Bupati Samosir Lepas Star Festival Solu Bolon 2024

/ Jumat, 07 Juni 2024 / 15.56.00 WIB

OSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Ditandai dengan pengangkatan bendera, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom melepas festival Lomba Solu Bolon 2024 dikawasan Water Front Pangururan Jumat (07/06). Sebanyak 21 tim Solu Bolon se-Sumatera Utara berlaga dengan jarak lintasan 500 m.

Lomba tersebuta merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Samosir untuk menggali dan melestarikan potensi budaya dan pelestarian kearifan lokal. 

Pada sambutanya, Bupati Samosir Vandiko Gultom mengatakan Pemkab Samosir optimis untuk menghidupkan dan memperkenalkan, menunjukkan kembali budaya dan kearifan lokal ditingkat nasional maupun internasional. Salah satunya adalah lomba solu bolon pada Event Aquabike Jetsky Internasional Championship sudah dipertandingkan dan akan menjadi agenda rutin di Kabupaten Samosir. 

"Kami menggali dan menghidupkan opera Batak juga nantinya. Namun untuk saat ini Solu Bolon merupakan salah satu kearifan lokal dengan harapan olahraga ini semakin dikenal dan semakin lestari, bukan hanya di Samosir namun juga di tingkat internasional", ucap Vandiko

Masih banyak event yang akan digelar di Kabupaten Samosir, yang muaranya pada peningkatan perekonomian masyarakat Kabupaten Samosir. Untuk itu kita berharap agar seluruh lapisan masyarakat ikut mendukung dan menyukseskan berbagai event di Kabupaten Samosir. Ungkapnya. 

Pariwisata tidak bisa berjalan sendiri, namun harus banyak event diselenggarakan untuk menarik wisatawan dan tujuannya juga pada peningkatan ekonomi masyarakat. Mari kita manfaatkan event ini dengan baik, jaga kebersihan dan jangan buang sampah ke  Danau Toba". Himbau Vandiko

Kepada seluruh tim Lomba Solu, Bupati Vandiko mengimbau agar bertanding sportif dan menjadikan event sebagai ajang silaturahmi. "Diatas segalanya kita bersaudara. Selamat bertanding dengan sportif".

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Samosir Vandiko Gultom menerima bantuan 2 unit Solu Bolon dari PT. Pelindo yang ditandai dengan penabuhan gendang bersama Forkopimda.

Regional Devision Head PT. Pelindo, Kasih Dwi Yanti mengatakan pemberian bantuan merupakan kontribusi untuk mendukung pariwisata di Kabupaten Samosir guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kegiatan positif harus kita dukung dan mudah-mudahan dengan bantuan ini, kearifan lokal yang ada di Samosir dapat semakin dilestarikan", kata Dwi. (PS/PL)
Komentar Anda

Terkini: