Gunakan Dana Desa Tahun 2021, Pemdes Haunatas Rehabilitasi MCK

/ Senin, 26 April 2021 / 21.19.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Berbagai upaya yang dilakukan guna mensejahterakan masyarakat dan memenuhi kebutuhan masyarakat, melihat dari segi kebutuhan tersebut. Pemerintah Desa (Pemdes) Haunatas, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) gelontorkan satu program yaitu rehabilitasi MCK melalui Dana Desa tahun Anggaran 2021.

“Kebutuhan MCK (Mandi Cuci Kakus) menjadi kebutuhan dasar sehari hari bagi warga, inilah yang menjadi pemikiran, yang bertekad bersama aparatur pemerintahan desa dan warga untuk melakukan rehabilitasi MCK. Dan kini akhirnya mimpi itu terwujud,” ucap Kepala Desa Haunatas, Latulanda Hadamean Pasaribu ketika melakukan peletakan batu pertama rehabilitasi MCK, Jum’at (23/4/2021).

Dikatakan Latulanda Pasaribu,  Kegiatan rehabilitasi  sarana MCK Fasilitas umum Desa ini merupakan program pemerintahan Desa Haunatas yang dianggarkan dari Dana Desa (DD) tahap 1, pada tahun 2021 dengan anggaran Rp.55.189.650.

Ditambahkannya, rehabilitasi MCK ini didasari atas Musyawarah Bersama dan pertimbangan kesehatan lingkungan Desa Haunatas.

“Dengan rehabilitasi sarana MCK ini diharapkan dapat mengurangi pencemaran lingkungan khususnya terhadap selokan dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh buruknya sistem sanitasi bagi kesehatan masyarakat,serta dari serangan berbagai macam penyakit menular berbahaya,” jelasnya. 

Kades Haunatas atau akrab disapa dengan Latul mengatakan dengan adanya rehabilitasi MCK dilapangan ini akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bagaimana pola hidup bersih. 

Lebih lanjut dia berharap bahwa program rehabilitasi fasilitas umum desa MCK dilapangan ini bisa mengurangi keluhan warga sekitar dan bila ada acara acara tertentu dilapangan bisa digunakan dengan baik dan bersih agar sampah dan kotoran yang ada disekitar lapangan bisa teratasi.

Menurut Latulanda Ada 3 hal yg dibagun di MCK ini,  membuat pembatas air atau pintu air agar air masuknya normal walaupun misalnya airnya dtangnya besar, Membuat bak jamban yang dulunya tidak ada untuk penampungan airnya di jamban tersebut.

Selain itu membuat taman MCK untuk mmperindah dan kesejukan agar terlihat lebih nyaman dan bersih. Turut hadir dalam peletakan batu pertama, Bhabinkamtibmas, AIPTU Sayaman Siregar, Camat Marancar diwakili Kasi Pemerintahan Hamonangan Ritonga, Babinsa, SERTU H. Situmorang, Pendamping Dana Desa bidang Pemberdayaan, Afrizal Hasibuan dan Nur Hidayah Harahap, Pendamping Dana Desa bidang Tekhnologi Infrastruktur, Faisal Tomy Siregar, pengelola kegiatan, Endi Kepler Simanjuntak, Pendamping lokal Dana Desa, Seri Wahyuni Harahap, dan Anggota BPD, Mangoloi Pasaribu. 

(PS/BERMAWI) 


Komentar Anda

Terkini: