Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Muara Batang Toru Dihadiri Anggota DPRD Tapsel H. Mahmud Lubis

/ Kamis, 23 Februari 2023 / 12.06.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun anggaran 2024  Tingkat Kecamatan Muara Batang Toru dihadiri anggota DPRD Tapsel  H. Mahmud Lubis yang bertempat di aula Kantor Camat  Kamis (23/2-2023).


Pantauan awak media online rangkaian acara musrenbang Kecamatan Muara Batang Toru dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan untuk mengambil berkah acara musrenbang RKPD  Tingkat Kecamatan Muara Batang Toru pembacaan doa oleh Alim Ulama Desa Bandar Hapinis Sopyan Hadi Siregar 

Daurut hadir dalam acara tersebut Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Pasaribu S. Pt Yang Diwakili Staf ahli Ibnus Salam, 
, OPD di Jajaran Pemkab Tapanuli Selatan,  Camat Muara Batang Toru  Faisal Chandra Hasan S. Ap M. Si ,Ibu Ketua TP. PKK  kecamatan nyonya Soraya Faisal. Chandra, Kapolsek Batangtoru, Danramil Batangtoru  Kepala Puskesmas Huta Raja, Kepala Desa/Lurah, Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, rekan rekan pers dan undangan lainnya. 

Camat Muara Batang Toru Faisal Chandra Hasan S. Ap M. Si dalam  menyampaikan musrenbang kecamatan merupakan musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang Desa/kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan lintas Desa/Kelurahan di wilayah Kecamatan Muara Batangtoru.


"Musrenbang Kecamatan dilakukan setiap tahun guna membuat dokumen Rencana Pembangunan Kecamatan serta masukan untuk rencana kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Masukan tersebut sebagai dasar penyusunan rencana pembangunan kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwenang sebagai dasar penyusunan rencana kerja SKPD pada tahun berikutnya,” ujarnya.

Yakni hasil musrenbang di tingkat kecamatan ini akan di akomodir di bawa ke tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan, " ujarnya. 

Camat berharap kepada Kepala Desa/Lurah Se-Kecamatan Muara Batang Toru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Karena wajah. Pemkab Tapsel dibawah kepemimpinan Bupati Tapsel ada di Desa/Kelurahan," harap Camat. 

Selanjutnya Anggota DPRD Tapsel H. Mahmud Lubis  menyampaikan kepada peserta musrenbamg  untuk profesional perencanaan itu perlu, saya bangga sebagai Wakil Rakyat dari Kecamatan Muara Batangtoru karena  kucuran anggaran tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan.  

Saya sudah berkomitmen dan duduk bersama  dengan  Bapak Bupati Tapsel H. Dolly Pasaribu  untuk peningkatan anggaran ke Kecamatan Muara Batangtoru," ucapnya.  

Diminta kepada OPD di jajaran Pemkab Tapanuli Selatan untuk menjemput bola program kegiatan yang ada di Kecamatan Muara Batang Toru, " harapnya. 

Seterusnya kepada  Bappeda Tapanuli Selatan  tolong dikawal usulan Jalan menuju ke Pasar Hutaraja dan SMK N 1 Muara Batang Toru karena jalannya cukup memprihatinkan. 

Saya berharap hasil musrenbang  kita prioritaskan untuk peningkatan ekonomi kerakyatan dan pemberdayaan kemasyarakatan Kalau untuk fisik diminta kepada Kepala Desa/Lurah agar diusulkan saja melalui APBD, harap Mahmud Lubis. 

Selanjutnya Wakil Rakyat ini mengkritisi Program masyarakat di lingkar tambang PT.  Agincourt Resources (AR) yang 
belum pernah duduk bersama dengan Pemerintah Desa/Kelurahan  dan Pemerintah Kecamatan.  Tambang hanya bekerja sepihak. 

Seteruanya H. Mahmud Lubis meminta kepada Kepala Desa /Lurah dan Pemerintah Kecamatan agar kolaborasi untuk memikirkan hajatan hajatan di Kecamatan ini untuk kepentingan masyarakat," harapnya. 

Selanjutnya Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Pasaribu SPt MM yang diwakili Staf ahli Ibnus Salam dalam arahannya antara lain menyampaikan," kecamatan Muara Batangtoru ini cukup  strategis yang berbatasan dengan laut Samudra.  

Bupati Tapsel berharap kepala desa/lurah untuk  mengkawal usulan  ini sebelum masuk ke RKPD Kabupaten," ucap Staf ahli.  

Lebih lanjut disampaikannya, emua yang dimasukkan dalam APBD adalah dari hasil musrenbang Desa/kelurahan. Diminta kepada kepala  desa/Lurah agar setiap tahun  untuk melakukan perbaikan termasuk memasukkan kegiatan kegiatan masyarakat.  

Kepada Bapak Ibu yang berasal dari OPD untuk menyampaikan kepada kepala Desa agar menyampailan apa tupoksi Dinas masing masing, apalagi sebagian Kepala Desa yang baru yang butuh masukan masukan," ucap Staf ahli.  

Disampaikannya kepada seluruh  OPD di jajaran Pemkab Tapanuli Selatan  kalau ada musrenbang  tingkat Kecamatan diundang atau tidak diundang harus hadir.  Karena Objek pembangunan itu adalah masyarakat yang ada di desa atau kelurahan.  

Pesan Bupati Tapanuli Selatan Bapak H. Dolly Pasaribu SPt MM untuk  Musrenbang Kecamatan RKPD tahun 2024 yang pertama  harus diupayakan untuk penanggulangan kemiskinan, seterusnya difokuskan kepada Pendidikan," ujarnya.  

Akhirnya dengan mengucapkan Bismilahirranirrohim Musrenbang RKPD tahun 2024 di Kecamatan Muara Batang Toru secara resmi saya Buka.

Acara dilanjutkan BAPPEDA Tapsel  membacakan 43  kegiatan yang dilaksanakan tahun 2023 di Kecamatan Muara Batang Toru dan ekspose dari Peserta musrenbang  dilanjutkan pemaparan OPD untuk tahun anggaran 2024 dan komunikasi timbal balik antara peserta musrebang dengan OPD.   (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: