Tingkatkan Kapasitas Institut Dan SDM, Bupati Samosir Teken MoU Dengan USU

/ Kamis, 18 Januari 2024 / 15.36.00 WIB


POSKOTASUMATERA COM-SAMOSIR - Untuk peningkatan kapasitas institut dan sumber daya manusia di Kabupaten Samosir, Bupati Samosir bersama Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan penandatanganan kesepakatan bersama  (MoU), Rabu (17/01) di Ruang Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) USU. 

Adapun kesepatakan bersama yang berlaku selama 5 tahun kedepan itu meliputi bidang pendidikan dan pelatihan, kesehatan, pertanian, perikanan dan  peternakan, bidang pariwisata, perindustrian dan perdagangan, penelitian dan pengembangan serta permukiman dan prasarana wilayah.

Bupati Samosir Vandiko Gultom mengatakan kerjasama dengan USU merupakan perpanjangan dari tahun sebelumnya. Kesepakatan ini kita anggap sangat penting dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat karena sudah terbukti dengan penempatan mahasiswa KKN USU di Kabupaten Samosir, membawa dampak yang baik bagi masyarakat. Mahasiswa KKN dari USU banyak membantu bagaimana dalam meningkatkan kemandirian masyarakat, menggali  potensi bahkan membangun situs website desa. 

Namun untuk sekarang bidang-bidang kerjasama bertambah, dengan harapan terjalin sinergitas yang lebih baik dalam percepatan pembangunan Samosir yang nantinya akan mengkolaborasikan dan mensinergitaskan  birokrat dengan para akademisi. Jelasnya. 

Bupati Samosir juga membuka peluang seluas-luasnya kepada USU untuk menjadikan Samosir sebagai tempat kajian-kajian yang tentu akan berdampak baik bagi perkembangan Kabupaten Samosir. Kita berharap USU lebih banyak lagi membantu Samosir memberikan masukan, saran dan juga pengetahuan. 

Rektor USU, Prof.Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M. Si mengaku senang atas MoU yang disepakati dapat membawa perubahan yang lebih baik dikalangan masyarakat Samosir salah satunya atas kedatangan mahasiswa KKN USU.

Untuk kedepannya kata Muryanto, perlu kesepakatan program prioritas sehingga terkoneksi dengan program yang sudah direncanakan di Kabupaten Samosir. "Apa yang penting bisa kami support termasuk mengalokasikan pendanaan juga. Kami siap membantu OPD membuat sebuah rancangan program yang  bisa disupport melalui kampus sehingga Samosir dengan potensi ekonominya yang cukup banyak dapat dikembangkan", Ucapnya. 

Diakui Muryanto, untuk saat ini Kabupaten Samosir banyak dilirik mahasiswa sebagai tempat KKN. Maka untuk tahun 2024 ini kita akan rekomendasikan Kabupaten Samosir sebagai tempat Internasional KKN. (PS/PL)
Komentar Anda

Terkini: