Kalaks BPBD Tapsel Buka Pelatihan Desa Tanggap Darurat Bencana Bagi Relawan Kel. Aek Pining Yang Diinisiasi PT.AR

/ Rabu, 25 Oktober 2023 / 17.09.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Kepala Pelaksana BPBD kabupaten  Tapanuli Selatan  membuka secara resmi Pelatihan Desa tanggap darurat  tahun 2023 yaitu pelatihan SOP dan Uji SOP yang diinisiasi PT Agincourt Resources (AR) kepada kelompok tanggap darurat  Kelurahan Aek Pining Kecamatan Batangtoru bertempat di Kantor Kelurahan Aek Pining Rabu  (25/10/2023).



Dalam sambutan Kepala Pelaksana BPBD Tapanuli Selatan Umar Halomoan Daulay M. Pd  dalam arahannya antara lain menyampaikan," jenis jenis bencana antara lain banjir bandang, gempa, kebakaran hutan dan lahan, petir dan lain sebagainya. Daerah kita memiliki potensi  dataran rendah jadi potensi bencana itu adalah banjir karena yang jelas sifatnya air mengalir dari atas ke bawah. Di daerah batangtoru ada sungai Batangtoru, ada sungai Garoga,dan semuanya bermuara ke laut . 


Untuk itu diharapkan kepada relawan untuk mengantisipasi bencana, mawas diri. Oleh karena itu kami dari BPBD Tapsel atas nama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan sebagai perpanjangan tangan  Pemerintah dalam hal ini  posko penanggulangan bencana  yang memiliki tugas dan fungsi dalam hal penanggulangan bencana alam," ujar Kalaks BPBD Tapsel.


Disampaikannya," lahirnya Desa/Kelurahan tanggap darurat bencana kita berharap muncul ketangguhan masyarakat. Bencana itu tidak bisa kita hindari dan kita prediksi  namun yang  bisa dilakukan adalah mengurangi dampak bencana. Maka kelompok dampak darurat bencana ini diharapkan ada kemandirian ada kesadaran dari kita semua masyarakat. 


Setelah dilatih nanti dari Fasilator READY Indonesia, Kalian sudah terlatih sehingga ada kesadaran, ada kemauan dan skill dalam hal penanggulangan bencana. Bapak/ Ibu kelompok darurat bencana adalah orang orang yang mempunyai hati nurani," pungkas Umar Halomoan Daulay.



“Tentu kita harus pastikan kita semua siap karena ini merupakan standar penting dalam instrumen pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.


“Kita harapkan dengan pelatihan ini memiliki bekal untuk mencegah dan sebagai pionir dalam menghadapi bencana yang dapat datang sewaktu-waktu”, sambungnya.


Kalaks BPBD Tapsel Umar Halomoan Daulay berpesan agar para peserta yang mengikuti pelatihan memiliki nilai sosial yang tinggi.



“Saya yakin kalian yang mengikuti pelatihan ini memiliki jiwa yang tangguh dan berjiwa sosial tinggi,” pungkasnya.


“Orang yang terpanggil dalam menghadapi suatu bencana yang terpenting adalah jiwa sosial tinggi kemudian sekarang bekali dengan keterampilan dalam menghadapi suatu bencana,” tegasnya.


Sementara Lurah Kelurahan Aek Pining Hendra Sakti Siregar kepada awak media online menyampaikan rasa  berterima kasih kepada PT.AR dan BPBD Tapsel  yang telah melaksanakan Pelatihan Desa tanggap darurat yaitu pelatihan SOP dan Uji SOP  bagi kelompok tanggap Darurat bencana Kelurahan Aek Pining.


Lebih lanjut disampaikan Lurah Aek Pining," bahwa program ini sangat membantu warga dalam memahami dan mengimplementasikan proses tanggap darurat. Beliau berharap realisasi program ini memberikan perubahan dan dampak positif bagi warga," harapnya.



Alhamdulillah dengan adanya acara pelatihan  ini saya mengharapkan kedepan untuk kelompok tanggap bencana Kelurahan Aek Pining memiliki kemampuan dalam hal penanggulangan bencana serta dapat membantu masyarakat  bila ada bencana alam," harapnya.


Turut hadir dalam acara tersebut Kepala BPBD Tap - Sel Umar Halomoan Daulyay M.Pd, Camat Batang Toru Yang Diwakili  Sekcam, Mewakili Danramil Batangtoru, Perwakilan PT.AR, penatar Fasilator READY Indonesia Koordinator Fasilitator Husaini , Riki Hendra dan  Yani, Lurah Kelurahan Aek Pining Hendra Sakti Siregar, Staf Kelurahan, Tokoh masyarakat dan undangan lainnya.


Salah satu peserta  M. Harahap dari Desa Kelurahan Aek Pining Kec. Batangtoru merasa bersyukur karena banyak ilmu yang diperoleh dari nara sumber yang sudah profesional dibidangnya. Pemaparan dari Kepala Pelaksana  BPBD  Tapsel akan kami laksanakan demi untuk membantu masyarakat," ujarnya.


Kami Warga masyarakat Kelurahan Aek Pining mengucapkan banyak terima kasih kepada PT
AR dan nara sumber atas terlaksananya acara ini, " ucapnya. 


Selanjutnya dilanjutkan acara  pelatihan yang menghadirkan penatar Fasilator READY Indonesia Koordinator Fasilitator Husaini,  Riki Hendra dan  Yani di Kantor Kelurahan Aek Pining Kecamaran Barangtoru.(PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: