HUT Ke 51 HNSI Diwarnai Bhakti Sosial Pembagian Ratusan Sembako

/ Senin, 27 Mei 2024 / 21.43.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-BELAWAN, Kegiatan peringatan HUT HNSI ke 51 tahun berlangsung meriah dan sukses di gelar di aula kantor Camat Medan Belawan.Senin (27/05/2024).

Kegiatan peringatan HUT ke 51 HNSI dipusatkan di Medan Belawan dengan kepanitiaan dilaksanakan oleh DPC HNSI Kota Medan diketuai Abdul Rahman (Atan).

Kegiatan peringatan HUT ke 51 ini lebih dimaknai lagi dengan pembagian 300 sembako beras.

Turut hadir Ketua DPD HNSI Sumut Zulfahri Siagian SE, Ketua DPC.HNSI Kota Medan Abdul Rahman (Atan), Kadis Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Medan Glora Kurnia Putra Ginting, Camat Belawan diwakili Kasi Kesos, Kapolres Pelabuhan Belawan yang diwakili Kasat Binmas AKP Arman Siregar, Mewakili Ditpolairdasu, mewakili Lantamal 1 Belawan serta ratusan masyarakat nelayan.


Kata sambutan dari pejabat mewakili Camat Belawan melalui Kasi Kesos mengatakan, pak Camat Belawan mengucapkan selamat HUT Ke 51 tahun semoga tetap bersama masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik lagi.

Camat juga mengucapkan terimakasih pada HNSI dimana masyarakat di Belawan masyarakatnya masih mayoritas masih dibawah garis kemiskinan.

Kasat Binmas mewakili Kapolres Pelabuhan Belawan mengatakan, saya mengucapkan selamat ulang tahun semoga kedepan HNSI dapat mensejahterakan anggotanya, dapat mempermudah pasokan BBM bagi nelayan anggotanya.

Sebagaimana diketahui akhir - akhir ini kembali kambuh tawuran kenakalan remaja, dari itulah kita berharap masyarakat nelayan untuk dapat bersama menciptakan situasi kondusif seperti di kawasan Batam Bagan Deli Tambahan.

Kami menghimbau masyarakat apalagi 4 bulan lagi akan diadakan Pilkada serentak agar masyarakat nelayan turut menciptakan situasi Kamtibmas kondusif khususnya di wilkum Polres Pelabuhan Belawan.

Sementara itu Ketua DPD HNSI Sumut Zulfahri Siagian mengatakan, diusia 51 tahun ini masih banyak PR yang harus dikerjakan bagi masyarakat nelayan, banyak yang perlu mendapat perhatian dari Pemerintah dan HNSI.

HNSI juga dapat berjalan bila didukung oleh masyarakat nelayan itu sendiri.

Sampai hari ini masih banyak masyarakat nelayan yang belum masuk ke dalam data base.

Khususnya nelayan dibawah 5 GT namanya nelayan skala kecil, sedangkan diatas 5 T kategori nelayan skala besar.

Saat ini HNSI sedang memfollow up BPJS kesehatan dan tenaga kerja bagi masyarakat nelayan.

Kami menuntut pada Gubsu agar membuat kuota yang besar BPJS Tenaga kerja bagi masyarakat nelayan kota Medan karena masyarakat nelayan di Kota Medan ini banyak.

Program HNSI juga ada beasiswa bagi anak nelayan yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi.Papar Zulfahri.

Dilanjutkan dengan kata sambutan Glora Kurnia Putra Ginting selaku Kadis Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Medan mengatakan, kita bersyukur dapat berkumpul dalam rangka HUT 51 HNSI saya yakin Kedepan HNSI Semakin solid dan kompak dan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat nelayan.

Medan ini memang lebih banyak binaan nelayan dan pengelolaan ikan air tawar, kami terus berupaya agar dinas perikanan kota Medan memiliki andil untuk pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat nelayan.

Saya minta pada kepala balai untuk mengutamakan pendidikan dan pelatihan untuk masyarakat nelayan kota Medan baik pelatihan bidang UKM dengan standart mutu yang berkualitas bisa ekspor, kita bekerjasama dengan balai standar mutu.

Kami tetap berupaya guna peningkatan pendidikan dan penghasilan masyarakat nelayan, kita juga memberikan 2500 kartu asuransi /BPJS Tenaga kerja bagi nelayan kemarin di BPPP kota Medan dan tahun ini akan kita gulirkan lagi kartu asuransi bagi nelayan.

Tahun lalu dari 2500 kartu sudah ada 12 klaim asuransi BPJS Tenaga kerja dari masyarakat nelayan.

7000 nelayan yang memiliki kartu nelayan Kusuka belum bisa seluruhnya mendapatkan  kartu BPJS Tenaga kerja.

Kita mengucapkan terimakasih pada HNSI selamat HUT ke 51 semoga kedepan HNSI semakin memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan kota Medan.

Kemudian prosesi acara HUT 51 dilaksanakan pemotongan nasi tumpeng sekaligus pemberian 300 sembako beras bagi masyarakat nelayan yang diserahkan secara simbolis mewakili sebanyak 10 warga.

Diakhir acara dilaksanakan foto bersama masyarakat nelayan sebagai dokumentasi kegiatan.(PS/ABU)

Komentar Anda

Terkini: