Rumah Quran Askaf Ingin Mencetak Generasi Qurani Yang Beradab

/ Senin, 14 Februari 2022 / 10.30.00 WIB

Kunjungan dan silaturahmi dari Kemenag Tangerang Selatan

POSKOTASUMATERA.COM - Tangerang Selatan - Rumah Quran Askaf adalah bagian dari sub program  pendidikan yang dimiliki Yayasan Askaf Bersinergi Indonesia yang beralamat di Villa Pamulang (Tangerang Selatan). Pemilik yayasan tersebut Ustadz Fitra Romadona S.Pd menjelaskan bahwa yayasannya berdiri pada 19/09/2018 dan untuk Rumah Quran Askaf tersebut berdiri di tahun 13/06/2019.

Saat di wawancara di Rumah Quran Askaf (14/2/2022), Ustadz Fitra mengatakan sebelum ia dan istrinya mendirikan Yayasannya 4 tahun silam selain memiliki latar belakang pendidikan di bidang agama ia juga memiliki pengalaman mengajar selama 13 tahun. Selain itu istrinya, Ustadzah Talthofiya wintamy S.Pd.i (Umi Tamy) selaku kepala Rumah Quran Askaf juga memiliki pengalaman mengajar selama 5 tahun.

Kemudian Ustadz Fitra didampingi istrinya bercerita dengan singkat bagaimana proses berdirinya Yayasan dan Rumah Quran yang mereka miliki saat ini. Dan Ustadz Fitra juga menyampaikan harapan mereka kepada para santri di Rumah Quran Askaf.

"Bismillahirrahmanirrahim, Harapan saya bisa menghadirkan santri berkualitas seperti menjadi pengajar-pengajar al-quran di seluruh pelosok daerah Indonesia dan selama masih mondok di Rumah Quran Askaf santri ini sudah bisa bermanfaat untuk wilayah sekitar seperti menjadi imam masjid di setiap wilayah rumah Quran askaf dan yang terakhir adalah ketika santri ini kembali ke rumah mereka masing masing mereka akan membawa adabnya Al-quran sehingga bisa membawa keluarganya menjadi keluarga yang Sakina Mawaddah dan Warohmah, Karena saya berharap santri di sini bisa menjadi generasi Qurani yang beradab" Ucapnya.

Hal senada juga di sampaikan Umi Tamy saat menyampaikan Visi dan Misi juga program dari Rumah Quran Askaf.

"Bismillahirrahmanirrahim, salah satu Visi Misi saya adalah agar santri kami bisa mengamalkan Al-quran yang di pelajari, jadi tidak hanya sampai di mulutnya saja dan tidak hanya sekedar dibaca dan dihafal tapi juga sampai ke hati mereka. Alhamdulillah tahun kemarin pas di bulan Ramadhan sudah terbukti salah satu santri kami sudah di minta menjadi Imam dan khutbah dan sudah ada yang menjadi Da'i" Tuturnya.

Kemudian di lain sisi Manager Yayasan Askaf Bersinergi Indonesia Ustadz Dono Satrio S.E.Sy. mengatakan Yayasan Askaf Bersinergi Indonesia dan Rumah Quran Askaf di Villa Pamulang (Tangerang Selatan) adalah Kantor Pusat sekaligus cabang pertama dari 4 Rumah Quran Askaf yang ada di beberapa daerah. Dan sudah memiliki nomor statistik dari Kementerian Agama Tangerang Selatan.

"Yayasan Askaf Bersinergi Indonesia ini mempunyai program tidak hanya pendidikan, tetapi ada sosial kemanusiaan ada juga program dakwah dan pengembangan masyarakat dan program pengembangan pemuda. Nah yang mas lihat ini adalah bentuk dari visual program pendidikan kami" Ujarnya. 

Selanjutnya seusai menyampaikan doa dan harapannya kepada santri Umi tamy sempat mengatakan untuk menjadi peserta didik di Rumah Quran Askaf tidak memiliki persyaratan apapun seperti harus hafal beberapa surah. Dan Ia menegaskan selama masih ada kuota siapapun akan kami terima. 

"Mudah-mudahan seluruh santri yang sudah menjalankan pembelajarannya di Rumah Quran Askaf selamanya dia akan menjaga adab dimana pun dia berada. Karena setinggi apapun santri itu mengejar ilmunya dia tidak akan dianggap kalau dia tidak beradab. Itu yang selalu saya ingatkan kepada santri" Harapnya.

Dan saat diminta memberikan satu hadist yang bersangkutan dengan topik yang di bicarakan Ustadz Fitra mengucapkan "Khairukum man ta’allamal Qur’aana wa'allamahu yang berarti Sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya" (Kyo). 


Komentar Anda

Terkini: