Kedatangan 51 Polisi Cilik Ke Polres Tanjungbalai, Dilatih Kedisiplinan Dan Kekompakan Pada Usia Dini

/ Kamis, 13 Juni 2019 / 09.05.00 WIB
51 Orang Polisi Cilik Foto Bareng Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai. POSKOTA/SAUFI 

POSKOTASUMATERA.COM - TANJUNGBALAI - Kedatangan 51 Orang Polisi Cilik ke Polres Tanjungbalai didampingi 5 Guru Pendidiknya, langsung disambut oleh Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai dan Ketua Cabang Bhayangkari/Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Tanjungbalai Ny Menuk Irfan Rifai di halaman Mapolres setempat. 

Tampak keceriaan terpancar di wajah para Polisi Cilik ini saat mereka tiba di Halaman Mapolres, mereka diberi bimbingan dan arahan tentang peran dan tugas serta fungsi Kepolisian oleh Kanit Dikyasa Ipda Zainuddin dan Kanit Laka Ipda Khairul Bahar didampingi Personil Sat Lantas lainnya. 

Untuk lebih mendalami dan mengetahui langsung tugas Kepolisian, Kapolres dan Ibu Bhayangkari mengajak Polisi Cilik ini mengunjungi ruangan - ruangan yang ada di Mapolres, misalnya tentang Alut dan Alsus dan ruangan - ruangan Pelayanan di Polres tersebut. 

Bukan itu saja, Puluhan Polisi Cilik ini juga diajak berkeliling Kota dengan menggunakan Bus dan dikawal oleh Patroli Satlantas, hal ini bertujuan untuk menekankan diri kedisiplinan dalam berlalu lintas kepada para Polisi Cilik.

Usai berkeliling Kota, ternyata tidak membuat mereka letih, malah meminta Berfoto di Sebuah Mobil Water Canon. Oleh karenanya, tampak Kapolres dan Ibu Bhayangkari sibuk melayani Polisi Cilik ini, karena para Polisi Cilik ini ternyata ingin lebih mengetahui bagaimana Mobil Water Canon. 

Kapolres langsung 
mengajak mereka untuk masuk kedalam Mobil Water Canon dan menerangkan fungsi Mobil Pengurai Massa Demonstran tersebut. 

Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai,
Rabu (12/6/2019) kepada Wartawan mengatakan, bahwa untuk melatih kedisiplinan dan kekompakan anak pada usia dini, Polres Tanjungbalai mempunyai program khusus yang dinamakan Program Polisi Cilik atau Pocil.


Para Polisi Cilik ini dibimbing pada TK Bhayangkari yang terletak di jalan Sudirman Tanjungbalai Kecamatan Datuk Bandar.

"Pembentukan karakter terhadap anak - anak, sebaiknya dilakukan sejak usia dini (Pra Sekolah seperti Taman Kanak - kanak), sehingga apabila anak ini dewasa, akan terbiasa dan terbawa apa yang dipelajarinya saat di TK Bhayangkari. Sehingga terbawa dalam membentuk atau merubah ke arah lebih baik", ucap Kapolres Tanjungbalai saat menerima kunjungan Anak Murid TK Bhayangkari  09 Tanjungbalai.

AKBP Irfan Rifai juga menerangkan, bahwa anak - anak sejak dini tidak takut dengan Polisi dan Polisi Dapat menjadi Sahabat Anak, serta memotivasi mereka untuk selalu belajar, berlatih dan mengikuti tata tertib serta aturan yang berlaku baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun di Jalan Raya.

Kapolres Tanjungbalai turut memperkenalkan/Promosi TK Bhayangkari 09 Tanjungbalai dengan mengatakan, bahwa di TK tersebut Polisi Cilik ini digembleng, diantaranya melalui  Pengembangan Keterampilan, seperti Peraturan Baris - Berbaris tingkat dasar. 

Selain itu, juga ditekankan agar mereka menjadi lebih mencintai Tanah Air dan belajar kompak. 

"Mereka juga ditekankan tidak boleh berantem, bersikap menang sendiri, dan harus mandiri dalam kedisiplinan", kata Kapolres. (PS/SAUFI).

Komentar Anda

Terkini: