Dihadiri Camat Angkola Barat, Musdes RKPDESA TA.2024 Desa Sisundung Berjalan Lancar

/ Selasa, 31 Oktober 2023 / 20.40.00 WIB

Kepala Desa Sisundung Kec.Angkola Barat Ikbal Hamdi Lubis SH  Memberikan Pengarahan Kepada Peserta Musdes

POSKOTASUMATERA.COM- Dihadiri Camat Angkola  Barat Muhammad Thohir Pasaribu,S.Sos,  Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDESA) Tahun Anggaran 2024 Desa Sisundung Kecamatan Angkola Barat berjalan lancar yang bertempat di Aula madrasah setempat Selasa (31/8-2023).


Penyelenggaraan  Musdes RKPDESA dibuka oleh Ketua BPD Desa Sisundung  Sutan Dalimunthe dan dihadiri oleh  Camat Angkola.Barat Muhammad Thohir Pasaribu S.Sos, Kepala Desa  Sisundung Ikbal Hamdi Lubis,SH dan Seluruh perangkat Desa,   Ketua BPD, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Tokoh Agama, Kepala Kampung, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Kepala SDN 100108 Sisundung, Ketua PKK Desa, Kader Posyandu,Kader KB dan undangan lainnya.



Kepala Desa Sisundung Ikbal Hamdi Lubis SH  menyampaikan," Musyawarah Desa (MUSDes)Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDESA) Tahun Anggaran 2024 tersebut tujuannya adalah untuk menentukan arah kebijakan Pemerintah Desa Sisundung Kecamatan Angkola Barat, baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan atapun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan tahun depan.

Lebih lanjut disampaikan mengatakan,"  untuk seluruh masyarakat Desa hendaknya bersama-sama, bergotong royong, menjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah Desa sehingga kedepannya nanti Desa  Sisundung bisa menjadi lebih baik dalam sisi Pembangunan, Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan seluruh aspek yang bisa menjadikan Desa Sisundung  bisa lebih  Sehat, Cerdas dan sejahtera sesuai visi misi Bupati Tapanuli Selatan Bapak H.Dolly Pasaribu SPT MM.

Disampaikannya," selalu kita laksanakan setiap tahun musdes  RKPDESA. Untuk musdes ini ada juga perubahan  di  tengah  tahun ini. Kami dari Pemerintah Desa selalu menyampaikan kepada masyarakat apa yang saja Anggaran yang telah ditetapkan Pemerintah Desa beraupa dana desa yang bersumber dari Pusat dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Tapsel.


Desa Sisundung pernah meraih juara 1 Desa Binaan  program PTP2W-KSS se Sumut di bawah kepemimpinan Ikbal Hamdi Lubis SH mengatakan,"  program program kita tahun 2023 yang belum terlaksana antara lain pembuatan jalan rapat beton jalan usaha Tani dari jalan baru, pengadaan MCK, Pembangunan Tembok penahan tanah  di Batu bujur," ujarnya.


Ada juga  Pembangunan Desa kita yang sudah terlaksana berau
Bersumber dari APBD Tapsel seperti dari Dinas Petanian, Dari Dinas Perumahan dan Pemukiman, dari Dinas Pendidikan, Dinas PUPR dan OPD Lainnya.


Lebih lanjut disampaikan Kades," usulan kita semua tidak bisa dicover dari dana desa namun bisa ditampung pada APBD Tapanuli Selatan dari berbagai OPD Pemkab Tapanuli Selatan. 


"Selanjutnya Pendamping Desa Heri Simanjuntak menyampaikan bahwa sumber Anggaran Alokasi Dana Desa ( ADD) yang bersumber dari APBD Tapanuli Selatan hanya untuk membayar honor dan tidak bisa dianggap untuk yang lain.


Harapan kami dari Pendamping  Desa yaitu tolong peserta musdes ini sampaikan apa Rencana yang kita musyawarhkan untuk Penyusunan RKPDESA. Karena saat ini Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDESA)

Ini adalah dasar untuk pembangunan di Desa kita ini. Jadi intinya Muaranya  usulan dari Desa baru bisa diparipurnakan di lembaga legialatif (DPRD)," pungkas Heri.


Atas nama pribadi dan Pendamping desa, saya mengucapkan banyak  terimakasih kepada Pemerintah Desa Sisundung Kec. Angkola Barat atas dilaksanakannya RKPDESA TA.2024 ini dan mudah mudahan acara ini berjalan lancar hingga selesai," harapnya.


Selanjutnya Camat Angkola Barat Muhammad Thohir Pasaribu S.Sos dalam arahannya menyampaikan,"   mari kita usulan program yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, jangan saling  mencari cari kesalahan di Desa ini. Mari kita bersatu padu untuk mendukung  program Pak Kepala Desa, Pak Bupati Tapsel," harapnya.


Seterusnya Camat Angkola Barat mengajak seluruh elemen masyarakat  untuk menghidupkan  kembali budaya gotong royong di Desa ini, saya secara pribadi  menyampaikan bila ada gotong royong di Desa ini tolong undang dan sampaikan ke saya, kami dari Pemerintah Kecamatan akan hadir untuk ikut bergotong royong dan dan akan membantu sekedar makan minum  masyarakat yang bergotong royong," ucap Camat. 

Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDESA) Tahun 2024 berjalan dengan lancar dan terjadi interaksi komunikasi, sharing, diskusi dengan peserta yang hadir dalam musdes tersebut. 


Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah desa menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2024.(PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: