Camat Batangangkola Hadiri Musrenbang Desa Padangkahombu

/ Minggu, 31 Januari 2021 / 19.27.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) tingkat Desa harus benar benar mengusulkan program skala prioritas di desa baik itu bidang infrastruktur, kesehatan, pertanian dan bidang lainnya.

Hal ini disampaikan Camat Batang Angkola, Taufik R Lubis, S. STP,  MM di Desa Padang Kahombu, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) pada acara Musrenbang Desa Tahun Anggaran 2022 di kantor Kepala desa setempat, Kamis (28/1/2021).

“Usulan kita dalam Musrenbang ini bukanlah untuk usulan untuk Dana Desa, namun Musrenbang ini adalah untuk usulan anggaran APBD Tapsel, APBD Provinsi dan anggaran APBN, yang nantinya akan dibahas ditingkat Kecamatan sampai tingkat Kabupaten,” ucap Taufik. 

Disampaikan Camat, untuk usulan anggaran yang besar diusulkan untuk anggaran APBD sedangkan untuk program anggaran yang sedikit cukup diusulkan melalui Dana Desa saja.

Musrenbang desa ini dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Padang Kahombu Kecamatan Batang Angkola, Asbi Harahap. Disampaikannya, pada dasarnya kualitas perencanaan pembangunan desa sangat ditentukan oleh tingkat partisipasi seluruh elemen masyarakat.

“Rancangan perencanaan desa yang akan dibahas dan disepakati, benar-benar dari bawah, artinya kumpulan dari suara masyarakat. Ide-ide masyarakat tersebut kemudian disusun oleh tim sebagai salah satu tahapan sebelum masuk di Musrenbang desa,” jelasnya.

“Untuk itu, kami mengajak kepada semua masyarakat agar mengusulkan program untuk pembangunan di Desa Padang Kahombu demi kepentingan masyarakat banyak,” imbuhnya.

Tampak hadir di acara itu, Babinsa,  Pendamping Lokal Desa (PLD), Hoir Pohan, BPD, dan Unsur masyarakat lainnya. (PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: