Marwan Fauji Mewakili Kacabdis Pendidikan Sidimpuan Buka Sosialisasi Pengembangan SMK PK Di SMK 1 Marancar

/ Jumat, 29 Juli 2022 / 16.54.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MARANCAR- Kacabdis Pendidikan Sidimpuan yang diwakili Kasi Ketenagaan SMK Cabang Dinas Pendidikan Sidimpuan Marwan Fauji S.Pd membuka secara resmi kegiatan sosialisasi dan kordinasi pengembangan SMK PK (pusat keunggulan) di aula  SMK N 1 Marancar Kamis (29/7).



Pada kesempatan itu Kasi Pendidikan SMK Marwan Fauji menyampaikan titip salam dan permohonan maaf Plt. Kacabdis Pendidikan Sidimpuan Al Benni Hevi Damanik, SP MM tidak bisa hadir dihadapan kita bersama karena mengikuti acara di Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal.  


Marwan Fauji dalam pemaparannya  menyampaikan," saya bangga visi misi SMK N 1 Marancar  yaitu Mewujudkan insan beriman,cerdas dan ber prestasi(berdasi).

Adapun visi  SMK N 1 Marancar yaitu Menciptakan lingkungan budaya belajar yang positif, berprestasi dan berkarakter  kerja. 

Sedangkan MISI Menyelenggarakan sekolah yang Aman, Bersih, Hijau dan Menyenangka, 

Menyelenggarakan pembelajaran  yang dinamis, kreatif, inovasi  dan partisipatif yang dapat mengembangkan ragam potensi peserta didik,

 Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan(content knowledge), keterampilan dan kecakapan hidup (life skills),

Menumbuhkan peserta didik yang disiplin, tanggungjawab, kerja tim work, mandiri, jiwa kepemimpinan, sikap mental yang terbuka dan toleran,

Mempersiapkan lulusan yang mampu menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya dan Menciptakan hubungan yang harmonis dengan mitra industry.


Lebih lanjut disampaikan Marwan Fauji," menyampaikan Program SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja. Sekolah yang terpilih dalam program SMK Pusat Keunggulan diharapkan menjadi rujukan serta melakukan pengimbasan untuk mendorong peningkatan kualitas dan kinerja SMK di sekitarnya.


“Untuk mencapai visi tersebut, keselarasan antara SMK Pusat Keunggulan dengan dunia kerja tidak hanya diwujudkan melalui MoU saja, tetapi harus berlangsung secara mendalam dan menyeluruh,” jelas Marwan Fauji.


Disampaikan sambil kita membina kompeten dan keterampilan anak kita, kita juga harus membina karakter anak kita. Karena untuk bekerja di suatu perusahaan sikap itu lebih penting," ucapnya.


Anak kita banyak keterampilannya, tapi tidak ada ahklak dan susah diatur itu tidak ada gunanya, namun anak anak tidak punya keterampilan tapi mudah diatur," itulah yang diharapkan Perusahaan,' ujarnya.


Kepada Bapak Komite atas kehadirannya diacara ini kami ucapkan banyak terimakasih, karena di kurikulum merdeka belajar sekarang ini adalah sekolah ramah anak. Saya bangga melihat komite sekolah hadir 3 orang di acara ini. Saya berharap komite sekolah dapat mendukung  kualitas Pendidikan di SMK N 1 Marancar ini.


Dengan mengharap ridho Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa dengan mengucapkan Bismilahhrohmanirrohim sosialisasi dan koordinasi pengembangan SMK pusat Keunggulan di SMK N 1 Marancar secara resmi saya buka.


Sebelumnya Kepala SMK N 1 Marancar Afwan Tarihoran menyampaikan,"  Negeri 1 Marancar mengatakan di tetapkan sebagai pelaksanan Program SMK Pusat ke unggulan sesuai dengan Surat keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Nomor : 26/ D/ O /2022. Bidang Agribisnis dan Agroteknologi, Program studi Agribisnis produksi tanaman, Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan. 


Dikatakannya'" dalam surat keputusan tersebut Sekolah penyelenggara Pusat ke Unggulan melaksanakan sosialisasi kepada warga sekolah menengah kejuruan, Dunia kerja, serta pemangku kepentingan terkait lain nya. Serta berdasarkan Surat keputusan Kepala SMK Negeri 1 Marancar, Nomor :800/232/SMKN1/2022, Tentang tim Sosialisasi Program SMK Pusat ke Unggulan SMK Negeri 1 Marancar Tahun 2022. Menetapkan susunan dan personalia panitia pelaksana Tim sosialisasi SMK Pusat ke unggulan SMK Negeri 1 Marancar tahun 2022.


Disampaikannya'" Kurukulum penyelarasan dengan mengedepankan  keselarasan line and made demi menghasilkan lulusan yang  kompetensi yang berkarakter memiliki kerjasama dengan iduka tyyna coffee.

Lebih lanjut disampaikan, untuk penyelarasan dunia industry dan dunia kerja sebagai sekolah penggerak untuk meningkatkan kualitas dengan target pencapaian lulusan yang berkompeten yaitu 40 Persen bekerja dibidang wirausaha, 40 persen dibidang iduka dan 20 persen melanjutkan ke Perguruan Tinggi. 

Sementara Camat Marancar Hj.Rosnanni Pasaribu yang diwakili Sekcam Menyampaikan bahwa  saya kenal dengan Bapak Kepala Sekolah SMK N 1 Marancar sebagai Kepala Sekolah berperestasi. 

Untuk itu saya minta kepada SMK N 1 Marancar untuk bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan khususnya siswa/i Sekolah ini untuk pasukan Pengibaran Bendera Merah Putih untuk Upacara Bendera HUT RI ke 77 di Kantor halaman Kantor Camat Marancar.

Untuk program SMK N 1 Marancar, saya siap menyampaikan program sekolah ini ke Dinas Pertanian Kabupaten Tapanuli Selatan, tolong buat profosalnya saya akan sampaikan ke Dinas Pertanian," ucapnya.

Turut hadir dalam acara ini Kasi Ketenagaan SMK Marwan Fauji, Kepala SMK N 1 Marancar Afwan Tarihoran, 3 orang Komite Sekolah, Sekretarus Kecamatan Marancar, Wakil Kepala Sekolah,  Wartawan, dan guru guru SMK N 1.Marancar.(PS/BERMAWI)





Komentar Anda

Terkini: