Pemkab Tapsel Buka Pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa

/ Rabu, 29 Agustus 2018 / 10.59.00 WIB
Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH Saat Membuka Acara Pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa. POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu SH berikan bimbingan, sekaligus membuka Acara Pelatihan Aparatur Pemerintahan Desa Bidang Manajemen Pemerintahan Desa.

Acara tersebut digelar oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tapsel selama Empat Hari bertempat di Lantai Dua Natama Hotel Jalan Raza Inal Sregar mulai Minggu hingga Kamis 26 - 29 Agustus 2018.

Disampaikan Syahrul, bahwa Pelatihan bagi Aparatur Pemerintahan Desa ini sangat penting dan starategis karena sebagai acuan sinkronisasi dan sinergi program kerja, terkhusus untuk para Kepala Desa (Kades) yang baru dilantik, agar dapat meningkatkan kapasitasnya dalam mewujudkan sinergitas dalam rangka pelaksanaan Pembangunan Desa.

Acara tersebut dihadiri, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) M Yusuf, Kadis Nakertrans Amros Karang Matua, Kadis PP dan KB Abdul Saftar, Kaban Kesbangpol Hamdy S Pulungan, para Camat se Kabupaten Tapsel, Sekretaris PMPD Maratinggi dan Enam Puluh Tujuh Kades terpilih.

Menurut Bupati, melalui upaya sinergis dimaksud, pelaksanaan pelatihan dapat menjadi tolak ukur penyelarasan dan kesepahaman dalam penyelenggaraan dan pengelolaan Manajemen Pemerintahan Desa sesuai dengan program - program pembangunan yang akan dilaksanakan.

“Oleh karena itu saya berharap, kepada 67 Kades terpilih yang mengikuti pelatihan dapat mengikutinya dengan baik dan sungguh-sungguh, agar kalian dapat memahami tugas pokok dan fungsi, terutama berkaitan dengan pengelolaan dan penggunaan Anggaran Desa dan penyelenggaraan Pemerintahan Desa dapat berjalan sesuai dengan peraturan perundang - undangan dan norma hukum yang berlaku", sebut Syahrul.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Ricky Hadamean Siregar dalam laporannya mengatakan, tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Aparatur Desa dalam melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsi, tata cara pengelolaan Anggaran Desa yang baik serta tata cara membuat perencanaan pembangunan di Desa.

Ia menyampaikan, bahwa Kegiatan Sosialisasi yang diikuti 67 Kepala Desa terpilih, dengan menghadirkan Nara Sumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Inspektorat, Dinas PPKAD, Bagian Hukum dan Bagian Unit Layanan Pengadaan.

Pada kesempatan yang sama, salah satu peserta Kepala Desa Menyampaikan ucapan terimakasih kepada Panitia yang telah bersusah payah membuat acara ini. 

"Banyak Ilmu yang kami peroleh dari acara ini. Dalam hal ini panitia Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tapsel, kami berharap acara ini secara berkesinambungan dapat dilaksanakan, agar kami paham
Tupoksi kami sebagai Aparatur Pemerintahan Desa", ucapnya. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: