Bupati Tapsel Buka Festival Seni Budaya Antar Pelajar Meriahkan Hari Jadi Ke 73 Kabupaten Tapanuli Selatan

/ Selasa, 14 November 2023 / 20.26.00 WIB

Bupati Tapsel Diwakili Sekda  Sofyan Adil SP MM membuka Festival Budaya Antar Pelajar Se -Tapsel


POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Bupati Tapanuli Selatan H.Dolly Pasaribu SPT MM diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Tapanuli Selatan Sofyan Adil SP MM  dalam arahannya antara lain menyampaikan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan  mengucapkan  terimakasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli  Selatan sebagai panitia yang telah menyelenggarakan acara Festival seni dan budaya antar pelajar  dengqn harapan kegiatan ini bisa terus dilaksanakan di tahun tahun kedepannya," harapnya.


Demikian disampaikan Sekda Tapsel Sofyan Adil SP MM saat membuka acara  Festival Seni Budaya Antar Pelajar Meriahkan Hari Jadi Ke 73 di lapangan Sepak Bola SMPN 1 Angkola Timur Desa Pargarutan Tonga Selasa (14/11-2023).



Disampaikan," pembangunan berkelanjutan ini tidak hanya pembangunan fisik tapi juga pembangunan sumber daya manusia (SDM)  dan juga kearifan kearifan lokal yang ada di Tapanuli Selatan. Untuk terus melestarikan Adat budaya ini Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan juga sudah mengumpulkan kampung keserasian sosial atau kerukunan umat beragama yang  kita wacanakan di Sipirok," ujarnya.



Begitu juga dengan  wacana kita untuk menggitalisasi aksara angkola. Itulah upaya Pemkab Tapanuli Selatan untuk melestarikan budaya Tapanuli Selatan, semoga Adat budaya ini bisa kita Lestarikan, dan bermanpaat secara ekonomi dan juga bisa menumbuhkan adab bagi anak anak pelajar kita ini," ungkap Sekda Tapanuli Selatan.



Pada kesempatan ini kami juga menyarankan kepada panitia kalaulah bisa jangan perilaku yang kita lestarikan tapi aksara angkola itu kita lestarikan," pungkasnya.


Diharapkan untuk tahun depan agar dibuat lomba menyurat atau lomba dongeng secara tertulis menggunakan aksara angkola," harap Sekda Tapsel.



Pemkab Tapsel dibawah kepemimpinan.Bupati H.Dolly Pasaribu SPt MM dalam mewujudkan masyarakat Yang sehat, cerdas dan sejahtera  terus menjalin  komunikasi dengan Menko PMK  yaitu bagaimana melestarikan  dan mengembangkan aksara ini. Semoga nanti bisa secara digital aksara angkola ini kita wujudkan dan bisa kita aplikasinya melalui HP. Itulah wacana kita untuk tetap melestarikan Adat yang ada di Tapanuli Selatan," harap Sekda.



Lebih lanjut disampaikannya,"  Semoga festival ini bisa terus dikembangkan dan menjadi agenda tahunan di Pemkab Tapsel. Festival ini diharapkan  jangan hanya dilaksanakan pada acara HUT Tapsel saja," harap Sekda. 


"Acara pembukaan Festival Seni Budaya Antar Pelajar Meriahkan Hari Jadi Ke 73 Kabupaten Tapanuli Selatan ditandai dengan pemukulan gong Oleh Sekda Tapanuli Selatan Sopyan Adil SP MM didampingi  Kadis Pendidikan Tapsel Arman Pasaribu S. Sos M. Siyang diwakili Kabid Kebudayaan Hotma Rido Ranto Siregar S. Ag,  Camat Angkola Timur Cos Riady Siregar SH MM yang diwakili Sekcam Arlin Efendi Siregar S.Sos,  Ketua Forkala, Ketua Dewan Kesenian Tapsel, Kepala.Sekolah  dan undangan lainnya.

Kadis Pendidikan Tapsel diwakili Kabid Kebudayaan Hotma Rido Ranto Siregar S.Ag M.Si

"Sebelumnya Kadis Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan Arman Pasaribu S. Sos M. Si diwakili Kabid Kebudayaan Hotma Rido Ranto Siregar S. Ag menyampaikan kegiatan festival budaya Tapsel ini dilaksanakan dalam rangka mewujdlqn visi misi Pemkab Tapsel dibawah kepemimpinan Bupati H.Dolly Pasaribu SPT MM dan memeriah Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Selatan yang ke 73. 


Kegiatan festival ini dilaksanakan dengan tujuan  untuk menggali minat dan bakat siswa/i yang ada di Tapanuli Selatan sehingga memiliki karakter sebagai implementasi merdeka belajar (P5) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila," beber kordinator Festival Budaya antar Pelajar Se-Tapsel. 



Diharapkannya, " selesai acara ini muncul  siswa/i  yang mampu melakukan gerakan gerakan revitalisasi bahasa daerah," pungkas mantan Komisioner KPU Kota Padangsidimpuan. 


Lebih lanjut disampaikan Hotma Rido Ranto Siregar S. Ag M. Si bahwa acara festival budaya ini dilaksankan 6 (enam)  hari yang bertempat di Lapangan Sepak bola SMPN 1 Angkola Timur. 


Disampaikan rangkaian kegiatan yaitu 3 (tiga)  hari festival tor tor,  onang onang, berbalas pantun dan makkobar. Kemudian 3 (tiga)  hari lomba puisi, berbahasa daerah,  lomba tari kreasi tingkat SD/MIN, Tingkat SMP/MTs Se-Kabupaten Tapanuli Selatan. 


Seterusnya Kordinator Featival Budaya Antar Pelajar Hotma Rido Ranto S.Ag M. Si ,"  meminta kepada Bapak Sekda Pemkab Tapanuli Selatan Sofyan Adil SP MM  untuk memberikan bimbingan sekaligus membuka acara Festival Seni Budaya Antar Pelajar Meriahkan Hari Jadi Ke 73 Kabupaten Tapanuli Selatan secara resmi.



"Pantauan awak media online sebelum acara pembukaan Festival Seni Budaya Antar Pelajar Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Tapanuli Selatan yang ke 73, Sekda Tapsel Sopyan Adil SP MM  dan rombongan disambut upacara tradisi adat Tqpanuli Selatan yakni mengulosi Sekda dengan Kain Adat Tapanuli Selatan diiringi Makkobar dan onang onang dari Pintu masuk  lokasi  dan dipagar betis Pelajar SD kiri kanan jalan  sampai ke Lokasi Acara.



Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Pasarinu SPt MM yang diwakili Sekda Sopyan Adil SP MM, Kadis Pendidikan Tapsel Arman Pasaribu S. Sos M. Si yang diwakili Kabid Kebudayaan Hotma Rido Ranto Siregar S.Ag, M.Si,  Camat Angkola Timur Cos Riady Siregar SH MM yang diwakili Sekcam Arlin Efendi Siregar S.Sos,  Ketua Forkala Tapsel Sutan Soripada Mulia Harahap, Ketua Dewan Kesenian Tapsel Drs.  Fajaruddin Tanjung,  Kepala Sekolah SD/MI/SMP/MTs, Sejumlah awak media dan peserta lomba.(PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: