Bupati Karo Harapkan OPD Tingkatkan Kinerja

/ Jumat, 01 November 2019 / 10.35.00 WIB
Bupati Karo Terkelin Brahmana Didampingi Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang, Foto Bersama Dengan Seluruh Kepala OPD Se - Kabupaten Karo, Usai Acara Rapat Evaluasi Dilantai 3 Kantor Bupati. POSKOTA/BUDIMAN S

POSKOTASUMATERA.COM - KARO - Bupati Karo menegaskan kepada para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak boleh memiliki visi - misi selain tertuang dalam RPJMD Kabupaten Karo.   

Pemerintah Kabupaten Karo dalam meningkat kinerja Penyajian Kertas Kerja Kebijakan (Policy Paper) bagi perangkat OPD TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) Bappeda, Inspektur, BPKPAD,  bahwa perubahan merupakan suatu keharusan, tentu melalui Rapat Evaluasi Serapan Anggaran Triwulan III Tahun 2019 secara menyeluruh. 

Hal ini dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana dalam kata sambutan pada  Rapat Evaluasi Serapan Anggaran Triwulan III Tahun 2019, Rabu (30/10/2019) Pukul 10.00 WIB di lantai 3 Kantor Pemkab Karo.

Dalam sambutannya itu, Terkelin Brahmana juga mengatakan, setidaknya terdapat Lima Hal Utama Yang perlu mendapatkan perhatian serius dalam upaya menjadikan APBD sebagai Instrumen Fiskal melunasi Kewajiban Pemerintah Daerah dalam melayani warga meningkatkan kesejahteraan nasyarakat maupun Peningkatan Daya Saing Daerah.

Dikatakan Terkelin, adapun Lima Hal tersebut meliputi : Pertama, Perkuatan Kebijakan Money Follow Program Dengan Pendekatan Holistik, Integratif, Tematik dan Spasial (Hits). Kedua, Pemantapan Pengelolaan Keuangan, Asset dan Implikasinta Terhadap Penjadwalan Pelaksanaan Program dan Kegiatan. Ketiga, Penguatan Fungsi Pengawasan Kinerja dan Manajemen Kerja. Keempat, Pembenahan Manajemen Sumber Daya Aparatur. Dan Kelima, Penguatan Sistem Nilai dan Mekanisme Kerja. 

Lebih lanjut Terkelin Brahmana menegaskan, kepada Para jajaran  ASN dilingkup Pemda Karo agar meningkatkan kinerja, sehingga Kompetensi sebagai kesempatan memberikan kebaikan sebagai Aparatur Pemerintahan yang mampu meninggalkan Legacy yang pantas untuk dikenang oleh Anak Cucu. 

Ia juga menanamkan Peningkatan Sinergi Seluruh Pejabat Utama mulai dari Sekda, Bappeda , BPKPAD, Inspektorat dan seluruh OPD dalam Mengawal dan Mengendalikan Pelaksanaan Program/Kegiatan, sesuai Tema Utama Pembangunan, Indikator Kinerja Utama (IKU) baik pada Level Pemda maupun Level OPD.

"Dan Tingkatkan Disiplin dan Kinerja dalam Arti Luas, mulai dari Disiplin dan Kinerja dalam Perencanaan Pelaksanaan Pelaporan atas Kewenangan Anggaran, Asset, Dokumen dan Personil yang di percayakan pada OPD", papar Terkelin.

Kembali ditegaskannya, bahwa Satu Data Kabupaten Karo segera diwujudkan, sehingga tidak ada lagi Visi - Misi OPD yang ada hanya Visi - Misi Kepala Daerah. 

"Dan telah Kita jadikan Visi - Misi Daerah termuat dalam RPJMD. Yaitu, Tugas Utama Pemda, khususnya dalam Mengintegrasikan Perencanaan, Anggaran, Pelaksanaan Kegiatan", tegasnya.

Selanjutnya, di penghujung acara, Terkelin yang didampingi Wakil Bupati Karo menyerahkan Piagam Penghargaan kepada setiap OPD yang terpilih sebagai terbaik dalam Kategori yang telah ditentukan dalam Penyerapan Anggaran Terbaik.

Dalam Kategori Unsur Penunjang Terbaik diraih Inspektorat. Kategori Unsur Pelaksana Terbaik : Dinas Komunikasi dan Informatika. Pencapaian Target PAD Terbaik : BPKPAD (Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah), Realisasi PBB Kategori Kecamatan Terbaik : Kecamatan Juhar, Merdeka dan Kabanjahe. Realisasi PBB Kategori Desa dan Kelurahan Terbaik : Dolat Rakyat, Gonsol dan Tongging, Sedangkan Camat Terbaik dalam Pelaksanaan Intensifikasi dan Ekstensifikasi PBB Terbaik diraih Camat Tiga Panah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty br Sebayang, Wakil Ketua DPRD Karo Sadarta Bukit, Sekda Drs kamperas Terkelin Purba, Asisten 1 Pemerintahan Drs Suang Karo - Karo, Asisten 3 Mulianta Tarigan, Plt Asisten 2 Gelora Fajar Purba dan para peserta ASN Kabupaten Karo, Kepala BRI Kabanjahe. (PS/BUDIMAN S)
Komentar Anda

Terkini: