Geliat Literasi SMA N 1 Angkola Barat Berjalan Lancar

/ Sabtu, 18 September 2021 / 10.35.00 WIB
Kunjungan Kasi SMA/PK  Al Benny H. Damanik, SP,MM Di SMA 1 Angkola Barat.

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Kunjungan Kacabdis Sidimpuan Pahri Siregar, S, Sos melalui kasi SMA/PK Bapak Al Benny H. Damanik, SP. MM ke  SMA Negeri 1 Angkola Barat  yang terletak di Kelurahan Sitinjak Kecamatan Angkola Barat  baru baru ini sangat tertarik dengan kegiatan dan program  Sekolah yang digagas Kasek SMA N 1 Angkola Barat Salamat Siregar, S. Pd, M. Si.



 
Salah satu gagasannya yaitu literasi yang  menjadi salah satu ikon yang lagi buming saat ini di dunia pendidikan, sebab diyakini literasi sangat dibutuhkan agar bisa eksis dalam perkembangan dunia yang serba dinamis.

Demikian disampaikan Kepala SMA N 1 Angkola Barat Salamat Siregar, S.Pd,M.Si kepada awak media online Sabtu (18/9).


Sejalan dengan hal tersebut SMA Negeri 1 Angkola Barat membumikan literasi kepada warga sekolah dengan menyuguhkan sumber literasi di depan mata. Tujuannya adalah memberikan akses literasi yang cepat dan mudah, sehingga warga sekolah selalu diingatkan untuk berliterasi secara real time," ujar Kepala. SMA 1 Angkola Barat.  

Pojok baca di ruang tunggu 

Lebih lanjut disampaikan Kasek SMA 1 Angkola Barat, " pojok baca di ruang tunggu merupakan salah strategi SMA Negeri 1 Angkola Barat untuk memancing minat baca warga sekolah.  Diharapkan siapa saja yang berkunjung ke sekolah ini akan merasa terpanggil untuk membaca buku yang dipajang, apalagi buku-buku tersebut sengaja dipilih yang judulnya membuat penasaran para calon pembaca.


Mading Sekolah

Untuk peserta didik diberikan ruang khusus untuk berliterasi dengan cara menuangkan karya-karya literasinya pada majalah dinding sekolah (mading)," ucap Salamat Siregar, S.Pd,M.Si.

 Para Bapak/Ibu guru diharapkan bisa memberikan trigger (pemicu)  kepada peserta didik agar mau menolehkan karya-karyanya di madding yang telah disiapkan, tutur kepala sekolah. 

Tentunya harus didahului dengan contoh oleh para pendidiknya.
Selain, pojok baca di ruang tunggu dan majalah dinding, setiap kelas sudah ada pojok baca sekalipun tampilannya masih sangat sederhana. Semua pojok baca, dikerjakan oleh siswa secara bergotong-royong bersama para wali kelas. Kita menyadari buku-buku yang menjadi sumber bacaan di pojok baca kelas memang masih lawas, kata kepala sekolah.

Layanan digitalisasi perpustakaan 

Dikatakan Kasek SMA N 1 Angkola. Barat," layanan digitalisasi perpustakaan
tidak cukup sampai pojok baca, SMA Negeri 1 Angkola Barat juga menyuguhkan layanan digitalisasi perpustakaan dengan menggunakan aplikasi gratisan SLIMS Library Bulian 9.0 dan barcode scanner. Saat ini setiap siswa sudah memiliki kartu model 2 in 1, satu kartu untuk dua manfaat yaitu kartu perpustakaan dan kartu pelajar yang berbasis barcode. 

Dengan demikian setiap siswa yang melakukan kunjungan perpustakaan cukup menunjukkan kartu barcodenya untuk melakukan transaksi meminjam dan mengembalikan buku perpustakaan. Semua transaksi terekam dengan baik mulai data buku perpustakaan, data anggota, arus transaksi, dan laporan peminjaman buku," ucapnya. 

Perpustakaan Digital  Sekolah 

Lebih lanjut disampaikannya," perpustakaan Digital Sekolah
Beda dengan layanan digitalisasi perpustakaan yang masih menggunakan buku dalam bentuk hardcopy, perpustakaan digital SMA Negeri 1 Angkola Barat saat ini tersedia dan real time melayani transaksi peminjaman buku perpustakaan.  

Basis aplikasinya bisa menggunakan smart ponsel melalui playstore dan personal Computer (PC) melalui instalasi aplikasi. Bagi pengguna playstore bisa melakukan pencarian dengan kata kunci digilib SMA Negeri 1 Angkola Barat , kemudian melakukan instalasi.  

Website Sekolah

Website SMA Negeri 1 Angkola Barat www.sman1angkobarat.sch.id merupakan wadah literasi bagi warga sekolah mencurahkan ide atau gagasan untuk pengembangan pendidikan dan pembelajaran." ucapnya.

  Di website sekolah guru dan siswa bisa manautkan video pembelajaran, menulis artikel, dan memberi komentar terhadap sebuah tulisan," ujar Salamat  Siregar, SPd, M. Si mengakhiri. (PS/BERMAWI)
  
Komentar Anda

Terkini: