Bupati Tapsel Serahkan Sertifikat Tanah

/ Selasa, 22 Januari 2019 / 22.38.00 WIB
Foto Bersama : Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH, Kapolres Tapsel AKBP AKBP Irwa Zaini Adib SIk SH ,Kepala BPN Tapsel, Camat Angkola Timur Darwin Dalimunthe SPd dan Kades yang menerima Sertifikat Tanah Foto Bersama Usai Menerima Sertifikat Tanah Di Aula Kantor Camat Angkola Timur, Senin (21/1/2019). POSKOTA/BERMAWI
 
POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Syahrul M Pasaribu SH menyerahkan Sertifikat Tanah kepada masyarakat dari 9 Desa di Kecamatan Angkola Timur,  berlangsung di Aula Kantor Camat setempat, Senin (21/1/2019). 

Dalam sambutannya Sahrul mengatakan, Penyerahan Sertifikat Tanah tersebut sebagai bukti konkrit kehadiran Pemerintah dalam mengatasi persoalan masyarakat. Setidaknya, kata Syahrul, ada 2 butir dari 9 butir Nawacita Presiden Joko Widodo yang dilakoni Pemkab Samosir saat ini terkait Penyerahan Sertifikat Tanah ini.

"Yang pertama adalah Nawacita butir ketiga yaitu Membangun Indonesia dari Pinggiran dengan memperkuat Daerah - Daerah dan Desa dalam kerangka Negara Kesatuan. Disamping Dana Desa yang sudah dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat Pedesaan, Sertifikat ini juga merupakan Prioritas untuk masyarakat di Pedesaan", ujarnya. 

Berikutnya Syahrul juga mengatakan,  Pembagian Sertifikat ini juga erat kaitannya dengan Nawacita butir kelima yaitu Meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan dengan program "Indonesia Pintar".

Serta, lanjutnya, peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan program "Indonesia Kerja" dan "Indonesia Sejahtera" dengan mendorong Land Reform dan Program Kepemilikan Tanah, Program Rumah Kampung Deret atau Rumah Susun Murah yang disubsidi dan Jaminan Sosial untuk rakyat di Tahun 2019.

Oleh karena itu, Syahrul mengajak seluruh warga yang penerima Sertifikat Tanah untuk besyukur dan berterimaksih kepada Pemerintahan Jokowi - JK terkait dengan program tersebut. Sebab, sesungguhnya Pemerintahan itu adalah Satu, Linier berbanding lurus mulai Presiden sampai Kepala Desa. 

"Mari Kita maknai kehadiran Pemerintah Kita secara Objektif dan Rasional. Kita jangan mudah percaya dengan Berita Hoax, juga jangan mau dipecah belah, Kita semua harus terus menjaga persatuan dan kesatuan diantara Kita, Kita semua harus cerdas dalam menilai apa yang telah diperbuat oleh Pemerintah Kita saat ini", tegas Syahrul. 

Anggota Komisi A DPRD Sumatera Utara  Doli Sinomba Siregar yang juga hadir dalam Penyerahan Sertifikat Tanah  tesebut mengatakan, bahwa saat ini dirinya duduk di Komisi A yang membidangi Pemerintahan, Hukum dan Pertanahan,, kembali mengajak masyarakat Penerima Sertifikat Tanah untuk berterimakasih kepada Pemerintah Pusat yang sudah memperhatikan masyarakatnya. 

Menurutnya, dengan memperoleh Sertifikat tersebut, kepemilikan Tanah secara Sah diakui oleh Negara dan juga secara ekonomis menambah nilai dari Objek Tanah tersebut.

Hal senada juga dikatakan Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib SIK SH yang juga hadir dalam acara tersebut.  Kapolres mendukung penuh dan selalu bersinergi dengan seluruh program yang sudah direncanakan oleh Pemerintah termasuk Pembagian Sertifikat Tanah yang sedang dilaksanakan ini.

Penyerahan Sertifikat Tanah ini, kata Kapolres, adalah salah satu wujud kepedulian Pemerintah terhadap Hak Milik, sehingga sangat membantu untuk meluruskan Alas Hak yang dimiliki,  mudah - mudahan membawa barokah bagi warga. 

Di sisi lain Kepala BPN Tapsel Badrus Salim SH sangat berterimakasih kepada Bupati Tapsel yang telah membantu Penyerahan Sertifikat Tanah tersebut.

Dia mengatakan, bahwa Kabupaten Tapsel pada Tahun 2018 mendapat 2.414 Sertifikat Tanah, sebanyak 782 Bidang Tanah diberikan kepada 9 Desa di Kecamatan Angkola Timur. Pada Tahun 2019 ini, BPN Tapsel akan memberikan 5.000 Sertifikat Bidang Tanah untuk 5 Kecamatan, yaitu : Kecamatan Muara Batangtoru, Angkola Muaratais, Angkola Selatan, Sipirok dan Kecamatan Arse  yang masing - masing Kecamatan nantinya, mendapat 1.000 Bidang Tanah untuk di Sertifikatkan. 

Turut hadir dalam acara tersebut Tokoh Sumut Drs Samsul Qamar, Ketua MUI Tapsel KH Ahmad Ghozali Siregar, Asisten I Hamdan Zen, Kadis Ketenagakerjaan Amros Karangmatua SH, Kaban Kesbang Hamdy S Pulungan,  Kabag Humas & Protokol Isnut Siregar, Camat Angkola Timur Darwin Dalimunthe, Lurah/Kepala Desa se - Kecamatan Angkola Timur.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: