Pemkab Samosir Terima Penghargaan Dari Komnas PA

/ Rabu, 24 Mei 2023 / 21.42.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Atas kepedulian dan tanggungjawab dalam memberikan perlindungan terhadap anak di Kabupaten Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir menerima penghargaan dari Komnas Perlindungan Anak.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Samosir dan diterima oleh Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom bersama Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (24/05)

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom bersama Wabup Martua Sitanggang didampingi Forkopimda menyambut baik kehadiran Ketua Komnas Perlindungan Anak di Kabupaten Samosir. "Selamat datang di Kabupaten Samosir, Negeri Indah Kepingan Surga, titik awal peradaban suku Batak" kata Bupati Samosir Vandiko menyambut Arist Merdeka Sirait.

Vandiko menyampaikan, kekerasan kepada anak dan kekerasan dalam rumah tangga masih terjadi di Kabupaten Samosir. Hal ini disebabkan beberapa faktor, diantaranya kurangnya pengawasan dalam keluarga, dampak negatif dari sosial media sehingga berdampak buruk.

Mengatasi hal tersebut, telah dilakukan antisipasi, berkomitmen tetap meminimalisir agar tindak kekerasan tidak terjadi lagi dengan sosialisasi UU perlindungan anak. Setiap kami turun ke Desa, perlindungan anak dan KDRT menjadi satu topik sosialisasi kepada anak sekolah dan orangtua, katanya. 

Diakui, banyak laporan yang ditunda masyarakat akibat masalah kekerasan tersebut masih dianggap tabu, banyak keluarga yang enggan melaporkan. Namun kita telah menginstruksikan pembentukan satgas perlindungan anak setiap desa, sehingga ketika ada laporan, tim satgas akan turun terlebih dahulu melakukan pendampingan dan membantu korban.

Dikatakan Vandiko, Pemkab Samosir tetap bekerjasama dengan TNI/Polri dan kejaksaan dalam mengungkap kasus kekerasan terhadap anak dengan tetap menjaga kerahasiaan identitas anak. Sebagai Kabupaten Layak Anak tingkat Pratama, Pemkab Samosir tetap melakukan perbaikan.

"Samosir telah mendapat predikat layak anak tingkat Pratama, mudah-mudahan dengan berbagai perbaikan dan antisipasi Kabupaten Samosir meningkat ke tingkat madya. Sebagai daerah pariwisata, Kabupaten Samosir dapat menjadi pariwisata yang layak Anak dan ramah anak" kata Vandiko.  

Arist Merdeka Sirait mengaku bangga hadir di Kabupaten Samosir, etelah terjun langsung menemui korban dan ternyata Pemkab Samosir telah menempuh berbagai langkah-langkah melakukan pendampingan anak yang menghadapi situasi buruk. 

Arist juga memberikan atensi terhadap langkah yang dilakukan Pemkab Samosir dan berharap upaya tersebut dapat dilanjutkan demi pencegahan kasus kekerasan kepada anak serta pemenuhan kerinduan anak menghadapi situasi buruk. 

Persoalan anak menjadi persoalan yang harus dituntaskan secara bersama-sama, termasuk dengan tokoh adat di Kabupaten Samosir. Kata Arist

Dalam kunjungan Komnas PA ke Kabupaten Samosir, Arist mengunjungi Peabang Kecamatan Sianjur Mulamula dan Desa Cinta Dame Kecamatan Simanindo.

Selain kepada Pemkab Samosir, Ketua Komnas Perlindungan Anak juga memberikan penghargaan kepada Kapolres Samosir, Kejari Samosir dan Dandim 0210/TU sebagai mitra, ikatan dan kerjasama penegakan hukum peindungan anak di Kabupaten Samosir. (PS/PARDIMAN)
Komentar Anda

Terkini: