Oknum PPK Sawo Menambah Dan Mengurangi Jumlah Perolehan Suara

/ Kamis, 25 April 2019 / 12.19.00 WIB
Trimen Harefa SH MH. POSKOTA/ARIF

POSKOTASUMATERA.COM - NIAS UTARA - Proses Pemilu serentak yang sangat melelahkan dan memakan korban cukup mengundang perhatian publik secara Nasional dan Internasional. Namun, sepertinya hal ini diciderai oleh perbuatan curang yang diduga dilakukan oleh Oknum Penyelenggara Pemilu itu sendiri. 

Kasus ini terjadi di Kecamatan Sawo, dimana salah satu Calon DPRD dari Partai Golkar Nomor Urut 2 Damaria Zai merasa dirugikan adanya Pergeseran Suara di Internal Partai Golkar. Dimana pada TPS 1 Desa Ombolata Sawo Suara Nomor Urut 3 yang semula berjumlah 118 berpindah ke Nomor Urut 4 sebanyak 70 suara.

Akibatnya, Formulir Model C1 Plano dan C1 Berita Acara Perolehan Suara berubah dengan cara dicoret oleh Oknum Penyelenggara Pemilu pada tingkat Kecamatan. Akhirnya, karena merasa dirugikan Calon DPRD Nomor Urut 2 melaporkan hal ini kepada Konsultan Hukum Pemilu Trimen Harefa SH MH.

Saat di temui Wartawan guna konfirmasi Trimen Harefa, Rabu (24/04/2019) membenarkan telah menerima laporan dugaan tindak Pidana Pemilu mengubah, menambah dan atau mengurangi Jumlah Suara yang diduga kuat dilakukan oleh Oknum Penyelenggara pada tingkat Kecamatan. 

"Mengingat Saya sedang monitor proses rekap di Kota Gunungsitoli, Saya menurunkan beberapa teman - teman Pengacara Koordinasi dengan KPU dan Bawaslu Nias Utara", ungkapnya.

Tambahnya lagi, setelah dilakukan Perhitungan Suara Ulang, benar ditemukan hal - hal yang janggal, Perolehan Suara masing - masing saat ini sudah kembali diposisi awal. 

"Saya mengucapkan terimakasih atas atensi langsung dari Ketua Bawaslu Nias Utara Bapak Memori Zendrato yang sudah berkenan hadir di lapangan serta kerjasama yang baik dari KPU Nias Utara. Meskipun demikian, Kasus ini tetap kita laporkan ke Sentragakkumdu Bawaslu Nias Utara sebagaimana permintaan klien Kami untuk efek jera ke depan.", ucap Trimen

Pihaknya juga berharap, hal ini jangan terulang lagi, terutama buat teman - teman PPK dan Panwascam kerja benar dan kerja ikhlas saja, sayangi Keluarga Anda dan masa depannya. (PS/ARIF)
Komentar Anda

Terkini: