Pelayaran Internasional Kembali Dibuka di Pelabuhan Kuala Tanjung, Unilever Perdana Ekspor Kontainer

/ Kamis, 02 Mei 2024 / 14.17.00 WIB


POSKITASUMATERA.COM- BATU BARA- Pelayaran internasional kembali dibuka mulai 30 April 2024 di Pelabuhan Kuala Tanjung. Kegiatan pelayaran internasional rute Kuala Tanjung-Port Klang menjadi kegiatan internasional pertama di Kuala Tanjung Multipurpose Terminal pada tahun 2024.

Kapal BG Solid 16 yang membawa muatan Unilever Olechemical melakukan kegiatan ekspor kontainer menuju ke Port Klang Malaysia. 

Kegiatan ini merupakan pengapalan ekspor perdana 

Unilever melalui kontainer karena sebelumnya melakukan pengapalan berbentuk curah.


Direktur Utama PT Prima Multi Terminal, Bapak Eko Hariyadi Budiyanto atau kerap disapa Ehay mengatakan bahwa ekspor Unilever menggunakan kontainer ini akan rutin dilakukan setiap minggu. “kami terus berupaya agar pelayaran internasional dapat terus melakukan kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Kuala Tanjung.


Kegiatan ini menjadi awal yang baik di tahun 2024 agar kapal rute internasional dapat terus beraktifitas di Kuala Tanjung” ujar Ehay.


Sebelumnya, Unilever melakukan kegiatan ekspor curah menggunakan kapal tanker CPO dengan jumlah muatan bongkar muat sampai dengan bulan April 2024 sebesar 27 ribu MT. 


Adapun pengapalan curah Unilever sebelumnya membawa muatan Non-Lauric Dfa Blend Hdrogenated sebanyak 5 ribu MT tujuan Kandla, India serta Stearin in Bulk sebanyak 3 ribu MT dengan tujaan Port Qasim, Pakistan.


Selanjutnya, pada tahun 2025 Unilever berencana meningkatkan kapasitas produksi hingga 300 ribu MT yang seluruhnya akan melalui Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatera Utara.


Tidak hanya melayani kegiatan bongkar muat domestik, sebagai Pelabuhan Hub dan Terminal 

Multipurpose, Pelabuhan Kuala Tanjung juga melayani kegitan internasional baik untuk kontainer 

maupun non kontainer seperti curah cair, general cargo dan curah kering.

(PS/ A.GULTOM)


Komentar Anda

Terkini: