Di Bawah Guyuran Hujan Akhyar Lepas Kafilah Pawai Ta'aruf MTQ ke 53

/ Sabtu, 15 Februari 2020 / 18.02.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Meski di bawah guyuran hujan deras,namun tidak menyurutkan semangat puluhan ribu kafilah untuk mengikuti pawai ta'aruf yang merupakan rangkaian pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an   (MTQ) ke 53 Tingkat Kota Medan tahun 2020 di Jalan Ngumban Surbakti, Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang, Sabtu (15/2). Pawai ta'aruf yang dilepas langsung Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi untuk menyemarakkan pembukaan MTQ ini sekaligus membangun silaturahmi antar kafilah dengan warga sekitar guna mendukung suksesnya festival pemuliaan kitab suci Al Quran tersebut.

Antusiasme masyarakat menyaksikan pawai ta'aruf cukup tinggi sambil memberikan tepuk tangan meriah setiap kali para kafilah dari 21 kecamatan di Kota Medan ini melintas di Jalan Ngumban Surbakti. Selain mengenakan batik Medan, para kafilah juga mengenakan baju adat dari semua etnis di Kota Medan sebagai bentuk kerukunan umat meski berbeda suku dan agama. Masing-masing barisan diisi marching band dan dipimpin langsung camat.

Tidak hanya jajaran kecamatan, pawai ta'aruf juga diikuti  paskibraka, pramuka, ibu-ibu pengajian, organisasi kepemudaan serta pelajar. Hal menarik lainnya, sejumlah kesenian daerah lengkap dengan peralatan musiknya dihadirkan sejumlah kecamatan agar pawai ta'aruf lebih meriah. Sejak pukul 06.30 WIB, para kafilah sudah hadir di lokasi acara. Dengan tertib, mereka menyusun barisan menunggu dimulainya pawai ta'aruf tersebut.

Pelepasan prosesi pawai taaruf diawali dengan marching band dan dilanjutkan pasukan Paskibraka dan pramuka yang membawa Bendera Merah Putih. Setelah itu dibuka dengan kontingen Kecamatan Medan Barat yang menjadi juara umum. Dalam pawai ta'aruf, Kecamatan Medan Barat membawa piala bergilir yang mereka raih di MTQ ke 52 Tahun 2019 yang berlangsung di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kecamatan Medan Marelan.

Kemudian dilanjutkan Kecamatan Medan Labuhan, Medan Kota dan Medan Area. Pelepasan pawai ta'aruf dilakukan Plt Wali Kota didampingi Plt Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Nurul Khairani Akhyar, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM dan istri beserta unsur Forkopimda melambaikan tangan kepada setiap kafilah yang melintas di depan panggung utama.

Iringan pawai ta'aruf ditutup dengan kafilah dari Kecamatan Medan Selayang selaku tuan rumah. Tampak Akhyar memberikan apresiasi dengan mengacungkan jempol kepada sejumlah kecamatan yang menampilkan kreatifitas di kontingen mereka. Sebab, Akhyar begitu menikmati setiap penampilan para kafilah yang juga akan dinilai oleh dewan juri.

Akhyar berharap pelaksanaan MTQ kali ini berjalan lancar dan sukses serta menghasilkan qori dan qoriah terbaik yang nantinya mampu membanggakan nama Kota Medan di berbagai perlombaan baik tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

Selanjutnya Akhyar mengaku senang karena pelaksanaan MTQ disambut baik seluruh masyarakat. Diharapkan, MTQ dapat menjadi sarana dan wadah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan diri sekaligus  perekat hubungan baik antar umat beragama yang saling menghargai dan bertoleransi.

"Alhamdulillah,meski di tengah hujan deras, pawai ta'aruf berjalan lancar. Selain sebagai rangkaian pembukaan MTQ, pawai ta'aruf ini juga menjadi wujud rangkuman keberagaman yang kita miliki. Tentu ini menjadi modal dan kekuatan bagi kita semua untuk bersama membawa dan membangun Kota Medan ke arah yang lebih baik," kata Akhyar.

Kemudian kepada kafilah, Akhyar berharap dapat menampilkan dan memberikan  yang terbaik dalam semua perlombaan. Sekaitan itu, Akhyar pun mengajak masyarakat untuk menghadiri dan meramaikan MTQ yang akan berlangsung selama sepekan mulai 15-22 Februari mendatang.

"Kami mengharap dukungan dari seluruh masyarakat. Mari bersama kita bangun kebersamaan, keakraban dan rasa kekeluargaan lewat MTQ ke 53 Tingkat Kota Medan.  Terima kasih untuk semua kafilah dan juga masyarakat yang sudah memeriahkan pawai ta'aruf," bilangnya.

Pelaksanaan pawai ta'aruf berakhir sekitar pukul 12.00 WIB. Akhyar bersama Plt Ketua TP PKK Kota Medan, Sekda dan unsur Forkopimda kemudian berjalan menuju lokasi MTQ. Di bawah guyuran hujan, Akhyar dan Plt Ketua TP PKK meresmikan dibukanya stand dan pameran yang digelar untuk memeriahkan MTQ. Ada puluhan stand yang berasal dari kecamatan, OPD serta pelaku UMKM. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan Akhyar bersama Plt Ketua TP PKK.

Setelah itu, meski kondisi hujan deras, Akhyar bersama Plt Ketua TP PKK meninjau beberapa stand di antaranya stand PKK Kota Medan dan stand Kecamatan Medan Selayang. Akhyar berharap agar seluruh penjaga stand dapat melayani serta memberikan penjelasan sebaik-baiknya kepada pengunjung yang datang.  Dengan demikian masyarakat dapat mengetahui secara jelas mengenai seluruh produk yang dipromosikan, termasuk program-program kerja masing-masing OPD. (PS/RYANT)
Komentar Anda

Terkini: