Pandemik Covid 19 Libas Perekonomian, Pemerintah Lakukan Jaring Sosial

/ Rabu, 22 April 2020 / 19.09.00 WIB
Kadis Sosial Kabupaten Nias Utara Drs Sokhiziduhu Hulu. POSKOTA/TIAN

POSKOTASUMATERA.COM - NIAS UTARA - Pandemik Covid-19 yang menggoncang seluruh dunia pada Tahun 2020 ini, sangat berdampak terhadap Perekonomian masyarakat Indonesia secara umum dan Nias Utara pada khususnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara Drs Sokhiziduhu Hulu saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (22/04/2020) sekira Pukul 10 WIB mengatakan, bahwa Covid-19 ini sangat mempengaruhi menurunnya Pendapatan masyarakat.

"Kita dari Pemerintahan baik Pusat maupun Daerah telah mengambil sebuah kebijakan untuk membantu masyarakat Kita lewat Bantuan Sosial, baik dari Kemensos, Daerah Kabupaten juga Desa", ucapnya.

Diwaktu yang berbeda, Kepala Bidang Penanganan Masalah Sosial (PMS) Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara Drs Taruli Zega MM kepada Wartawan menjelaskan, upaya yang dilakukan Pemerintah dalam Penanganan Dampak Covid-19 ini sudah ada ketentuannya.

Kabid PMS menyebutkan, bahwa yang wajib di data oleh Desa itu hanya yang non DTKS atau hanya masyarakat yang belum termasuk dalam data terpadu Kkesejahteraan Sosial.

Masyarakat yang sudah termasuk dalam DTKS Non PKH dan RASTRA, telah di tanggung oleh Kemensos. Sementara yang ditanggung oleh Kabupaten juga Desa, hanya masyarakat Non DTKS
PNS, POLRI, TNI, PEMDES, GBD.

"Penerima PKH dan RASTRA tidak termasuk Penerima BLT program baru ini", bebernya. (PS/TIAN)

Kabid PMS Dinas Sosial Kabupaten Nias Utara Drs Taruli Zega MM. POSKOTA/TIAN
Komentar Anda

Terkini: