeri di Indonesia  yang kami update setiap tahun baik Mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Tapsel Dan kota Padangsidimpuan dengan memilih salah satu dari 34 Jurusan yang  mendapatkan bea siswa dari PT AR.


Disampaikannya, " Jika ananda sudah masuk  bea siswa semua biaya kuliah ditanggung seluruhnya oleh pihak perusahaan. Dengan rincian biaya hidup Rp 1,5 juta perbulan. Tiket pesawat berangkat kuliah dari tempat asal ke Jakarta dan samppai ke PTN yang Dia sasar kqmi bayar. Seterusnya pihak perusahaan PT. AR bayar tiket bawa ijasah setelah tamat. 


Tahun yang lewat Bea siswa khusus ada 2 orang dari Kecamatan Arse. Pantas kita memberilan apresiasi kepada PT. AR  tahun ini ada  khusus 25 orang anak kami yang lulus UTBK. Jika tidak lulus jangan  berkecil hati masih ada bea siswa  reguler," ucap Laung Lubis. 


Sedangkan Bea siswa reguler Tabagsel hanya untuk Perguruan Tinggi di wilayah Tabagsel berlaku untuk 4 Kecamatan di Tapanuki Selatan yaitu Kecamatan Angkola Sangkunur, Muara Batangtoru, Marancar dan Batang Toru," beber Laung Lubis. 


Lebih lanjut disampaikannya, " Untuk melihat informasi bea siswa martabe ketik martabe prestasi 2024 melalui geogle di HP android ananda. 


Disampqikannya," ada yang tidak rela yang anaknya diterima di Jawa kuliah hingga tidak memberatkan orangtuanya. Lantas Laung coba bertanya ada tang tidak mau memberangkatkqn anak anaknya  kuliah ditanggung gratis oleh PT.AR,: tanya Laung Lubis.



Hasbi Simatupang SH alumni SMAN 1 Arse yang  merupakan tamatan kedua tahun 1983.Ananda semua yang sudah tamat dari Sekolah ini adalah   masih tahap awal Pembentukan karakter. Tanamkanlah dalam diri ananda  jiwa jiwa petarung dan pantang menyerah.perlu ananda ketaui Beda pintar dengan cerdas. 




Kalau orang pintar itu karena kemauan belajarnya,  sedangkan oramg cerdas karena IQ yang tinggi dan cepat menyimpan di memorinya pelajaran yang diberikan oleh guru, " ujarnya.

Selanjutnya mewakili mewakili Siswa Ali Mudo Batubara menyampaikan," tidak terasa waktu begitu cepat dan kemarin rasabya saya baru menginjakkan kaki di sekolah ini, belajar dan berkenalan dengan teman teman lain. Seperti tang dikataka pepatah apabila ada pertemuan pasti ada perpisahan. Sekarang waktu itu telah datang dan sudah seharusnya kami berpisah dari sekolah tercinta ini dalam menuntu Ilmu.


Tiga tahun tidqk teras belajar dan mengeyam Ilmu pemgetahuan di sekolah ini. Terimakasoh sqya ucapkan yang sedalam dalamnya kepada Bapak/Ibu Guru staf pengajar SMAN 1 Arse yang telah memberikan ilmunya, dedikasi dqn dorongan kepada kami sehingga kelak kami bisa menggapai mimpi kami di masa yang akan datang," ucap Ali Mudo Batubara mewakili siswa.



Lebih lanjut dikaralannya," Selama proses belajar mengajar di kelas maupun di luar kelas kami sering membuat bapak/Ibu guru kesusahan. Atas kesabaran dan keikhlasan Bapak/Ibu Guru kami berharap semoga Allah SWT membalas jasa yang diberikqn Bapak/Ibu Guru kepada kami semua..


Begitu juga teman teman tang telah memverikqn suport dqn dukungannya dalqm belajar semoga apa cita cita yang kita harapkan akan dikabulkan Allah SWT. Pendaftaran bea siswa martabe  tahun ajaran tahun 2024/2025  sudqh dibuka. Jadi bagi adek adek kelqs X dan XI kami harap supaya banyak yang memdaftar. Harapan kakak semoga dari SMAN 1 Arse tahun ini lebih banyak meraih bea siswa martabe," ujarnya.


Saya meminta doa restu  Bapak Ibu Guru supaya kami siswa/i akan mengerjakan UTBK diberikqn kelancaran danulus semua di PTN. Dan saya juga berterimkasih kepada SMAN 1 Arse karenq memberukqn saya 3 tahun terakhir ini masq masa masa yang sqngat indah. Alhamdulillah sqya terpililh duta pendidikan  Indonesia tahun 2024 yang berketepatan di Negara Singapura," ucap Ali Mudo dengan semangat.


Seterunsya mewakili Siswi Julia Siagian  menyamlailan,"  setelah  diadakannya acara Pelepasan wisuda Angkatan ke 40 SMAN 1 Arse kami tidqk lagi mendengar lembutnya suara yang mengajari kami, yang membimbing kami,. 


Atas nama siswi kami mengucapkan beribu terimakasih karenq ilmu dqn bimbingan bapak/ibu guru yang akan kami bawa menuju dunia. Semoga kelak setelah keluqr dari SMA ini  kami akan mendapatkqn tujuannya masing masing. Kami akan mengingat nasehat yang diberikqn guru kami," ujarnya.


Kami juga mengucapkan permohonann maaf bilamana ada kesalahan yang kami perbuat selama tiga tahun ini. Sebagai manusia yang tidak luput dari kesalahan yang sudah membuat guru kami kecewa dan memohon maaf atas apa yang kami lakukan," ucap Julia Siswi Cantik dari SMAN 1 Arse. (PS/BERMAWI)




Komentar Anda

Terkini: