Sekda Kampar di Kukuhkan Sebagai Pengurus Forsesdasi Komwil Riau Tahun 2023.

/ Sabtu, 25 November 2023 / 11.03.00 WIB


 
POSKOTASUMATERA. COM.PEKAN BARU - - Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Hambali, SE, M,B,A, MH dikukuhkan sebagai Pengurus Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Komisariat Wilyah (Komwil) Kabupaten /Kota se-provinsi Riau tahun 2023.

Hadir dalam pengukuhan Forsesdasi Provinsi Riau diantaranya Sekretaris Jenderal Kemendagri DR. H. Suhajar Dewantoro, M, Si, Plt. Gubernur Riau yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF . Haryanto, seluruh Sekretaris Daerah Provinsi Riau. Kegiatan itu digelar di Ballroom Hotel Grand Elite Pekanbaru. (24/11)
 dimana untuk Ketua umum Forsesdasi dijabat oleh Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indrapomi Nasution. 

Sekretaris Daerah Kampar Hambali, SE, M,BA, MH yang menjabat Bidang Hukum dan Politik Forsesdasi  ketika ditemui usai dikukuhkan menjelaskan sebagaimana kita ketahul bahwa Komisariat Wilayah FORSESDASI Provinsi Riau telah dibentuk melalui Rapat Pembentukan Pengurus Komwil Forsesdasi Provinsi Riau

Hambali melanjutkan Rapat pembentukan itu dilaksanakan pada 13 Juli 2022 yang lalu dan telah ditetapkan dengan Surat Keputusan Gubernur Riau selaku Dewan Pengawas Provinsi Riau Nomor : 01/DPWForsesdasi/2022,tanggal 13 Juli 2022 Tentang Pengangkatan Pengurus Komisariat Wilayah Kah Kota se Provinsi Riau Periode 2022-2023.

Tentunya dengan organisasi baru ini dapat memperjuangkan kepentingan yang berkaitan tugas dan fungsi selaku Sekretaris Daerah untuk mewujudkan kemajuan dan kepentingan Kampar sendiri serta menjadi komunikasi yang efektif dalam membangun daerah " Tutup Hambali

Dalam arahannya Sekretaris Jenderal Kemendagri DR. H. Suhajar Dewantoro, M, Si, menyampaikan Pengurus Komisariat Wilayah Forum Sekretariat Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI) dibentuk sebagai wadah strategis bagi seluruh Sekretaris Daerah berpartisipasi aktif dalam perumusan kebijakan nasional yang terkait dengan pemerintahan daerah, sekaligus menjadi sarana saling bertukar pengalaman dan bertukar Informasi dalam rangka Melaksanakan “Visi Misi Kepala Daerah.

Ia juga menambahkan sebagai kepala daerah kebijakan dan program- programnya, DR. H. Suhajar Dewantoro, M, Si, juga  mengungkapkan bahwa yang utama tugas Sekda salah satunya adalah merumuskan dan menjamin terlaksananya kebijakan kepala daerah, artinya kebijakan program-program yang  sifatnya politis. 

“Itu dirumuskan ke dalam langkah kerja konkrit di birokrasi, tentu ini sangat sinergi yang kuat kepala daerah baik Gubernur, Bupati / Walikota kedepan. Sekalipun kita tahu 2024/ 2025 ini adalah masa transisi untuk Pilkada, tetapi siapapun pejabat  ataupun yang masih mengemban itu tentunya ini berkontribusi terhadap kebijakan – kebijakan kepala daerah di daerah masing- masing dan juga secara umum Kaltim,” ungkapnya.

Sementara itu Plt. Gubernur Riau yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF . Haryanto juga mengatakan dirinya menyambut baik dibentuk dan dikukuhkannya Kepengurusan Komisariat wilayah (KOMWIL) FORSESDASI Provinsi Riau sebagaimana Visi FORSESDASI yang tertuang dalam anggaran dasar yakni : “Bersatu Padu Menuju Aparatur Profesional Dalam Rangka Mewujudkan Otonomi Daerah “. 

SF Haryanto juga menjelaskan dengan 5 (lima) Misi yakni : Pemersatu NKRI: Berpartisipasi dalam perumusan kebijakan nasional dibidang penyelenggaraan pemerintahan daerah: melaksanakan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan simplikasi antar strata pemerintahan dan antar daerah: berperan aktif dalam mewujudkan otonomi daerah, dan mengelola sumber daya aparatur secara professional. 

Ia juga menyampaikan dengan Visi dan Misi FORSESDASI tersebut kami berkeyakinan bahwa forum Komisariat Wilayah FORSESDASI yang dikukuh saat ini para Sekretaris Daerah Kab/Kota mampu mendukung dan mensukseskan tugas-tugas terutama dalam penerapan kebijakan pemerintah pusat terkait Reformasi Birokrasi, Pengentasan Kemiskinan, peningkatan Investasi, Intervensi Stunting, Penggunaan produksi dalam Negeri, serta akselerasi digitalisasi administrasi erintah dengan membangun konektivitas dan singkronisasi dengan pemerintah pusat.

Diakhir arahannya tantangan saat ini bagaimana mendiskusikan isi isu strategis seperti : penanganan tenaga honorer, penyetaraan jabatan, penyederhanaan struktur organisasi, mendorong terlaksananya Core Value ASN Ber-AKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) serta netralitas dan partisipasi ASN dalam menyukseskan Pemilu.

Sementara itu Ketua Forsesdasi Provinsi Riau Indra Pomi menyampaikan ungkapan terima kasihnya atas di tunjuknya ia sebagai ketua Forsesdasi Provinsi Riau, "suatu Kehormatan bagi saya karna sudah di peecaya menjadi ketua Forsesdasi Provinsi Riau, saya akan mengemban amnah ini sebaik mungkin" Ujar Indra Pomi.(PS/NURMAN) 

Komentar Anda

Terkini: