Pukesmas Banda Sakti Terus Berbenah dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat

/ Kamis, 18 Januari 2024 / 09.30.00 WIB
Pukesmas Banda Sakti Kota Lhokseumawe 

POSKOTASUMATERA.COM | LHOKSEUMAWE  - Pukesmas Banda Sakti Kota Lhokseumawe terus melakukan inovasi baru dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyaraka, dengan pelayanan yang baik diharapkan mampu memberikan indek kepuasan masyarakat ketika melakukan pengobatan dan konsultasi di semua poli yang telah disiapkan. 


Pelayanan yang baik dan humanis menjadi program kerja kami di tahun 2024 ini, dalam menciptakan kenyamanan bagi masyarakat ketika berobat. Pelayanan yang prima diharapkan dapat memberikan stigma positif di tengah tengah masyarakat kota Lhokseumawe.


Demikian disampaikan oleh dr. Ferdian Subhan Kepala Puskesmas Banda Sakti kepada Poskota dalam satu pertemuan di kantor Walikota Lhokseumawe baru baru ini. 


Dikatakan Ferdian Subhan, tugas kami di Puskesmas selaku suatu kesatuan organisasi fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat disamping memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kota Lhokseumawe dalam bentuk kegiatan pokok.

 

Sedangkan Fungsi Puskesmas itu sendiri, lanjut dr. Subhan ada beragam, mulai dari Fungsi Pokok yaitu sebagai Pusat pengerak pembangunan berwawasan kesehatan Pusat pemberdayaan masyarakat dan keluarga dalam pembangunan kesehatan dan sebagai pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama.

 

Disamping itu, Puskesmas juga sebagai lembaga kesehatan yang menjangkau masyarakat diwilayah terkecil dalam hal pengorganisasian

masyarakat serta peran aktif masyarakat dalam penyelenggaraan kesehatan secara mandiri

 

Cara-cara yang ditempuh untuk meningkatkan kesehatan masyarakat adalah dengan  Merangsang masyarakat termasuk swasta untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka menolong diriny sendiri. Memberikan petunjuk kepada masyarakat tentang bagaimana menggunakan sumber daya secara efisien dan

efektif.


Memberikan bantuan teknis, memberikan pelayanan kesehatan langsung kepada masyarakat, kerjasama lintas sektor serta bersinergi dengan semua pihak yang terlibat langsung dalam kegiatan peningkatan kesehatan masyarakat di Pemerintahan Kota Lhokseumawe, ungkap dr. Ferdian.

Akreditasi Puskesmas Banda Sakti 

Sebagai mana di ketahui kepala Pukesmas Banda Sakti mempunyai tugas yang menjadi prioritas utama dalam hal Keberlangsungan pelayanan kesehatan. Diantaranya tugas yang melekat dqlam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen, bimbingan dan supervisi.

 

Sebagai penggerak pembangunan kesehatan di tingkat kecamatan, sebagai tenaga ahli pendamping Camat, mengkoordinir dan bertanggung jawab terhadap semua kegiatan

di Puskesmas. Melakukan pengawasan melekat bagi seluruh pelaksanaan kegiatan program dan pengelolaan keuangan.

 

Mengadakan koordinasi dengan Camat dan Lintas Sektoral dalam upaya pembangunan kesehatan di wilayah kerja Kecamatan Banda Sakti. Menjalin kemitraan dengan berbagai pihak dan masyarakat dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

 

Menyususn perencanaan kegiatan Puskesmas dengan dibantu oleh staf Puskesmas. Memonitor dan mengevaluasi kegiatan Puskesmas. Melaporkan hasil kegiatan program ke Dinas Kesehatan Kota, baik berupa laporan rutin maupun khusus dan membina petugas dalam meningkatkan mutu pelayanan .

 

Semua tugas Kapus diatas, juga tidak terlepas dari tugas maksimal Unit Tata Usaha yang Merencanakan dan mengevaluasi kegiatan di unit TU, mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di unit TU, menggantikan tugas Kepala Puskesmas bila Kepala Puskesmas berhalangan hadir serta menyelenggarakan rapat di tingkat puskesmas.

 

Dibidang kepegawaian kata dr. Ferdian, juga berperan aktif membuat laporan kepegawaian (Absensi, bezzeting, DUK, laporan triwulan, tahunan ,dsb.). Membuat DP 3 yang sudah di isi nilai oleh Atasan Langsung, Mendata dan mengarsipkan file pegawai.

 

Mengusulkan cuti dan kenaikan pangkat, Mengusulkan tunjangan pegawai ( Penyesuaian Fungsional, Baju, dan lain-lain) Merekap Absensi ( Ijin, Cuti, Sakit ) Membuat Absensi Mahasiswa/siswa yang praktek di Puskesmas, Membuat perencanaan untuk pengembangan kualitas SDM, staf puskesmas, Menyusun daftar pembagian tugas untuk staf puskesmas dengan persetujuan kepala puskesmas.

 

Berkaitan dengan Data dan Simpus, Pukesmas Banda Sakti selalu mengumpulkan dan mengecek laporan puskesmas sebelum dikirim ke dinas kesehatan, menyajikan laporan dalam bentuk visualisasi data , mengidentifikasi masalah program dari hasil visualisasi, data dan menyerahkan hasilnya kepada koordinator perencanaan dan penilaian.

 

Bersama-sama team data dan informasi menyusun semua laporan puskesmas (PTP, minilok, Lap. Tahunan, Stratifikasi, dsb.). Pencatatan dan pelaporan yang bertanggung jawab terhadap pengentrian dan pemeliharaan

system simpus.


SP2TP (Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas) yaitu mengkoodinir seluruh laporan puskesmas dan melaporkannya ke

Dinas Kesehatan, membantu kepala Puskesmas dalam pengelolaan data. Membantu petugas dalam pengelolaan data di unit masing- masing.


Profil Puskesmas yaitu Membuat profil puskesmas setiap tahunnya sesuai pedoman yang ada. Mengarsipkan dan melaporkan kedinas kesehatan secara berkala

 

Logistik yaitu dengan menyusun perencanaan dan evaluasi, penerimaan dan pengeluaran logistik, pengecekan terhadap keadaan logistik (registrasi barang, KIR, dll), demikian terang dr. Ferdian Subhan Kepala Puskesmas Banda Sakti. (ADV).

Komentar Anda

Terkini: