Pemdes Hutaginjang Manfaatkan Pekarangan Perpustakaan Desa untuk Ketahanan Pangan

/ Sabtu, 22 Agustus 2020 / 20.33.00 WIB
                         

POSKOTASUMATERA. COM-TAPSEL- Pemerintah Desa Hutaginjang Kecamatan Angkola Timur memanfaatkan pekarangan perpustakaan  desa maju bersama  berbagai jenis tanaman untuk ketahanan pangan di Desa agar rakyat sehat, cerdas dan sejahtera.

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK Kecamatan dan Tim penggerak PKK Desa Hutaginjang  mendorong warga memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk budi daya berbagai kebutuhan sehingga mampu menopang ketahanan pangan keluarga.

Demikian disampaikan Kepala Desa Hutaginjang Iman Siregar kepada awak media online Sabtu (22/8).

Dikatakan Kades," Ketahanan pangan tidak hanya mengenai pemenuhan kebutuhan tubuh pada setiap jiwa di keluarga, tetapi juga berkaitan erat dengan bagaimana ekonomi lokal bergerak, karena besarnya kontribusi sektor pertanian ke perekonomian daerah.

Salah satu yang dilakukan Tim Penggerak PKK  Desa Hutaginjang adalah dengan menanami berbagai jenis tanaman di pekarangan warga  mendukung ketahanan pangan keluarga.

Iman Siregar  menjelaskan ketahanan pangan berdimensi pada dua hal, yakni kemampuan desa  menjaga produktivitas sektor pertanian dan kemampuan masyarakat untuk mengakses bahan pangan.

"Artinya, ada faktor penerimaan dan permintaan. Dan itu berkaitan dengan soal kesejahteraan tiap-tiap rumah tangga. Ini penting diperhatikan agar pandemi bisa kita lewati dengan baik, sekaligus upaya pemulihan ekonomi bisa cepat dilakukan karena sebagian besar pelaku usaha lokal bergerak di sektor pertanian dengan berbagai sub-sektor dan turunannya," ujarnya.

Meski  Desa Hutaginjang relatif aman dibidang sayuran dan holtikultura,  Kades tetap mengingatkan perlunya antisipasi semua pihak, terutama dalam memperbaiki aspek permintaan atau daya beli warga yang terpukul saat ini, karena belum ada yang tahu kapan pandemi berakhir.

Ia juga mengajak seluruh kader PKK Desa memprioritaskan penanaman lahan pekarangan Yaitu  jenis sayuran holtukultura  dan tanaman apotik hidup demi untuk ketahanan pangan keluarga yang sehat,cerdas dan sejahteta," beber Kades.
(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: