Lantik 45 Panwas Kecamatan. Ini Pesan Ketua Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan Taufik Hidayah

/ Sabtu, 25 Mei 2024 / 11.56.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- 45  Panwas Kecamatan terpilih  untuk Pemilihan serentak  tahun 2024 yang tersebar di 15 Kecamatan se-Kabupaten Tapanuli Selatan  resmi dilantik oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan Taufik Hidayah. Prosesi pelantikan bertempat di Aula Tor Sibohi Hotel  pada  Sabtu  (25/5-2024).


Rangkaian Acara pelantikan Panwaslu  Kecamatan terpilih  dimulai menyanyikan lagu Indonesia Raya,  Pembacaaan Surat Keputusan Bawaslu Tapanuli Selatan Tentang Penetapan Panwaslu Kecamatan Terpilih, Pengambilan Sumpah, Penandatnaganan Sumpah Jabatan, pembacaan  fakta Integritas selurih anggota Panwascan, Penandatanfanqn Fakta Integritas, Pembacaan naskah pelantikan anggota  Panwascam oleh Ketua Bawaslu Tapsel, Sambutan sambutan dan doa.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan Taufik Hidayah menyampaikan dalam arahannya bahwa Panwas Kecamatan terpilih yang telah dilantik untuk bekerja dengan penuh tanggung jawab dan menjaga Integritas.
“Teman-teman yang hari ini dilantik baik existing dan pendaftar baru agar benar-benar menjaga Amanah sebagai Penyelenggara Pemilihan, jaga integritas dan terutama Bangun kerja sama tim yang baik’Ucap Taufik.

Disampaikannya," Silahkan menjalankan tugas dan  bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku.Kami berharap point yang dibacakan  yaitu fakta integritas  bahwa itu sesungguhnya adalah janji saudara saudara bukan hanya sekedar lisan namun  untuk  dilaksanakan. Kami sadar bahwa  3 (tiga)  Orang Pimpinan Bawaslu Tapanuli Selatan tidak akan mampu  menjalani tigas sampai 15 Kecamatan se- Kabupaten Tapanuli Selatan ini  tanpa dibantu Panitia Pengawas Kecamatan.  

Kita sama  sama mengawasi Pemilihan serentak di tahun 2024 ini dengan harapan agar Pemilihan  berjalan aman,sukses dan  damai.  Dua pemilihan di Wilayah Tapanuli Selatan yaitu Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dqn Wakil Gubernur Prov.Sumatera Utara , Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan  tahun 2024. Sekali kami tekankan mari jalankan tugas dan  tanggungjawab ini dengaj amanah ini dengan  penuh  rasa sukur, rasa  nyaman  dqn tidqk ada hal hal yang melanggar aturan," ujarnya.


Ketua KPU Tapanuli Selatan  Zulhajji Siregar dalam arahannya antara lain menyampaikan," Terkait  tugas pengawasan KPU dan  Bawaslu Tapsel adalah sama sama penyelenggara pemilu,  hanya bidangnya  saja yang beda. KPU bekerja  dibidang  tehnis dan  Bawaslu dibidang Pengawasan. 

Kami yakin dan percaya teman teman   Panwascam  tidak diragukan lagi integritasnya. Tanggal 3 Juni KPU akan melaksanakan Verifikasi faktual perseorangan  di Tapsel. Ada satu Paslon melalui Jalur peserseorangqn. KPU Akqn melakukan Verifikasi Faktual adalah melalui PPS," ujarnta.

Lebih lanjut Disampqikqn Zulhajji Siregar,"  Bawaslu harus pumya komitmen berani mengatakan yang salah dan  mengatakqn yang bemar. Kita berharap tidak ada kerjasama dibidang hal yang tidak baik. Dalam waktu dekat KPU akan membentuk Petugas Pendaftaran Pemilih. Verifikasi faktual  Paslon  Perseorangan dan verifikasi data pemilih.


 Saya ucaokan selanat atas dikantiknya Panwascam,  mudah mudahan berkah dan anggaplah pekerjaan untuk ladang amal ibadah," ucap Ketua KPU Tapsel.

Kapolres Tapanuli Selatan yang diwakili Kompol Sisworo SH, menyampaikan selamat kepada Paanwascam yang baru dilantik.Kalian punya peran tugas  dan tantangan kedepan. Mulai pelantikan sudah banyak kerja menanti anda. 

Saya menghimbau kepada Panwascam untuk belajar regulasi  dan Undang Undang  Pemilu agar tidak malu nanti setelah turun kelapangan. Kalau tidak paham sikahkan kordinasi dengan atasan. Kita sama sama belajar dan sama  sama kerja yang baik. Semoga  kita sama sama Berdoa Pilkada  serentak ini aman dan kondusif," harap Kapolres Tapqnuli Selatan.
 
Bupati  H.Dolly Pasaribu S.Pt  Yang diwakili Kepala Badan Kesbang Pol Tapanuli Selatan Hamdy Pulungan S.Sos, dalam arahannya antara lain menyampaikan,"  titip salam dan permohonan maaf Bupati Tapanuli Selatan  tidak bisa hadir di acara ini  karena beliau berada diluar Kota mengurus Tapanuli Selatan.

 
Panwascam Inilah yang terbaik yang dipilih  Pimpinan Bawaslu Tapsel.  Saya berharap kepada Panwascam untuk menjadi  Pengawas  paham aturan dan regulasi. Dibanding KPU Panwscam juga harus  lebih Pintar karena mempelajari PKPU yang ada dan Peraturan Bawaslu," ujarnya.


Janngan anggap sepele walaupun sudah berkali kali menjadi Panwsam. Silahkan berbakti bangsa negara melalui  Panwsacam yang akan berrugas selama 8 bulan kedepan," ujarnya. 


Untuk diketahui pelaksanaan kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Tapanuli Selatan H.Dolly Pasaribu S.Pt MM yang diwakili Kaban Kesbang Pol Hamdy Pulungan, S.Sos, Kapolers Tapanuli Selatan AKBP Yassir Ahmadi SIK SH yang diwakili  Kompol.Siswono SH, Ketua KPU Tapsel Zulhajji Siregar,
Aggota Bawaslu Kabupaten Tapanuli Selatan  Vernando Maruli Aruan, Panataran Simanjuntak, Koordinator Sekretariat  Salman Paris Harahap dan sejumlah awak media.

Pantauan awak  media online usai Pelantikan Panwascam Se- Kabupaten Tapanuli Selatan mengikuti bimbingan dan pelatihan 
(PS/BERMAWI)





Komentar Anda

Terkini: