Ribuan Rokok, Miras dan Pakaian Bekas Illegal Dibakar

/ Rabu, 08 Agustus 2018 / 19.30.00 WIB

POSKOTASUMATERA-BELAWAN- Tak hanya Miras yang dimusnahkan melain juga petugas Kanwil DJBC Sumut memusnahkan Ribuan bal pakaian bekas dan rokok illegal dengan cara dibakar di halaman kantor wilayah DJBC Sumut.Rabu siang tadi (08/08/2018).

Dalam keterangan Persnya, Oza Olavia selaku Kepala Kanwil DJBC Sumut mengatakan kegiatan pemusnahan bersama ini bekerjasama dengan Kejatisu, Kejari Batu Bara, Kejari Tanjng Balai dan Belawan dengan melakukan pemusnahan bersama atas barang rampasan negara, barang bukti tindak pidana kepabeanan yang mendapatkan ijin pemusnahan dari Pengadilan Negeri sesuai pasal 45 KUHAP, dan barang milik negara merupakan hasil tengahan dari kegiatan penindakan Bea Cukai dan penindakan Polda Sumut, patroli laut Dirjen BC, Lantamal 1 Belawan dan Ditpolairdasu dari tahun 2016, 2017 dan 2018.

Kegiatan Miras Illegal yang dimusnahkan ini sebesar Rp8,7 miliar dari potensi penerimaan.negara akibat tidak terpungutnya cukai, bea masuk.Jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan , Pemusnahan minuman keras 19.020.760 Batang rokok. 9.575 ball ballpress pakaian bekas 3.867 botol minuman keras mengadung Etil Alkohol MMEA nilai barang sekitar 29.8 MILIAR. potensi perimaan negara sebesar Rp. 8,7 miliar tidak terpungutnya cukai Bea masuk dan PDRI kerugian immaterial dari penyeludupan ballpress dari segi ekonomi, kesehatan dan sosial hasil penindakan dar kegiatan operasi pasar barang kena cukai illegal.patroli laut Direktorat jendral Bea cukai, lantamal I Belawan dan Ditpolair polda sumut serta penindakan polda sumut tahun 2016.2017.dan 2018. Dan cara pemusnahan MMEA dengan cara di gilas dgn alat berat,Rokok dgn cara di bakar.

Status hukum atas barang barang yang di musnah kan yaitu barang bukti sesuai pasal 45 KUHAP berupa ballpess barang milik negara BMN hasil penindakan ke pabeanan dan cukai berupa ballpress. Rokok dan minuman keras.

Acara pemusnahan di hadiri kepala kejaksaan tinggi Sumatera Utara kepala kanwil DJKN.Sumatera Utara. Direktur polair sumut .ketua pengadilan medan kejari belawan asahan Tanjung balai batu bara kepala Kppbc TMP belawan. Kepala BPIB medan (Lim/ Sul/Blw). )
Komentar Anda

Terkini: