Melalui Pojok Pemilu, Kapolsek Batangangkola Ajak Panwascam Dan PPK Bekerja Sesuai Tupoksi Masing Masing

/ Rabu, 13 Desember 2023 / 21.51.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEl-Wujudkan Pemilu yang aman dan kondusif Polres Tapanuli Selatan Polsek Batangangkola, Koramil 18 Batangangkola,PPK untuk 5 Kecamatan dan Panwaslu  untuk 5 Kecamatan  di Wilayah Hukum Polsek Batangangkola melaksanqkan rapat kordinasi  melalui media center  pojok Pemilu  sebagai sarana bertukar informasi sekali sebulan.


Kegiatan rapat koordinasi ini, dilaksanakan di Kantor Panwascam Kecamatan  Batangangkola  desa Sidadi I Rabu (13/12/2023). Kapolres Tapanuli Selatan  (Tapsel)  AKBP Imam Zamroni, melalui Kapolsek Batangangkola AKP Raden Saleh Harahap, S.H,  mengatakan bahwa rapat koordinasi ini untuk mengetahui apa tugas dan tanggungjawab pelaksana pengawas Pemilu (Panwaslu) dan PPK  sebagai penyelenggara Pemilu," ujarnya.


Dengan rapat ini, kita ingin mengajak semua anggota Panwascam untuk bisa melakukan pengawasan secara maksimal. Sehingga saat Pemilu tidak terjadi adanya pelanggaran,” Kata Kapolsek.
 
Dalam rapat ini, Kapolsek juga berpesan kepada seluruh Anggota Panwas dan Pengawas Kelurahan Desa (PKD) berperan aktif untuk memonitor kegiatan warga masyarakat selama tahapan kampanye yang sesuai jadwal mulai tanggal 28 Nopember 2023 s/d 10 Pebruari 2024. Panwascam juga diminta wajib memberikan pemahaman dan melakukan pengawasan terhadap Tim Partai maupun Calon serta warga masyarakat terkait kegiatan Kampanye baik itu pemasangan APS/APK ditiap tiap Desa sesuai dengan ketentuan.
 

"Selain itu, seluruh penyelenggara Pemilu 2024 harus Netral dan tidak boleh melibatkan diri baik secara langsung maupun tidak langsung atau menjadi Tim Pemenang salah satu Partai maupun Calon, tidak jadi provokator. Diminta kepada Panwascam agar mengantisipasi sekecil apapun pelanggaran Pemilu, dan bila mana terjadi segera dilapor kepada Ketua Panwascam secara berjenjang ke Bawaslu Kab. Tapanuli Selatan agar dapat diambil langkah-langkah selanjutnya.
 
“Agar dipahami larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan selama Tahapan Pemilu. dan ini merupakan tanggungjawab kita bersama,” Katanya.
 

Kapolsek Batangangkola AKP Raden Saleh Harahap SH sebagai nara sumber pada acara Rapat Lintas Sektoral mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk sebagai wadah tempat saling bertukar informasi membahas apa yang menjadi kendala kendala di Panwascam maupun PPK agar  terciptanya  situasi aman dan kondusif saat pemilu tahun 2024 nanti.


Lebih lanjut disampaikan Kapolsek Batangangkola," Wadah ini dibangun agar tidak ada hambatan  setiap tahapan pelaksanaan pemilu tahun 2024 sampai pada hari Pemungutan Suara pada Tgl 14 Februari 2024.


Harapan kita  Pemilu berjalan aman dan lancar dan tidak ada hambatan pelaksanaan tahapan  Pemilihan Umum  dan  Pilpres. Sebagai pengawas Pemilu Tahun 2024  Panwascam sebagai Pengawas,TNI POLRI sebagai pengawas dan  pengaman yang harus netral dan PPK Penyelenggara Pemilu," ujar Kapolsek Batangangkola.



Saat ini Panwaslu Kecamatan sebagai perpanjangan tangan Bawaslu Tapanuli Selatan bersama POLRI   sudah melaksanakan  pengawasan pada tahapan  masa kampanye," pungkas AKP Raden Saleh Harahap SH. 


Selanjutnya tahapan saat ini juga KPU proses  perekrutan KPPS  dan diharapkan  penyelenggaranya dicari orang orang yang mau bekerja dan tahu dia apa yang dikerjakannya," harapnya.

Ketua Panwascam Batangangkola Nagori Harahap menyampaikan terimakasih kepada  Kapolsek Batangangkola Bapak AKP Raden Saleh Harahap SH yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada Panwascam dan PPK dalam rangka menciptakan pemilu yang aman dan kondusif. Pesan pesan Bapak Kapolsek akan kami jalankan sampai ke Panwas Kelurahan Desa (PKD)," ujarnya.


Turut hadir dalam acara tersebut  Kapolsek Batangangkola AKP Raden Saleh Harahap, Kanit Reskrim, Kanit Intel, Bhabinkamtimbas, Danramil 11 Batangangkola diwakili Sertu Muhammad Muin Dalimunthe, dan Serda Abdul Karim  Daulay, Ketua dan Sekretaris Panwaslu 5 Kecamatan Dan Ketua Dan Sekretaris PPK  untuk 5 Kecamatan di wilayah Hukum Polsek  Batangangkola yaitu Kecamatan Batangangkola, Kecamatan Muaratais,Kecamatan Sayurmatinggi , Kecamatan Tano Tombangan Angkola dan Kecamatan Angkola Selatan.(PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: