6 Ribu Nelayan Sumut Terima Asuransi di Acara Nelayan Membangun Sumut Hebat, HNSI Siap Mendukung

/ Senin, 03 Juni 2024 / 23.22.00 WIB

 

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Pj Gubsu Hassanudin menggelar Nelayan Membangun Sumatera Utara Hebat (Nembush) sekaligus Lounching 6000 Asuransi Nelayan di kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan, Senin (03/06/2024). 

Program Nelayan Membangun Sumatera Utara Hebat (Nembush) sekaligus Lounching 6000 Asuransi Nelayan pada 22 Kabupaten/Kota dari 33 Kabupaten/Kota yang ada di Sumut. 

Pj. Gubsu Hasanudin dalam sambutannya mengatakan, Sumut terbesar ke- 4 di Indonesia dari segi populasi dengan jumlah penduduk sekitar 15 juta jiwa. Selain itu, potensi perikanan tangkap Sumut sebesar 1. 821.088 ton per tahun dan potensi perikanan budidaya sekitar 138.647,5 hektar.

Jumlah nelayan Sumut pada tahun 2024, sebanyak 143.250 orang yang mencari nafkah di perairan laut pada 17 Kabupaten/Kota dan di perairan umum pada 33 Kabupaten/Kota. 

"Sampai saat ini sudah 64.557 atau 45,6 persen nelayan yang diasuransikan. Harapan tahun depan ditingkatkan bekerja sama dengan BPJS Sumut. Program Nembush ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan potensi nelayan Sumut," jelas Pj. Gubsu. 

Ketua DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumut Zulfahri Siagian, SE menyampaikan komitmennya dalam mendukung program Pemprovsu itu. 

Dia mengucapkan terima kasih atas pemberian 6000 Asuransi kepada nelayan Sumut dan menyambut baik program Pemprov Sumut yang baru launching tersebut karena sangat membantu nelayan.

 

"Kami, HNSI selalu siap membantu pemerintah untuk memajukan nelayan terutama nelayan Sumut," sebutnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut Hamdan Sukri Siregar dalam laporannya mengatakan, program asuransi nelayan dimulai sejak tahun 2011 yang bertujuan untuk melindungi nelayan dari resiko kecelakaan kerja dan jiwa.

 

"Profesi nelayan tidak mudah dan terkadang harus menghadapi tantangan besar termasuk kecelakaan bahkan kehilangan jiwa juga tidak bisa dihindari,"ucapnya.

Launching BPJS ditandai dengan pemberian kartu secara simbolis kepada 10 nelayan yang beberapa diantaranya pengurus dan nelayan binaan HNSI. (PS/REL)

 

Komentar Anda

Terkini: