Kembalikan Kejayaan Kopi Sidikalang, Bupati Dairi Terima Tim Ahli Sertifikasi IG Kememkumham RI

/ Sabtu, 04 Mei 2019 / 04.38.00 WIB




POSKOTASUMATERA-SIDIKALANG-Komitmen mengembalikan kejayaan Kopi Sidikalang, Bupati Dairi Eddy KA Berutu yakin akan dengan komoditi itu akan mensejahterakan warga Kabupaten Dairi yang mayoritas menggeluti sektor pertanian. 

Hal itu dinyatakan Bupati Dairi Dr.Eddy KA Berutu saat menerima tim ahli indikasi geografis (IG) Kementerian Hukum dan Ham RI di ruang kerjanya, Jumat (03/05/2019)Jl.Sm Raja No.127 Sidikalang.

"Saya berharap Sertifikat Indikasi Geografis kopi khususnya Robusta kabupaten Dairi bisa segera terwujud," harapnya.

Dengan sertifikat Pemkab yakin akan membuka pasar yg lebih luas, sehingga akan mendorong hadirnya investasi dan kerjasama dgn berbagai pihak seperti peningkatan kapasitas para pelaku kopi dari hulu hingga hilir, artinya sampai pada tingkat pemasaran produk olahannya.

Diskusi dengan tim ahli diantaranya Dr.Ir.Surip Mawardi didampingi Tarsisius Didiek Taryadi,SH, Gunawan,S.Si berlangsung akrab, membahas penerapan pertanian kopi secara terintegrasi agar dapat diterapkan petani di Kabupaten Dairi.

IG Kopi Robusta Sidikalang di inisiasi oleh Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografi Kopi Robusta Sidikalang (MPIGKRS), melalui ketua H.Sabilal Rajad Maha dan para pelaku dan penggiat kopi Dari hulu sampai hilir di kabupaten Dairi.

Dr.Ir.Surip menyampaikan, Potensi dan budidaya serta industri kopi di Dairi sangat besar. "Ini didukung oleh alam dan iklimnya, " ujar tim ahli yang mengaku sudah megetahui reputasi kopi Sidikalang. 

"Kopi Sidikalang sudah punya reputasi, maka sangat penting dilindungi secara hukum dengan sertifikat Indikasi Geografis, "sebutnya.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Dairi, Rahmatsyah Munthe, SSTP, M.Si menyambut baik kehadiran tim ahli. Dari observasi dan kelengkapan berkas yang diteliti tim, dirinya optimis akan sejalan dengan Komitmen Visi Misi Bupati Dr.Eddy KA Berutu, Akan memperoleh sertifat dimaksud dalam waktu dekat.

"Kita sama sama berdoa, semua kalangan mendukung, pengusaha, petani, penggiat dari hulu ke hilir khusus produk kopi Robusta akan kita peroleh, juga sesuai harapan Pak Bupati komoditi kopi Arabika juga akan kita lengkapi," urainya.

Penggiat Kopi khusus produk kopi Robusta, H.Sabilal Rajad Maha menyambut baik komitmen Bupati Dairi untuk mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang. "Kami mendukung program dan komitmen Pak Bupati kita yang baru supaya usulan sertifikasi kita terkabul," ujar Maha.

Diskusi seputar pertanian khusus kopi di Dairi antara tim ahli dengan Bupati Dairi berlangsung alot untuk merumuskan langkah langkah seputar komitmen mengembalikan kejayaan kopi Sidikalang.

Turut hadir mendampingi tim bertemu Bupati Dairi Kadis Pertanian, Ir.Herlina L.Tobing, juga perwakilan organisasi penggiat pertanian PETRASA Kab Dairi.

Bupati Dairi Dr.Eddy KA Berutu (5 kiri) diabadikan bersama tim ahli IG Kopi Robusta Dari Kemenkumham Dr. SURIP(4kiri), H.Rajad Sabilal Maha((5 kanan),Kadis Perindag Rahmatsyah Munthe,S.STP,MSi beserta rombongan saat bertemu dan diskusi di ruang kerja Bupati Dairi. (PS/K.TUMANGGER).


Komentar Anda

Terkini: