Pemkab Samosir Salurkan Bantuan Alsintan Kepada Petani

/ Senin, 24 Juni 2024 / 16.40.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - 
Hasil sinergitas Pemkab Samosir dengan Kementerian Pertanian RI, Bupati Samosir Vandiko T. Gultom kembali menyerahkan bantuan alsintan pra panen kepada 15 kelompok tani, di Kompleks Kantor Dinas Ketapang dan Pertanian, Parbaba, Senin (24/06)

Adapun bantuan yang diberikan adalah 5 ujit Hentraktor, 5 unit pompa air 3 inci, dan 4 unit pompa air 4 inci. 

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom mengatakan bahwasanya Pemerintah Kabupaten Samosir terus melakukan program melalui sinergitas anggaran dengan APBD Kabupaten, Provinsi dan Pusat untuk memenuhi kebutuhan petani. Sementara penerima bantuan Alsintan Pra Panen ini diharapkan merupakan petani yang sudah menyediakan lahan dan air sehingga alat dapat dimanfaatkan dengan baik guna peningkatan  produksi hasil pertanian. 

Vandiko menekankan Poktan peenerima bantuan kiranya dapat memanfaatkan alsintan dengan dan manfaatnya dapat dirasakan seluruh anggota. "Gunakan dan rawatlah sebaik mungkin, dan jangan dikuasai hanya satu orang saja", tegas Vandiko.

Dijelaskan Bupati Vandiko, apabila alsintan tersebut tidak digunakan dengan baik dan tepat sasaran maka bantuan akan ditarik. Maka untuk itu penyuluh pertanian harus aktif melakukan pengawasan di lapangan.

"Apabila menemukan kembali hal seperti ini , alsintan yang sudah diberikan akan ditarik. Kita sudah berkomitmen dengan fakta integritas, apabila tidak digunakan atau dikuasai perorangan, Pemerintah kabupaten Samosir berhak menarik bantuan dan menyerahkannya kepada kelompok tani yang lebih membutuhkan", tegasnya 

Vandiko menghimbau, para kelompok tani mau mengikuti apa yang diprogramkan pemerintah, mengikuti anjuran pemerintah untuk peningkatan hasil pertanian. Kelompok tani juga diharapkan dapat berbagi manfaat kepada petani yang belum masuk dalam kelompok tani dalam penggunaan alat. 
"Inilah komitmen Pemerintah dalam membantu petani. Alat ini saya titip, mohon digunakan dan dirawat dengan baik", Kata Vandiko mengakhiri.

Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian, Tumiur Gultom menyampaikan pemberian bantuan pompa air teesebut untuk peningkatan areal tanam atau peningkatan indeks pertanaman padi di Kabupaten Samosir, dan uga menyelamatkan padi di lapangan yang kekurangan air.

Dengan banyaknya bantuan Pemerintah terhadap pertanian, Tumiur berharap perluasan areal tanam di Kabupaten Samosir dapat tuntas mencapai 700 ha. Untuk mendukung petani samosir Tumiur juga mengatakan sudah menyusun proposal tambahan permohonan 200 unit pompa air dan 100 unit akan diserahkan dalam musrenbang pertanian di Jakarta. (PS/PL)
Komentar Anda

Terkini: