Dinkes Lhokseumawe Promosikan Kesehatan Lingkungan untuk Terhindar dari Berbagai Sumber Penyakit

/ Jumat, 23 Februari 2024 / 07.55.00 WIB
Jajaran Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe melakukan Gotong Royong bersama untuk membersihkan lingkungan guna terhindar dari berbagai sumber penyakit. FOTO | DAHLAN AMRY 

POSKOTASUMATERA.COM | LHOKSEUMAWE - Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe terus melakukan promosi kesehatan lingkungan untuk terhindar dari terjangkitnya berbagai sumber penyakit yang bakal menyerang masyarakat Kota Lhokseumawe. Untuk itu sangat penting menjaga Kesehatan lingkungan di semua kawasan, baik kawasan kota maupun di kawasan pedesaan.


Kesehatan lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu, selain merupakan anugerah yang diberikan sang pencipta kepada hamba-Nya, Kesehatan Lingkungan harus tetap dijaga agar keluarga kita terhindar dari berbagai sumber penyakit, demikian diutarakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe Safwaliza melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Cut Fitri Yani SKM kepada Poskota belum lama ini di Lhokseumawe.


Sambung Cut Fitri, kesehatan lingkungan tidak ternilai harganya. Terkadang pada saat kita sehat, kita lupa akan nikmat tersebut dan ketika sakit kita baru sadar dan merasakan betapa kesehatan itu sungguh sangat berharga. Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, mengkomsumsi makananan bergizi dan lingkungan yang sehat serta bersih.


Lingkungan yang sehat terkadang sering tidak kita perhatikan karena kesibukan dalam bekerja sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya. Akibat dari lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu yang mengkhawatirkan adalah deman berdarah (DBD) dan juga penyakit lainnya, ujar Cut Fitri. 


Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah   dan bau. Di kota Lhokseumawe, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat.


Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.

Adapun manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain, terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat, ungkap Cut Fitri.


Dengan rutin menjaga kesehatan Lingkungan maka lingkungan akan menjadi lebih sejuk, bebas dari polusi udara, air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum, lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari. 


Disamping itu masih banyak lagi manfaat menjaga kebersihan lingkungan, maka dari itu kita harus menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan mulai dari rumah kita sendiri misalnya rajin menyapu halaman rumah, rajin membersihkan selokan rumah kita, membuang sampah pada tempatnya, pokoknya masih banyak lagi.


Lebih jauh dikatakan Kabid Kesmas ini, lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggungjawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini, di sekolah pun kita diajarkan untuk selalu hidup bersih. Di agama Islam pun kita di ajarkan untuk selalu hidup bersih, karena kebersihan adalah sebagaian dari iman, papar Cut Fitri.


Selain hal yang disampaikan diatas kita juga harus saling mendukung agar tercapainya tujuan kita dalam menjaga kesehatan lingkungan bersama, agar tidak terjadi penyakit ataupun hal-hal yang tidak diinginkan dimasa mendatang, serta agar lingkungan kita tetap bias dinikmati hingga anak cucu kita kelak.


Hidup sehat harus dibudayakan sejak dini. Bisa dimulai dari diri sendiri, seperti rutin berolahraga, memenuhi asupan harian cairan pada tubuh, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan bergizi. Perhatikan pula kebersihan di dalam rumah. Jangan sampai membiarkan genangan air atau sampah yang menumpuk, karena bisa menjadi sumber penyakit.


Mulailah lihat lingkungan sekitar kita yang bersih turut berpengaruh terhadap kesehatan, coba bayangkan jika lingkungan sekitar tempat tinggal kita tidak terjaga kebersihannya, pasti rentan terserang penyakit seperti tifus atau DBD.


Kebersihan selalu identik dengan kesehatan. Artinya, manfaat menjaga lingkungan yang pertama adalah membuat kesehatan tetap terjaga. Kita perlu tahu, lingkungan bersih saja tak lantas membuat tubuh tidak mudah sakit. Apalagi kalau tidak berusaha menjaga kebersihannya. Lingkungan yang tidak bersih menjadi tempat terbaik untuk sarang nyamuk. Belum lagi dengan berbagai bakteri yang turut hidup di dalamnya, kata Cut Fitri.

Pembersihan lingkungan  perkantoran 


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengungkapkan, menjaga kebersihan lingkungan, seperti tempat tinggal, sekolah, dan rumah ibadah, masyarakat dapat menghindari penyakit demam berdarah dan hepatitis A. Tetanus, kolera, dan demam tifoid berpotensi muncul pada lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya.


Tidak hanya kesehatan fisik saja yang terjaga ketika kamu memiliki lingkungan yang bersih. Lingkungan yang sehat juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan mental seseorang. Udara yang bersih, air yang bersih, banyaknya ruang hijau dan sanitasi dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Meningkatkan kualitas hidup tentu akan membuat seseorang terhindar dari kesehatan mental.


Dari hasil penelitian yang dilakukan, banyak menghabiskan waktu pada lingkungan dengan banyak ruang terbuka hijau membantu untuk menurunkan tingkat kecemasan dan juga depresi.  Saat kita berada di suatu kawasan yang kumuh, apakah merasa nyaman untuk berlama-lama di sana? Tentu tidak, bukan?


Bahkan, kita sudah malas untuk mendekat atau mengunjunginya. Bagaimana jika itu terjadi pada lingkungan tempat tinggal kita sendiri? tentu ingin segera pindah ke tempat yang lebih bersih.

Lingkungan yang bersih membuat lebih nyaman untuk tinggal dan menetap dalam waktu lama, sebut Fitri.


Berikut Tips dan trik menjaga kebersihan lingkungan dimulai dari diri sendiri dengan cara memberi contoh kepada masyarakat bagaimana  menjaga kebersihan lingkungan. Selalu Libatkan tokoh masyarakat yang berpengaruh untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.


Sertakan para pemuda untuk ikut aktif menjaga kebersihan lingkungan. Perbanyak tempat sampah di sekitar lingkungan anda; Pekerjakan petugas kebersihan lingkungan dengan memberi imbalan yang sesuai setiap bulannya.

Sosialisakan kepada masyarakat untuk terbiasa memilah sampah rumah tangga menjadi sampah organik dan non organik.


Pelajari teknologi pembuatan kompos dari sampah organik agar dapat dimanfaatkan kembali untuk pupuk; Kreatif, Dengan membuat souvenir atau kerajinan tangan dengan memanfaatkan sampah. Atur jadwal untuk kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan. Semoga dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan maka akan terhindar dari berbagai sumber penyakit, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di kota Lhokseumawe...... semoga ! (ADV)



Komentar Anda

Terkini: