Dana Desa Kebobolan, Warga Lasara Sebut Kades Jago Kelabui Inspektorat

/ Rabu, 25 Maret 2020 / 18.29.00 WIB
Toilet Warga Yang Dibangun Dari DD Masih Terbengkalai Dan Belum Siap Dikerjakan. POSKOTA/TIAN

POSKOTASUMATERA.COM - NIAS UTARA - Pelaksanaan  Pembangunan Toilet Warga yang bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2018 di Desa Lasara Kecamatan Namohalu esiwa   hingga Akhir Bulan Maret Tahun 202O ini, juga belum selesai.     

Hal ini diungkap oleh seorang warga Desa Lasara berinisial AG yang juga sebagai penerima manfaat. Pasalnya, TA 2018 sudah 2 Tahun berlalu, namun Toilet Warga tersebut masih terkatung - katung.

"Pembangunan Pembuatan Toilet Warga ini, bersumber dari DD TA 2018 dan sampai Tahun 2020 ini belum selesai", sebut AG kepada Wartawan, Senin (23/03/2020) saat dikonfirmasi.
 
Lanjutnya, mereka masyarakat Desa Lasara merasa ada yang aneh dengan Pemerintah, kenapa hal ini tidak bisa menjadi sebuah temuan pihak Inspektorat saat  turun audit ke lokasi Toilet tersebut.

"Atau jangan - jangan ada permainan atau kerja sama terselubung antara pihak Inspektorat dengan Pemerintahan Desa Lasara. Alasanya, kok Inspektorat tidak melihat jika Bangunan tersebut belum selesai. Dan yang paling sadisnya, kaca mata Tim Audit Inspektorat belum sempat menangkap atau mengetahui kalau ada Bangunan Toilet di Desa Lasara yang belum siap dan tak dapat dimanfaatkan warga.  

Dilain tempat, Ketua BPD Desa Lasara Yaaman Gea, saat dikonfirmasi Via Seluler, kepada wartawan mengatakan, bahwa Pembangunan Toilet itu  memang belum siap sampai sekarang.

"Pembangunan Toilet itu sampai sekarang benar - benar belum siap. APBDes juga belum disampaikan oleh Kepala Desa kepada Kami sebagai BPD aktif saat itu", tuturnya.
 
Terkait persoalan ini, sebagai BPD pihkanya sudah menyarankan TPK dan Pemerintahan Desa untuk segera menyelesaikanya, sewaktu Kepala Desa menyampaikan LKPPD.

Sampai Pemberitaan ini diterbitkan, belum ada pernyataan resmi dari Kades Lasara terkait hal tersebut, kendati Wartawan tetap berusaha melakukan konfirmasi. (PS/TIAN)
Komentar Anda

Terkini: