Membanggakan! Kelurahan Aek Pining Menjadi Juara 1 (Satu) Kelurahan Terbaik Tingkat Kab.Tapanuli Selatan.

/ Jumat, 24 November 2023 / 18.49.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Membanggkan, Kelurahan Aek Pining  Kecamatan Batangtoru menjadi Juara 1 (Satu) Kelurahan Terbaik tingkat Kab.Tapanuli Selatan.



Penilaian Perlombaan Kelurahan Terbaik Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan  diumumkan pada hari ini Jumat ,24 November 2023 di halaman parade Kantor Bupati Tapsel Sipirok. 

Sebanyak 14 Kelurahan dari perwakilan masing masing kecamatan yang ada di kabupaten Tapanuli Selatan mengikuti lomba Kelurahan terbaik tersebut. Dari Kecamatan Batangtoru diwakili oleh Kelurahan Aek Pining untuk berpartisipasi mengikuti kegiatan yang diadakan oleh tim penilai dari kabupaten yang disupervisi bagian tata pemerintahan yang membidangi pemerintahan Kelurahan.



"Demikian disampaikan Lurah Aek Pining Kecamatan Batangtoru Hendra Sakti Siregar usai menerima Hadian dan uang pembinaan kepada awak media online di Sipirok Jum'at (24/11-2023).



Disampaikan," Penilaian mencakup berbagai aspek antaralain kerapian,keindahan dan kebersihan kantor juga mengenai administrasi kantor lurah dan PKK serta kegiatan posyandu.Saat dinilai pada hari Senin,13 November 2023 di Kantor Lurah Aek Pining dihadiri oleh perangkat kelurahan yaitu ketua LPMK,para Kepling,operator kelurahan, PKK Kelurahan dan juga kader posyandu.


 Dari Keamanan dan Ketertiban dihadiri oleh Babinsa kelurahan Aek Pining.Tim Penilai dari Kabupaten yang berhadir untuk mengadakan penilaian yaitu: Sekretaris Dinas PMD, Bagian Tata Pemerintahan, PKK Kabupaten,Dinas Lingkungan Hidup dan Sekretaris Kecamatan Batangtoru," ujarnya.




Disampaikan," rangkaian acara diawali dari kata sambutan dari tim penilai dilanjutkan dengan presentasi oleh Lurah Aek Pining Hendra Sakti Siregar yang memberikan penjelasan tentang gambaran umum kelurahan Aek Pining serta memaparkan inovasi yang telah dilaksanakan yaitu digitalisasi kelurahan. 


Selanjutnya Tim Penilai juga mengadakan tanya jawab sekitar permasalahan di kelurahan,PKK,posyandu dan juga UMKM. Setiap peserta yang diundang dalam proses penilaian tersebut secara antusias mengikuti interaksi dan tanya jawab dengan tim penilai," pungkas Hendra Sakti Siregar.



"Tim penilai kabupaten sudah menuntaskan kegiatan penilaian di 14 kelurahan yang mengikuti perlombaan.Tanpa adanya rekayasa penilaian karena setiap kelurahan dikunjungi satu persatu langsung melihat kenyataan yang ada dilapangan, terlihat jelas kekurangan serta kelebihan dari masing masing kelurahan," ucap Lurah Aek Pining.


Lanjutnya," apabila ada kekurangan diberikan masukan dan saran dan jika mempunyai kelebihan untuk dipertahankan dan ditingkatkan lagi.



Bertempat di Kantor Bupati Tapsel bertepatan pada acara upacara HUT Tapsel dihalaman parade diumumkan pemenang hasil lomba Kelurahan Terbaik tingkat Kabupaten oleh panitia yaitu: 

Juara 1 Kelurahan Aek Pining Kecamatan Batangtoru, Juara 2 Kelurahan Pasar Sempurna Kecamatan Marancar, Juara 3 Kelurahan Tapian Nauli Kecamatan Angkola Selatan,Juara Harapan 1 Kelurahan Sayur Matinggi, Juara Harapan 2 Kelurahan Arse Nauli,Juara Harapan 3 Kelurahan 


Piagam Penghargaan dan hadiah pembinaan diserahkan secara langsung oleh Bupati Tapanuli Selatan  Bapak H.Doly Putra Parlindungan Pasaribu,S.Pt,MM seraya mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang.


Dengan adanya penilaian ini diharapkan bisa menambah motivasi dan semangat  rekan rekan aparat Kelurahan  Aek Pining untuk memajukan pelayanan Kelurahan terhadap masyarakat untuk mendukung visi misi kabupaten yaitu Sehat, Cerdas dan Sejahtera ," ujar Lurah.


Semua itu berkat kerja sama dan dukungan semua komponen yang ada di lingkungan pemerintah kelurahan  Aek Pining, dan berkat support dari Bupati  Tapanuli Selatan H.Dolly Pasaribu yang selalu menguatkan kami untuk banyak berbuat sebaik-baiknya karena bisa memberikan kemanfaatan bagi orang lain,” ucap Lurah Aek Pining.



Diakuinya, keberhasilan kelurahan Aek Pining yang tak kalah pentingnya karena menjunjung tinggi azas kebersamaan dan kekompakan dan selalu jadi titik pembinaan kepada seluruh perangkat di kelurahan Aek
 Pining dan itulah yang kami kuatkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.


“Dengan adanya kekompakan dan kebersamaan,maka keberhasilan dapat kita raih, memang kita implementasikan di kelurahan Aek Pining dan hal itu sering disampaikan Pak Bupati dalam setiap momen,” ujarnya.(PS/BERMAWI)





Komentar Anda

Terkini: