Pemkab Labuhanbatu Gelar Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi Covid-19

/ Rabu, 09 Maret 2022 / 17.47.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - 
Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu menggelar rapat koordinasi pelaksanaan percepatan Vaksinasi Covid-19 diaula Asrama Haji jalan SM.Raja Rantauprapat Kelurahan Ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan, Rabu (9/3/2022).

Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga,MKM, menghimbau kepada seluruh intansi terkait terhusus pemerintahan untuk mengambil sikap tegas terhadap masyarakat labuhanbatu yang enggan menerima vaksin,  mengingat capaian vaksinasi dilabuhanbatu masih sangat rendah.

"Misalkan untuk di pusat pelayanan dan desa, sekarang lagi musim bantuan pemerintah untuk masyarakat, tegaskan ke masyarakat bahwa salahsatu syarat untuk menerima bantuan tersebut adalah serifikat vaksin," ucapnya.

Bupati juga menyampaikan kepada yang berhadir untuk membawa keluarganya kepos-pos yang dijadikan sebagai tempat vaksinasi, seperti di Makodim, Mapolres, dan Puskesmas yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.

"Kepala Desa adalah pemimpin didesa, arahkan masyarakat saudara untuk mendukung percepatan Vaksinasi Covid-19, sampaikan kemasyarakat akan pentingnya mengikuti vaksinasi, ini untuk kepentingan dan kemaslahatan kita bersama," tegasnya.

Kemudian untuk dinas pendidikan Bupati memerintahkan agar Kadisdik mengeluarkan himbauan kepada orang tua wali murid kiranya bagi anaknya yang tidak mau divaksin dilarang melakukan belajar secara tatap muka disekolah.

"Terapkan belajar daring jangan tatap muka untuk anak yang belum divaksin," ujar Bupati.

Sementara itu, Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Labuhanbatu Edi Syahmir Hasibuan, S.IP, melaporkan Kasus Covid-19 tahun 2021 dilabuhanbatu terkonfirmasi 200 orang, sembuh 1.905 orang, meninggal 81 orang dari 2.186 orang komulatif. Khusus Januari sampai sekarang konfirmasi aktif 200 orang, sembuh 208 orang, meninggal 9 orang dari 417 orang komulatif.

"Kabupaten Labuhanbatu mempunyai sasaran vaksinasi umum sebanyak 276.476 orang, sementara untuk yang sudah divaksin dosis satu sudah 330.273 orang atau setara 87,73%, dosis kedua 212.703 orang setara 56,50%, dan dosis ketiga baru 12.471 orang setara 3,31%, sedangkan untuk lansia memiliki sasaran 29.345 orang dengan dosis kesatu sebanyak 19.922 orang setara 67,89% dan dosis kedua 211.288 orang atau setara 37,86%," jelasnya.

Disisi yang sama, Memimpin rapat Sekdakab Labuhanbatu Ir Muhammad Yusuf Siagian, MMA, Mengajak seluruh yang berhadir setelah keluar dari rapat koordinasi ini, untuk komitmen melaksanakan aksi percepatan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 mengingat kabupaten Labuhanbatu tertinggal dari kabupaten tetangga yakni Labura dan Labusel untuk capaian vaksinasi dosis ke-2, ke-3 lansia dan anak-anak.

Dikesempatan itu Dandim 0209/lb Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap SE, MTr,(Han) menjelaskan, secara SOP TNI dan Polri membantu pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19.

"Marilah kita lakukan Kordinasi yang baik untuk kesehatan masyarakat kita, untuk Perusahaan, BUMN, BUMD dan PTPN Dandim menegaskan, meskipun  berkantornya terletak dipusat marilah kita lakukan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk kebaikan kita bersama, buatlah kebijakan di intansi anda agar seluruh karyawan di perkebunan dan kantor saudara mendukung program kesehatan ini," ucap Dandim.

Kemudian Kasat Intel Polres Labuhanbatu AKP Sunarto menyatakan siap berkolaborasi mendukung pemerintah daerah untuk capaian vaksinasi.

"Kami siap berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk capaian percepatan Vaksinasi Covid-19," ujarnya.

Mewakili Kajari Labuhanbatu Jefri Penangin Makapedua SH, MH, Humas Kejari Labuhanbatu Yuliana De Vari Menyampaikan perlunya seluruh intansi untuk terus melakukan sosialisasi pentingnya vaksinasi. Diakhir rapat, Direktur RSUD Rantauprapat dr.Syafril M.Harahap, S.Pb, mengatakan saat ini RSUD memberlakukan wajib menunjukkan sertifikat vaksin bagi para pengunjung.

"Jika tidak ada sertifikat vaksin kita larang pengunjung untuk masuk ke RSUD," ujar Syafril. 

Rapat koordinasi yang diikuti ratusan peserta tersebut dihadiri Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga, Wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar, Dandim 0209/lb Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap SE MTr (Han) Kasat Intel AKP Sunarto, Humas Kejari  Yuliana De Vari, Sekdakab Labuhanbatu Muhammad Yusuf Siagian, para Asisten Setdakab Labuhanbatu, Kakankemenag Drs.Sarifuddin M.Pd, Seluruh kepala OPD Pemkab Labuhanbatu, perwakilan Perusahaan BUMN, BUMD dan PTPN, Ketua OKP, Ormas, Toga, dan Tomas Kabupaten Labuhanbatu.

(PS/MWG/Red)

Komentar Anda

Terkini: