Dinkes DS Sosialisasi Pengelolaan Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu

/ Selasa, 28 November 2023 / 14.20.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA.COM-DELISERDANG-Dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM)  yang profesional  dalam menjalan kan tugas di bidang kesehatan, Dinas kesehatan kabupaten Deli Serdang ,adakan sosialisasi peningkatan sistem pengelolaan penanganan gawat darurat terpadu di setiap Rumah sakit dan puskesmas di Deli Serdang..


Kegiatan sosialisasi ini di adakan di Wings Hotel jalan arteri bandara kuala namo pada  Selasa (28/11/2023) .yang di hadiri  oleh seluruh kepala Puskesmas ,se Kabupaten Deli Serdang, para dokter dan tenaga kesehatan (nakes).

Acara sosialisasi ini di bawakan langsung oleh kadis kesehatan kabupaten Deli Serdang , Dr Asri Ludin tambunan M.Ked.Sp.Pd, di hadapan 89 undangan ,kadis kesehatan memaparkan program  (SPGDT) sebagai berikut.:

Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu  (SPGDT), adalah sebuah sistem penanggulangan pasien gawat darurat yang terdiri dari unsur, pelayanan pra rumah sakit, pelayanan di rumah sakit dan antar rumah sakit. Pelayanan  berpedoman pada respon cepat yang menekankan pada time saving is life and limb saving yang melibatkan pelayanan oleh masyarakat awam umum dan khusus, petugas medis, pelayanan ambulans gawat darurat dan sistem komunikasi.  

SPGDT dibagi menjadi 2 yakni :

SPGDT sehari-hari yaitu rangkaian upaya pelayanan gawat darurat yang saling terkait yang dilaksanakan ditingkat pra rumah sakit, di rumah sakit, antar rumah sakit dan terjalin dalam suatu sistem, bertujuan agar korban/pasien tetap hidup SPGDT bencana adalah kerja sama antar unit pelayanan pra rumah sakit dan rumah sakit dalam bentuk pelayanan gawat darurat terpadu sebagai khususnya pada terjadinya korban massal yang memerlukan peningkatan (eskalasi) kegiatan pelayanan sehari-hari. Bertujuan untuk menyelamatkan korban sebanyak-banyaknya.

DAlam pernyataan nya , Dr Asri Ludin tambunan , yang juga di dampingi anggota dewan DPRD kabupaten Deli serdang dari prediksi PKS ,HM Darwis Batu bara,  mengajak semua kalangan untuk berpranserta  mendukung program tersebut demi tercapainya Deli Serdang jaya dan sistem kesehatan yanng terintegrasi.
Deli Serdang. (PS/P Limbong)
Komentar Anda

Terkini: